Persiapakan Baju Lebaran dan Kue Lebaran Selama Puasa Ramadhan

02.52

Baca Juga

Persiapakan Baju Lebaran dan Kue Lebaran Selama Puasa Ramadhan- Bulan ramadhan adalah bulan yang identik dengan puasa merupakan suatu bulan yang sangat dinanti-nantikan selalu oleh seluruh umat Islam yang ada di seluruh belahan bumi yang mana pun bahkan sampai pelosok-pelosok bumi sekalipun. Seluruh umat Islam yang mengikuti dan meneladani jejak dari panutannya yakni Rasulullah Muhammad SAW akan selalu menyambut dengan bahagia dan penuh rasa syukur ketika datangnya bulan suci ramadhan tersebut. Para umat yang mengidolakan Rasulullah ini akan dengan sangat matang sekali dalam mempersiapkan segala sesuatunya, semua itu dilakukan dengan sungguh-sungguh demi untuk dapat beribadah secara optimal di bulan ramadhan, sebab dibulan ini segala macam ibadah akan dilipat gandakan pahalanya. Untuk contoh dari persiapan yang biasa dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan adalah sebagai berikut :


  • Mempersiapkan Ruhani Diri

Mempersiapkan ruhani atau ruhiyah yang ada didalam diri seorang muslim sangat perlu untuk dilakukan, terlebih bagi para anak-anak. Para anak-anak yang memang sangat perlu sejak dini untuk dikenalkan kepada berapa pentingnya ibadah puasa itu dan selain itu juga anda perlu mempelajari tips-tips bagaimana agar dapat meningkatkan semangat motivasi para anak-anak anda dalam beribadah dibulan yang berlipat-lipat pahalanya.


  • Mempersiapkan Fisik Diri

Mempersiapan fisik diri sangat perlu untuk dilakukan, maka dari itulah diri harus senantiasa selalu menjaga kondisi badan agar selalu tetap sehat dengan cara seperti menjaga pola makan, beristirahat dengan cukup, serta juga dengan rutin berolahraga, supaya nantinya ketika ramadhan badan tidak mudah sakit. Puasa juga segala macam ibadah lain di bulan suci ramadhan rata-rata menuntut stamina diri juga kondisi dari badan yang fit. Untuk itulah, mempersiapkan fisik diri dalam menyambut datangnya bulan suci ramadhan sangat amat perlu untuk dilakukan.


  • Mempersiapkan Ilmu Diri

Nah selanjutnya yang sangat tidak kalah penting adalah mempersiapkan ilmu yang ada dalam diri. Diri sendiri yang semestinya harus selalu mengupgrade ilmu pengetahuan, terkhusus menyambut datangnya bulan suci tersebut harus senantiasa mempelajari kembali segala sesuatu yang berhubungan dengan ibadah yang akan dilakukan yakni puasa, mulai dari seperti apa dasar perintahnya, bagaimana rukun-rukunnya, serta hal-hal apa saja yang diperbolehkan juga tidak diperbolehkan untuk dilakukan selama melaksanakan ibadah puasa tersebut, apa sajakah hal-hal yang dapat membatalkan puasa, sunnah-sunnah apa saja yang dapat menambah pahala ibadah puasa, dan lain sebagainya. Yang nantinya dapat menjadikan ibadah diri bisa menjadi lebih optimal.

Kenapa bulan suci ramadhan ini sangat spesial? Selain karena hal-hal diatas juga karena puncak akhir dari ibadah puasa yang ada di bulan suci ramadan ini sangat spesial yakni hari raya Idul Fitri atau yang akrab disebut dengan Lebaran. Seluruh umat Islam yang ada di dunia juga akan merayakan datangnya hari yang sangat spesial ini sebab dihari tersebut semuanya akan kembali kepada fitrahnya menjadi suci. Dan juga telah kita ketahui bersama bahwa budaya di Indonesia memanfaat moment lebaran ini untuk dapat saling maaf memaafkan serta juga semua orang yang ada di Indonesia akan berkunjung ke saudara maupun kerabatnya pada saat lebaran.

source : google image

Selain budaya diatas, hal lain yang sangat familiar ketika hari raya tersebut adalah semua orang pada saat saling berkunjung ke rumah kediaman atau tempat tinggal saudara maupun kerabatnya untuk saling silaturahmi maaf memaafkan biasanya hampir semuanya akan mengenakan baju lebaran yang baru. Baju lebaran yang dikenakan biasanya sangat identik dengan nuansa yang Islami. Baju lebaran tersebut seakan-akan dapat memberikan makna bahwa setelah lama melaksanakan ibadah puasa selama kurang lebih satu bulan penuh maka di hari raya Idul Fitri tersebut seluruh umat Islam akan terlahir kembali seperti baru pertama kali terlahir, bersih, suci tanpa adanya kesalahan dan dosa sedikitpun. Dan baju lebaran baru yang bersih nan indah dikenakan kala itu melambangkan seperti apa barunya diri dan juga barunya hari dari seseorang.

Selain baju lebaran, pada saat lebaran juga akan banyak terdapat makanan-makanan ringan berupa kue lebaran yang tersaji disetiap rumah-rumah yang sedang merayakan lebaran. Moment dimana keluarga besar dapat berkumpul kala itu dirasa sangat pas apabila dapat menyajikan sebaik mungkin makan-makan untuk keluarga. Dan cemilan berupa kue lebaran ini yang menjadi pilihan. Para saudara, kerabat, tetangga dan semua orang yang sudah dikenal datang kala itu untuk bersilaturahmi maaf memaafkan juga sangat pas apabila disugguhkan makanan ringan berupa kue lebaran.

Oleh sebab hal diatas, maka dari itu perlulah untuk Persiapakan Baju Lebaran dan Kue Lebaran Selama Puasa Ramadhan, selain karena agar tidak tergesa-gesa juga mengantisipasi diri agar tidak terlalu banyak pengeluaran. Pasalnya dapat diambil kesimpulan bahwa segala macam hal akan mengalami kenaikan harga menjelang hari raya lebaran
Previous
Next Post »
0 Komentar