Cara Kreatif Mahasiswa Hasilkan Uang Tanpa Bahayakan Prestasi

03.00

Baca Juga

Cara Kreatif Mahasiswa Hasilkan Uang Tanpa Bahayakan Prestasi - Pada saat Anda masuk ke dalam dunia perguruan tinggi, maka kondisi keuangan yang Anda miliki hampir setiap saat selalu ketat. Sebenarnya hal seperti ini bukanlah menjadi suatu permasalahan. Karena disaat seperti inilah justru Anda bisa mulai menggunakan pemikiran Anda yang kreatif. Menggunakannya dengan tujuan serta maksud untuk dapat menemukan cara terbaik bagi Anda dalam memenuhi semua kebutuhan Anda setiap harinya, dibarengi dengan tetap memperoleh nilai dan prestasi yang memuaskan.

Untuk itu, bacalah artikel yang ada dibawah ini agar Anda dapat mempelajari beberapa macam cara kreatif yang bisa membantu Anda dalam menghasilkan sedikit banyak uang tambahan tanpa perlu membahayakan prestasi diri Anda karena disini Anda akan dibaya untuk belajar. Baiklah langsung saja berikut ini adalah Cara Kreatif Mahasiswa Hasilkan Uang Tanpa Bahayakan Prestasi.

source : google image

1. Ajukan permohonan beasiswa atau dana hibah. 

Kebanyakan mahasiswa yang ada berpikiran bahwa diri mereka hanya bisa mengajukan permohonan beasiswa atau dana hibah pada saat mereka baru pertama kali mulai memasuki Universitas tempat mereka berkuliah. Ini merupakan suatu kesalahan besar! Asal Anda tahu, sebenarnya terdapat begitu banyak kesempatan untuk bisa memperoleh beasiswa ataupun dana hibah bagi para mahasiswa senior, meskipun hal seperti ini tidak selalu terang-terangan diberitakan atau disebar luaskan.

Selain dari internal atau dalam tempat Anda berkuliah, Anda juga bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan beasiswa ataupun dana hibah dari luar. Beasiswa atau dana hibah semacam ini tak jarang ditawarkan oleh kelompok lembaga-lembaga tertentu ataupun perusahaan-perusahaan besar yang memang menyediakan anggaran khusus bagi para akademika, terlebih seorang akademika yang berkuliah di jurusan yang sesuai dengan bidang dari kelompok lembaga-lembaga ataupun perusahaan-perusahaan besar tersebut.

Sedikit tips bagi Anda yang memang berniat untuk hal ini. Sering-seringlah melihat papan pengumuman yang ada di kampus tempat anda berkuliah, sebab disitulah terkadang pengumuman seperti ini sering dipajangkan. Atau Anda juga bisa mencari secara mandiri kesempatan beasiswa atau dana hibah seperti ini secara online. Bergabung juga dengan grup-grup satu angkatan, satu jurusan, satu fakultas atau bahkan satu universitas baik grup Facebook, Line, WhatsApp atau media sosial yang lainnya.

Karena jika melihat dari pengalaman sendiri pengumuman penawaran beasiswa atau dana hibah seperti ini terkadang dengan peluang besar hanya diberi waktu pengumpulan berkas satu hari saja. Misal pengumuman keluar pada tanggal 26 maka pada tanggal 27 bulan yang sama semua berkas persyaratan harus sudah dikumpulkan, maka dari itu lebih baik persiapkanlah berkas-berkas umum dalam permohonan beasiswa


2. Tawarkan jasa sebagai seorang tutor. 

Merupakan cara terbaik dalam mempelajari bidang ilmu yang sedang didalami di bangku perkuliahan adalah dengan cara mengajarkannya. Dengan cara Anda menjadi seorang tutor, Anda bisa mengasah setiap pengetahuan yang Anda miliki tentunya juga yang terkait dengan bidang studi yang sedang Anda dalami. Melalui jalan dengan memberikan jasa pelayanan tutor yang berharga kepada para orang sekitar Anda, dan kemudian setelahnya dapat memperoleh uang tambahan merupakan sebuah skenario yang benar-benar saling menguntungkan setu sama lain untuk siapa saja orangnya yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Anda bisa melakukan hal seperti ini melalui suatu lembaga tutor untuk dapat menjadi seorang tutor bagi para mahasiswa yang ada di kelas lainnya, mengajarkan mata kuliah yang sebelumnya telah Anda kuasai dan tentunya telah terselesaikan dengan memperoleh nilai yang baik, atau Anda juga bisa mempromosikan jasa pelayanan tutor Anda secara mandiri sendiri kepada para rekan satu kelas Anda.

3. Ambil keuntungan dari kemampuan Anda dalam mengetik dan mengoperasikan komputer. 

Apabila Anda adalah seorang pengetik yang lumayan cepat dan juga akurat, atau Anda mampu untuk menciptakan suatu bentuk presentasi yang menarik, maka Anda dapat menghasilkan uang tambahan dari keahlian Anda ini. Dewasa sekarang ini banyak sekali mahasiswa yang mulai malas dalam mengetik atau mengerjakan hal kecil lain yang merupakan suatu rutinitas yang membosankan. Oleh sebab itu inilah kesempatan Anda, ambil langkah dan mulai tawarkan keahlian Anda.

4. Menuju pusat pelayanan karir.

Telah banyak kampus - kampus dinegeri ini yang mulai memiliki sebuah kantor pelayanan karir. Kantor yang dibuat dengan maksud membimbing para mahasiswa terkait dengan berbagai kemungkinan dalam pasar kerja, dan juga membantu para mahasiswa dalam memersiapkan diri mereka untuk mulai mengajukan permohonan serta setelahnya dapat memperoleh kesempatan untuk melakukan wawancara pada saat mereka akan lulus.

Jangan pernag berpikianr, pelayanan seperti hanya untuk mahasiswa senior saja. Anda salah besar! Ditempat seperti ini justru Anda akan dapat menjumpai berbagai iklan dari mulai kerja magang yang mendapat bayaran sampai kerja paruh waktu yang sesuai dengan bidang studi Anda. Berkerja di awal studi Anda tak hanya akan dapat membantu Anda dalam mengasah kemampuan Anda, tetapi juga dapat memperkaya resume diri Anda, terlebih lagi hal ini juga dapat memberikan uang tambahan bagi diri Anda.

5. Mengikuti kompetisi atau lomba.

Selain terkait beasiswa, di papan pengumuman kampus juga Anda dapat menjumpai iklan dari kompetisi-komperisi perlombaa yang memberikan penawaran hadiah bermacam-macam, dari mulai berupa uang tunai hingga fasilitas-fasilitas pendidikan seperti smartphone atau laptop bagi para pemenangnya.

Ikutilah perlombaan yang memiliki peluang besar bagi Anda untuk memenangkannya, khususnya yang berkenaan dengan bidang studi Anda. Kalah menang urusan belakangan, bahkan apabila Anda kalah sekalipun Anda akan tetap mendapatkan pengalaman yang berharga dalam bidang studi Anda, juga mendapat relasi dengan orang lain, serta menambah daftar portfolio CV untuk mendaftar pekerjaan Anda kelak.

Demikian lah artikel Cara Kreatif Mahasiswa Hasilkan Uang Tanpa Bahayakan Prestasi. Semoga bermanfaat dan see you later, jangan lupa berkunjung kembali. Ingat Semangat27.com
Previous
Next Post »
0 Komentar