Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah [BAB II Melakukan Penelitian]

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah [BAB II Melakukan Penelitian] - Selamat siang para pengunjung semangat27.com, kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang penulisan karya ilmiah bab 2 yakni melakukan penelitian.

Mohin maaf jika kemaren tidak bisa memposting artikel dikarenakan admin sedang sakit, meski sekarang sedang sakit juga tapi demi menulis konten untuk kalian jadi admin berusaha semaksimal mungkin. Doakan semoga admin cepat sembuh ya, Dan hari ini ibu admin sedang berulang tahun jadi selamat ulang tahun juga untuk ibu admin semoga selalu diberikan yang terbaik oleh yang maha kuasa. Baiklah langsung saja berikut adalah Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah [BAB II Melakukan Penelitian]


Definisi Penelitian

Penelitian adalah sebuah proses dalam rangka mencari sesuatu dengan sistematis dalam waktu yang durasinya relatif lama menggunakan metode ilmiah yang sesuai dengan prosedur dan aturan berlaku. 

Yang mengilhami terjadinya penelitian adalah dorongan dari rasa ingin mengetahui, berkenaan dengan suatu hal yang pada saat itu sedang terjadi di lingkungan yang ada sekitar.  

Tujuan Penelitian

  • Mencari suatu jawaban berdasarkan permasalahan yang telah terjadi kala itu. 
  • Pengembangan suatu ilmu pengetahuan.
    -Baik untuk menciptakan suatu ilmu pengetahuan yang baru
    -maupun menerapkan suatu teknologi untuk tujuan memecahkan suatu masalah yang ada
  • Mendapatkan materi biasanya berupa uang. 
  • Keuntungan yang bersifat non-materi.
    -Kepuasan batin pribadi yang peneliti
    -Menambah suatu kredit, biasanya untuk kenaikan pangkat atau jabatan
    -Tanggung jawab sosial

Hasil Penelitian

Hasil dari suatu penelitan bisa diwujudkan dalam beberapa bentuk seperti dibawah ini
  • Dapat berupa suatu karya ilmiah yang bisa disajikan dalam berbagai macam bentuk seperti
    makalah,
    laporan tugas akhir
    laporan penelitian
    buku-buku yang bersifat ilmiah
    dan dapat berupa karya-karya ilmiah yang lainnya yang bisa dipublikasikan.  
  • Dapat juga berupa suatu inovasi atau produk baru yang bisa secara langsung digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh industri (tidak hanya sekedar prototipe saja)
  • Hak Paten  

Tipe-tipe Penelitian

Tipe penelitian atau yang bisa pula dianggap dengan metode yang dapat menyelesaikan masalah ini, dibagi menjadi 3 (tiga) jenis diantaranya sebagai berikut
  • Pengembangan
  • pure research/Penelitian Murni
  • Evaluasi/Penilaian
Untuk penjelasan lengkapnya dari ketiga jenis penelitian diatas anda bisa membacanya dibawah ini

Penelitian yang berupa Pengembangan :  Suatu pengkajian yang bersifat ilmiah dalam bentuk Penelitian yang berupa Pengembangan dapat berbentuk seperti :
Plan/Rencana, Design/Rancangan, Construct/Kontruksi/Bangunan, Applied/Terapan, Development/Hasil pengembangan dari suatu Model, Sistem, atau bahkan Produk. 

Penelitian yang berupa Pure Research/Penelitian Murni : adalah paradigma dari pengkajian ilmiah yang sampai saat ini banyak dianut oleh para peneliti. Termasuk yang terdapat di dalamnya yakni basic research. Pure Research/Penelitian Murni memiliki tujuan untuk mengetahui, membuktikan, serta memperoleh pengetahuan yang baru melalui berbagai pendekatan yang sistematik, akuratif, dan bahkan probabilistik. Kesimpulan atau hasil yang didapatkan bisa berlaku secara umum. Selanjutnya yang termasuk kedalam bentuk dari suatu pengkajian ilmiah seperti ini yakni Pure Research/Penelitian Murni adalah :
Fenomenologis/Historis, Kasus, Deskriptif , Asosiatif/Korelasional, Kausal Komparatif • Eksperimen

Penelitian yang berupa Evaluasi : adalah suatu pengkajian ilmiah yang memiliki tujuan untuk dapat memilih, memperbaiki, serta memantapkan hasil dari suatu kebijakan atau program yang sebelumnya telah dijalankan. Hasil dari suatu pengkajian ilmiah dengan jenis ini dapat berupa suatu informasi yang berguna untuk mendukung suatu pengambilan keputusan yang memiliki sifat khusus sehingga kesimpulan nantinya tidak dapat berlaku secara umum.  

Proses atau Tahan Penelitian

Ada beberapa proses atau tahapan dalam melakukan suatu penelitian yakni:
  1. Mengidentifikasi suatu masalah 
  2. Melakukan penelusuran pustaka  
  3. Merumuskan masalah  
  4. Membuat rancangan penelitian : mendesain suatu metodologi 
  5. Mengumpulkan data
  6. Mengolah dan melakukan analisis pada data  
  7. Kesimpulan dari hasil yang telah didapatkan
Untuk lebih lengkap penjelasan proses atau tahap dalam penelitian dalam membaca artikel berikut ini

Demikian artikel kali ini berkenaan dengan Mata Kuliah Penulisan Karya Ilmiah [BAB II Melakukan Penelitian]. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar