Bagian-bagian dalam Lidah disertai Gambar dan Fungsinya

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Bagian-bagian dalam Lidah disertai Gambar dan Fungsinya - Selamat siang para pengunjung semangat27.com baik yang baru maupun yang lama. Pada kesempata kali ini semangat27.com akan membagikan ulasan tentang Bagian-bagian dalam Lidah disertai Gambar dan Fungsinya.

Lidah adalah satu dari beberapa indra yang dimiliki oleh manusia, dimana lidah ini memiliki fungsi pokok sebagai indra pengecap rasa. Bagian ujung reseptor pada lidah akan mulai mendeteksi setiap rasa pada makanan ataupun minuman yang masuk kedalam mulut. Lidah yang dimiliki oleh manusia  pada dasarnya memiliki kemampuan untuk mengecap atau merasakan sekitar empat jenis rasa, seperti rasa mans, rasa asam rasa asin dan rasa pahit. Namun untuk lebih jelas dan lengkapnya mengenai dungsi dari lidah ini akan kita bahas akan kita bahas dibawah ini, jadi stay focus and enjoy


1. Fungsi Lidah

Diluar dari peran lidah sebagai indra perasa atau pengecap, lidah ini juga mempunyai berbagaimacam fungsi yang sangat penting lainnya. Dibawah ini ada berbagaimacam fungsi dari lidah yang dimiliki oleh manusia, diluar perannya sebagai indra perasa atau pengecap.

a.  Membantu dalam proses pencernaan makanan

Lidah memiliki peran yang sangat penting dalam proses peencernaan makanan yakni berfungsi membantu proses pencernaan makanan yang masuk kemulut secara kimiawi. Sebab didalam lidah ini terdapat adanya enzim amilase yang memiliki fungsi yang dapat mengubah zat tepung (karbohidrat) menjadi gula darah (glukosa).

b.  Membantu mengatur posisi makanan

Lidah mempunyai kemampuan untuk dapat mengubah letak dari makanan didalam mulut pada saat dikunyah. Otot-otot yang terdapat pada lidah sangat fleksibel sehingga sanggup untuk membantu pada saat mengunyah makanan yang masuk kedalam mulut dengan cara merubah-ubah posisi atau membolak-balik posisi dari makanan yang masuk kedalam mulu. tersebut

c.  Penyempurna kemampuan berbicara

Apakah anda mengetahui bahwa seorang manusia tidak akan sanggup berbicara secara sempurna tanpa adanya lidah. Lidah sangat dibutuhkan perannya terutama untuk mengucapankan beberapa huruf-huruf tertentu. Lidah ini juga memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur pita suara, dengan tujuan agar suara yang dikeluarkan sesuai dengan pengucapan pada mulut.

d.  Membantu proses menelan

Lidah mempunyai kemampuan mendorong setiap makanan yang terdapat dalam mulut saat dikunyah agar dapat masuk kedalam tenggorokan. Andai kata pada rongga mulut manusia tidak terdapat adanya lidah, maka setiap makanan yang masuk kedalam mulut akan sangat kesulitan untuk dapat masuk ke dalam tenggorokan.

2. Bagian-bagian Lidah

Setelah kita mengetahui fungsi dari lidah maka berikutnya kita akan membahas terntang beberapa bagian dari lidah yang perlu juga untuk diketahui, baiklah langsung saja dibawah ini adalah bagian-bagian dari lidah disertai dengan penjelasannya :

1. Permukaan Superior Lidah

Permukaan superior adalah bagian dari lidah yang berbentuk seperti huruf V yang terletak pada bagian atas lidah. Bagian yang satu ini terbagi lagi mejadi beberapa bagian seperti permukaan posterior dan permukaan anterior.

Permukaan posterior pada lidah ini meliputi bagian puncak lidah hingga tubuh lidah. Sedangkan Permukaan anterior meliputi bagian tubuh lidah hingga puncak ujung lidah.

Fungsi permukaan superior lidah ini sendiri yakni sebagai pengecap rasa, sebab bagian permukaan inilah yang nantinya akan secara langsung bersentuhan dengan setiap makanan dan minuman yang ada didalam mulut.

2. Tubuh Lidah

Nyaris 2/3 (dua per tiga) bagian dari lidah adalah tubuh lidah. Dalam tubuh lidah ini terdapat suatu permukaan yang kasar, permukaan kasar ini disebut dengan namaa papilla lingual. papilla lingual atau permukaan kasar tubuh lidah ini memiliki fungsi yang membantu dalam proses mengidentifikasi setiap rasa yang berbeda-beda dari setiap makanan dan minuman yang berada dalam mulut.

Papila yang terdapat dalam tubuh lidah ini terbagi dalam beberapa jenis, diantara seperti dibawah ini.

  • Papila filiform ; memiliki bentuk berupa kerucut dan dijumpai paling banyak jumlahnya pada lidah, papila filiform ini tersusun dalam barisan yang sejajar dan teratur.
  • Papila poliate ; memiliki ciri yang berkerumun, serta terbagi menjadi 2 (dua) kelompok, terletak pada setiap sisi dari lidah.
  • Papila fungiform ; memiliki hubungan dengan segala sensasi pada rasa setiap makanan atau minuman, khususnya seperti pada rasa manis dan asam.
  • Papila sirkumvalata ; memiliki bentuk bulat, terangkat, serta bisa kita lihat dengan mata telanjang.

3. Akar Lidah

Akar lidah terletak di antara rahang bagian bawah lidah dan tulang hyoid. Akar lidah ini memiliki fungsi menggerakan lidah. Lidah kita bisa bergerak dengan lentur atau fleksibel pada saat membantu proses mengunyah makanan serta pada saat berbicara berkat adanya akar lidah.

4. Amandel (Tonsil)

Amandel atau tonsil merupakan tonjolan yang terletak pada bagian sebelah kanan serta kiri dari rongga mulut. Bagian tersebut bisa membesar dari waktu ke waktu, jika amandel atau tonsil terus menerus membesar, dapat mengakibatkan kesulitan pada saat menelan makanan.

Perlu juga untuk diketahui bahwa amandel atau tonsil ini sebenarnya adalah benteng pertahanan dari tubuh manusia. Sehingga jika pada bagian ini terjadi pembengkakan, maka harus dilakukan dengan segera perawatan medis, namun tidak perlu untuk dilakukan proses pengangkatan.

5. Kuncup lidah

Kuncup lidah adalah suatu struktur yang terdapat pada bagian permukaan lidah, kuncup lidah ini memiliki fungsi pencipta resep untuk setiap rasa. Dalam kuncup lidah ini ada kurang lebih sekitar 300 (tiga ratus) selera, terlebih pada lidah yang dimiliki oleh orang dewasa. Kuncup lidah sendiri mampu untuk mengecap berbagai rasa seperti manis asin, asam dan pahit.

6. Otot Lidah

Lidah pada manusia tidak akan mampu untuk bergerak jika tidak ada otot lidah. Lidah sendiri pada dasarnya adalah sekumpulan otot-otot yang satu dengan yang lainnya saling terhubung. Otot lidah sendiri terbagi menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu kelompok lidah ekstrinsik, serta lidah intrinsik

Kelompok otot lidah ekstrinsik memiliki fungsi untuk mengubah posisi lidah, misalnya posisi awal dari lidah yang menjulur kemudian berubah menjadi posisi lidah yang terlipat. Sedangkan untuk kelompok otot lidah intrinsik mempunyai fungsi yang dapat mengubah sementara waktu bentuk dari lidah.

7. Frenulum

Frenulum merupakan lapisan tipis bagian dari lidah. Bagian lidah yang satu ini sebenarnya adalah jaringan yang menghubungkan antara dasar mulut dengan lidah.

8. Adenoid

Adenoid merupakan salah satu bagian dari lidah yang memiliki fungsi membunuh kuman-kuman yang ada didalam mulut. Jika terdapat bakteri yang masuk ke dalam mulut dan kemudian terkecap oleh lidah, maka dengan otomatis adenoid ini akan langsung melawan serta memerangi seluruh bakteri itu.

Sekian untuk artikel kali ini yang membahas tentang Bagian-bagian dalam Lidah disertai Gambar dan Fungsinya, semoga bermanfaat dan jika anda penasaran dengan gambar lengkap dari setiap bagian dalam lidah yang telah dijelaskan sebelumnya anda bisa melihatnya berikut ini.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar