20 (dua puluh) Fakta Menarik dan Unik Lumba-lumba yang Belum diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

20 (dua puluh) Fakta Menarik dan Unik Lumba-lumba yang Belum diketahui Banyak Orang - Sejak dulu Lumba-lumba telah dikenal banyak orang sebagai salah satu hewan mamalia laut yang mempunyai kecerdasan lebih tinggi bila dibandingkan dengan hewan laut yang lainnya. Lumba-lumba sendiri memang merupakan hewan yang mempunyai perasaan ingin tahu yang besar terhadap apapun, memiliki ikatan yang begitu kuat dengan kelompok mereka, serta dikenal sangat sering membantu para manusia dalam berbagai keadaan situasi yang berbahaya, termasuk didalamnya menyangkup penyelamatan.

Itulah alasannya mengapa lumba-lumba ini sering dikatakan sebagai hewan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Selepas dari itu juga lumba-lumba banyak dikenal mempunyai kemampuan akrobatik yang sangat luar biasa. Namun apakah anda mengetahui bahwa ada fakta menarik dan unik lainnya dari hewan yang satu ini, yang belum diketahui banyak orang. Baiklah langsung saja inilah beberapa fakta menarik dan unik lumba-lumba yang sangat wajib untuk Anda baca dan ketahui yang telah dirangkumkan dari banyak sumber.



20 (dua puluh) Fakta Menarik dan Unik Lumba-lumba yang Belum diketahui Banyak Orang



  1. Ada sekitar 43 (empat puluh tiga) spesies lumba-lumba terdapat didunia, yang mana 38 (tiga puluh delapan) spesies lumba-lumba tersebut hidup di air laut dan sisanya yakni 5 (lima) spesies lumba-lumba yang lainnya hidup di air tawar.
  2. Di zaman Yunani Kuno, jika terdapat seseorang yang diketahui telah membunuh lumba-lumba maka akan dikenai hukuman mati, sebab lumba-lumba di zaman tersebut dianggap masyarakatnya sebagai hewan yang termasuk suci.
  3. Lumba-lumba juga memunyai daya ingat atau memori yang paling kuat jika dibandingkan dengan hewan yang lainnya.
  4. Apakah Anda mengetahui, jika lumba-lumba akan merasakan alergi yang sangat hebat pada saat meminum air laut, padahal mereka sendiri hidup di laut.
  5. Lumba-lumba mempunyai semacam sonar yang disebut dengan ekolokasi, hal ini membuat lumba-lumba sanggup membedakan bentuk diantara bola baja yang memiliki diameter 2,5 (dua koma lima) inci dengan bola baja lain yang memiliki diameter sekitar 2,25 (dua koma dua puluh lima) inci.
  6. Bayi dari lumba-luma akan mulai menahan napasnya pada saat mereka ingin minum air susu dari induknya.
  7. Lumba-lumba mendapatkan air melalui berbagai sari-sari dari makanan yang dirinya makan, oleh karena itu lumba-lumba tidak pernah meminum air.
  8. Angka hidup seekor lumba-lumba sanggup mencapai angka hidup sekitar 50 (lima puluh) tahun.
  9. Lumba-lumba mampu memakan makanan mencapai sekitar 30 (tiga puluh) pons atau dalam kilogram sekitar kurang lebih 15 (lima belas) kilogran ikan hanya dalam waktu sekitar 1 (satu) hari tanpa sedikitpun menambah bobot dari berat badannya.
  10. Setiap lumba-lumba akan menghabiskan hampir separu lebih dari hidupnya dengan menahan nafasnya.
  11. Seekor lumba-lumba tidak akan sanggup berenang mundur, inilah yang menyebabkan lumba-lumba kesulitan melolos kan diri dari jaring-jaring ikan yang digunakan para nelayan.
  12. Lumba-lumba tidak mempunyai indra penciuman, meskipun demikian lumba-lumba masih memiliki indera perasa, sehingga lumba-lumba sanggup membedakan berbagai rasa seperti manis, asam, asin, dan pahit.
  13. Lumba-lumba sendiri merupakan perenang yang sangat handal, dirinya mampu berenang dengan kecepatan hingga 30 (tiga puluh) mil atau sekitar 48,3 (empat puluh delapan koma tiga kilometer per jam.
  14. Lumba-lumba sendiri mempunyai 2 (dua) perut, 1 (satu) dari perutnya memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai makanan yang dimakannya, sedangkan yang lainnya lumba-lumba gunakan untuk melakukan proses pencernaan.
  15. Lumba-lumba juga memiliki kulit yang terasa sangat halus, inilah yang menyebabkan kulit lumba-luma sangat mudah terkena luka. Meskipun demikian lumba-lumba mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri yang sangat cepat pada saat luka.
  16. Lumba-lumba sangat terkenal dengan julukan hewan penolong bagi hewan yang lainnya terutama sesamanya, Lumba-lumba sangat sering membantu lumba-lumba yang lainnya pada saat lumba-lumba lainnya ini terluka, bahkan lumba-lumba akan membantu lumba-lumba lainnya ke permukaan untuk dapat bernafas.
  17. Lumba-lumba sanggup mengenali diri mereka sendiri pada saat dihadapan di cermin, bahkan mereka senang mengagumi diri mereka sendiri pada saat bercermin.
  18. Lumba-lumba akan tidur dalam keadaan setengah dari otaknya masih aktif dan satu matanya dalam keadaaan terbuka.
  19. Lumba-lumba tidak mempunyai otot pada rahangnya. Karena itulah gigi yang terdapat pada lumba-lumba sebenarnya dipergunakan untuk mengenggam, bukan untuk mengunyah.
  20. Terakhir Lumba-lumba juga sering dikenal sebagai hewan penyelam yang sangat hebat. Sebagai hewan laut, lumba-lumba sanggup menyelam hingga mencapai kedalaman 1.000 (seribu) kaki kebawah permukaan air.
Ya itulah akhir dari artikel kali ini tentang 20 (dua puluh) Fakta Menarik dan Unik Lumba-lumba yang Belum diketahui Banyak Orang. Untuk sumbernya silakan anda lihat pada preview diatas. Akhir kata, bye bye semoga dapat bermanfaat dan memperindah hari anda

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar