10 (Sepuluh) Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Jago Terbang Capung

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

10 (Sepuluh) Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Jago Terbang Capung - Adakah orang diantara kita semua yang tidak mengenal hewan capung? Mulai dari para bocah atau anak-anak kecil sampai para orang dewasa dan orangtua, tentunya mengetahui atau bahkan pernah sesekali melihat hewan capung ini terbang, untuk anak-anak kecil atau orang dewasa pada saat masih keci pasti pernah menangkap dan hewan capung ini. Lalu dimanakah kita bisa menemui hewan capung ini? Benar sekali, orang-orang bisa dengan mudah sekali menemukan serangga bersayap nan cantik ini sesekali di sawah, kebun, sungai, atau bahkan di pekarangan dekat rumah.

Bentuk tubuh capung yang sangat unik, serta warnanya yang sangat menarik perhatian menjadikan siapapun orangnya yang melihat capung ini langsung ingin sekali menangkapnya. Namun apakah anda mengetahui bahwa ada 10 (Sepuluh) Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Jago Terbang Capung ini? Jika belum tetap fokus dan lanjut membaca yaa

Memang hewan capung ini mempunyai beberapa fakta menakjubkan dan unik yang tidak diketahui banyak orang. Untuk itulah semangat27.com telah menyusun dari beberapa sumber 10 (Sepuluh) Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Jago Terbang Capung yang bisa anda baca dibawah ini

1. Capung hidup disetiap penjuru dunia

Capung sanggup hidup diseluruh benua yang terdapat diseluruh penjuru dunia ini, dengan pengecualian pada benua antartika. akan tetapi memang sebagian besar dari jenis spesies hewan capung yang ada didunia, tinggal di daerah tropis.

2. Capung telah ada sejak ratusan juta tahun yang silam

Capung telah diperkirakan sudah mulai terbang diatas muka bumi ini kurang lebih sekitar 300 (tiga ratus) juta tahun yang lalu. Hewan capung ini sudah melalui banyak sekali tahapan evolusi sampai akhirnya mempunyai kemampuan untuk dapat terbang dengan sempurna, sehingga menjadi hewan yang cantik, manis dan mempesona.

3. Capung menghadang mangsanya untuk berburu di udara

Capung sebenarnya merupakan monster yang sangat amat menyeramkan bagi para mangsanya. Capung adalah serangga yang tidak memburu para mangsanya, akan tetapi capung lebih memilih mencegat para mangsanya itu di udara. Persentase untuk besarnya tingkat keakuratan capung pada saat memburu mangsanya sanggup mencapai angka 95% (sembilan puluh lima persen). Ini berarti hewan capung ini dapat mengukur dengan pasti besarnya kecepatan dari para mangsanya, hingga pada akhirnya mereka bisa menyergap mangsanya tersebut dengan sangat efektif.

4. Capung merupakan hewan predator yang sangat ganas

Sebenarnya berdasarkan fakta sebelumnya kita telah sadar seberapa ganasnya hewan yang satu ini, akan tetapi apakah anda mengetahui bahwa hewan capung ini mempunyai bentuk rahang yang sangat amat runcing dan tajam untuk siap sedia mencabik dan mengoyak tubuh dari para mangsanya. Hewan yang satu ini akan mulai dengan kuat memegang kaki dari para mangsanya pada saat sudah mereka tangkap, lalu setelahnya capung akan mulai merobek sayap yang dimiliki oleh para mangsanya agar mangsanya tersebut tidak sanggup lagi untuk terbang, selanjutnya capung akan mulai memenggal bagian kepala para mangsanya dengan menggunakan rahangnya yang sangat tajam dan kuat tersebut. Semua kegilaan tersebut hewan capung lakukan di udara tanpa sedetikpun mendarat kepermukaan. Wouw…


Tak hanya itu saja, hewan capung ini pada saat masih dalam bentuk larva hidup dalam air pun sudah mempunyai kemampuan tinggi pada saat menangkap para mangsa di air. Bahkan larva dari hewan capung ini sanggup menangkap buruan yang berupa berudu dan bahkan ikan.

5. Capung merupakan hewan yang sangat ahli terbang

Capung yang memiliki dua pasang sayap ini mampu bergerak berlainan arah karena memiliki otot yang kuat. Serangga capung ini juga sanggup terbang ke semua arah, seperti ke arah samping, mundur kearah belakang, dan bahkan sanggup terbang diam di suatu titik hanya beberapa menit saja.


Berdasarkan fakta yang ada, hewan capung ini mampu mengepakkan setiap pasang sayap yang mereka miliki sekitar 30 x (tiga pulu kali) setiap detiknya, yang membuat hewan capung dapat terbang dengan kecepatan mencapai angka sekita 100 km (seratus kilometer) per jamnya.

6. Capung mempunyai indra penglihatan yang sangat menakjubkan

Apakah Anda mengetahui, bahwa hewan capung ini memiliki jenis mata manjemuk yang didalamnya berisi kurang lebih sekitar 30.000 (tiga puluh ribu) segi yang sanggup memberi berbagai informasi terkait lingkungan yang ada di sekitarnya. Melalui struktur mata yang seperti ini, sudut penglihatan dari hewan capung nyaris mencapai angka 360 (tiga ratus enam puluh) derajat.


Kemampuan penglihatan matanya inilah yang membuat hewan capung sanggup untuk melihat setiap serangga berukuran kecil (mangsanya) yang kemudian akan disergap olehnya. Melalu mata majemuk tersebut juga, hewan capung dapat menghindari tabrakan antara dirinya dengan serangga yang lainnya pada saat terbang di udara.

7. Capung sanggup hidup didalam air selama lebih dari 2 th (dua tahun)

Capung pada saat masih dalam bentuk larva sanggup hidup di dalam air kurang lebih selama lebih dua tahun lamanya. Namun terdapat juga neberapa spesies dari hewan capung yang tinggal di lingkungan tertentu yang bahkan sanggup untuk bertahan hidup di dalam air mencapai angka 6 th (enam tahun) lamanya pada saat menjadi larva.

Pada saat didalam air, hewan capung ini akan mulai mengganti kulit mereka hingga 17 x (tujuh belas kali) dan hingga pada akhirnya larva tersebut akan siap untuk keluar dari dalam air, yang selanjutnya bermetamorfosis berubah dari seekor larva menjadi capung yang bisa kita semua lihat di udara.

8. Capung mempunyai perilaku yang teritorial 

Capung, khususnya capung jantan sudah dikenal selama ini sebagai salah satu hewan yang sangat teritorial. Hewan yang satu ini selalu mengklaim suatu daerah tertentu sebagai wilayah mereka, contohnya seperti kolam, tepi sungai, dan berbagai badan air yang lainnya. Itulah tak jarang kita melihat terdapat capung saling melakukan kejar-kejaran satu sama lainnya untuk mulai memperebutkan suatu daerah kekuasaan tertentu.

9. Capung sanggup menjadi pegontrol dari populasi serangga

Perlu juga diketahui bahwa sebenarnya capung ini sangat berjasa terutama untuk kehidupan manusia yang ada disekitarnya, sebab dengan sifat predator yang dimilikinya secara tidak langsung capung sebenarnya telah menjadi pengontrol dari populasi serangga, contoh serangganya seperti halnya nyamuk, serta jenis serangga penggigit yang lainnya.

10. Capung sang inspirasi bagi terciptanya teknologi canggih

Selain fakta menakjubkan diatas untuk fakta yang kesepuluh ini perlu kita semua ketahui sudah bukan rahasia lagi bahwa hewan capung telah menjadi inspirasi dari terciptanya berbagai teknologi yang bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semua itu berdasarkan dari kemampuan yang sangat luar biasa yang dimiliki capung pada saat terbang dan juga kemampuan dari penglihatan mereka.

Helikopter merupakan satu contoh kecil rancangan dari pesawat terbang yang memiliki kemampuan manuver yang sangat tinggi, ini merupakan inspirasi dari hewan capung tersebut. Tak hanya itu saja, sayap yang dimiliki capung juga telah menjadi inspirasi dalam pembangunan Munich Olympic Stadium Keren….

Ya, demikianlah yang dapat semangat27.com sampaikan pada artikel dengan judul 10 (Sepuluh) Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Jago Terbang Capung kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. See you later

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar