10 (sepuluh) Fakta Menakjubkan dari Lebah Madu yang Wajib diketahui

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

10 (sepuluh) Fakta Menakjubkan dari Lebah Madu yang Wajib diketahui -semua fakta mengenai lebah madu yang akan dibahas kali ini ada kaitannya dengan manfaat yang dimiliki oleh lebah madu bagi kehidupan para manusia. Lebah madu sendiri merupakan salah satu hewan serangga yang sanggup memproduksi madu serta menyimpan setiap madu yang diproduksinya dalam sarang tempat koloni para lebah madu ini tinggal. Pastinya semua orang telah mengetahui bahwa produksi madu yang dihasilkan oleh lebah madu ini mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat, khususnya untuk menjaga kesehatan yang ada dalam tubuh manusia.

Madu yang dihasilkan oleh lebah ini juga bisa menjadi campuran dari berbagai minuman agar dapat bertambah kelezatan dari rasanya. Lalu apakah Anda mengetahui bahwa suatu koloni dari lebah madu ini bisa terdiri atas berjumlah sekitar 20.000 (dua puluh ribu) hingga sampai 60.000 (enam puluh ribu) ekor lebah madu berserta sang lebah ratunya.

Dan yang lainnya apakah anda mengetahui bahwa sengatan dari lebah madu ini juga mampu dijadikan untuk terapi dalam kesehatan. Hampir keseluruhan hal yang berkaitan dengan lebah madu ini bisa menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan para manusia.

Dengan berbagaimacam manfaat yang ada, oleh karena itu wajib bagi Anda untuk tahu lebih dalam lagi terkait berbagai fakta lain yang menakjubkan, unik dan pastinya bermanfaat dari lebah madu. Baiklah langsung saja dibawah ini adalah 10 (sepuluh) Fakta Menakjubkan dari Lebah Madu yang Wajib diketahui

1. Telah Hidup dari Berpuluh-puluh Juta Tahun Silam
Lebah madu hidup puluhan juta tahun yang lalu

Lebah madu ini sudah hidup dari puluhan juta tahun yang lalu yakni sekitar telah hidup selama 30.000.000 (tiga puluh juta tahun). Lebah Madu ini adalah satu-satunya jenis serangga yang ada di dunia yang sanggup memproduksi atau menghasilkan makanan yang dapat dikonsumsi oleh para manusia, yakni madu tersebut.

2. Para Lebah Madu Pekerja, Seluruhnya adalah Betina

Lebah madu sendiri hanya mempunyai range rentang dari rata-rata hidupnya  2,5 (dua koma lima) hingga 4 (empat) bulan atau 6 (enam) hingga 8 (delapan) minggu saja. Yang menjadi menarik dari semua ini yakni seluruh pekerjaan yang ada dalam koloni dari lebah madu ini dilakukan oleh para lebah madu betina.

Untuk pembagian dari tugas yang ada pun semuanya dilakukan secara teratur bahkan sangat teratur, beberapa contohnya seperti terdapat lebah madu yang bekerja merawat setiap larva lebah, kemudian terdapat lebah madu yang bekerja membangun sarang, lalu ada pula lebah madu yang bekerja membersihkan sarang hingga melindungi sarang dan terdapat juga lebah madu pekerja yang mencari makanan serta ada pula yang berkerja mengumpulkan nektar.


3. Para Pejantan Lebah Madu Tidak Mempunyai Sengat

Pada kenyataanya, para lebah jantan ini tidak mempunyai sengat serta para lebah jantan ini juga tidak memproduksi madu. Lebah madu jantan ini hampir tidak melakukan apapun, mereka semua bermalas-malasan, serta tidak sedikit pun membantu pekerjaan yang dilakukan oleh para lebah madu betina. Lebah madu jantan ini selama hidupnya hanya mempunyai satu saja hidup hidup, yakni kawin dengan sang ratu.

Yang menjadi lebih menarik lagi adalah perkawinan dari lebah madu ini merupakan contoh yang sangat dramatis dari bunuh diri seksual. Karena para lebah madu jantan ini kemudian akan langsung mati sesaat setelah dirinya kawin dengan sang lebah ratu.

Mengapa bisa demikian? Sebab untuk dapat melakukan perkawinan dengan sang lebah ratu, maka para lebah jantan ini wajib bersaing satu sama lainnya untuk bisa memperoleh kesempatan itu, dan hal seperti ini akan terjadi di udara. Hingga pada akhirnya, lebah jantan yang sanggup memenangkanya akan langsung bisa melakukan perkawinan dengan sang lebah ratu dan akhirnya perkawinan tersebut terjadi lebih yang terpilih ini juga akan mati.

4. Menyengat sama dengan Mati

Seperti yang kita ketahui bahwa lebah madu sanggup melakukan sengatan kepada manusia melalui suntikan jarum yang ada pada tubuh lebah madu, suntikan yang mengenai kulit manusia akan langsung meninggalkan racun cair yang selanjutnya dapat mengakibatkan kulit tersebut menjadi merah dan bahkan membengkak. Lebah madu tersebut setelah melakukan sengatan maka akan langsung melarikan diri, dan kemudian menjadi lemas hingga pada akhirnya mati. Oleh karena itu lebah madu seperti ini akan mati sesaat setelah menyengat

5. Lebah Madu Penghisap Nektar yang sangat Pandai

Lebah madu sendiri memiliki sepasang belalai yang bentuknya seperti menyerupai suatu sedotan yang kecil, sepasang belalai pada lebah madu ini berfungsi untuk menghisap nektar yang ada pada bunga.

Tidak hanya itu saja, seranga yang satu ini juga mempunyai 2 (dua) sisi perut, yang mana perut yang pertama berfungsi sebagai tempat untuk menampung nektar yang nantinya akan dicerna sendiri oleh lebah madu sebagai energi. Sedangkan sisi perut yang kedua adalah perut yang khusus digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan siwa nektar yang selanjutnya akan dijadikan madu yang nantinya akan dikonsumsi oleh manusia.

Sedangkan untuk pekerjaan mengumpulkan nektar pada bunga ini, dilakukan oleh lebah madu dengan mengunjungi kurang lebih sekitar 50  (lima puluh) hingga 100 (seratus) bunga per harinya.


6. Lebah Madu Merasakan Cuaca sebelum terbang

Lebah madu merupakan jenis serangga yang sangat pintar mendeteksi setiap perubahan dari tekanan udara. Disaat turun hujan yang dimana tekanan udara menjadi turun, maka lebah madu ini memutuskan untuk tetap tinggal pada sarangnya.

Kemudian lebah madu ini akan tetap dalam berkelompok dengan koloni miliknya dengan tujuan agar tetap berada dalam keadaan yang hangat. Lebah madu ini akan menjadikan madu yang ada sebagai makanan yang mereka makan selama lebah madu ini tinggal di sarang. Semua itu mereka lakukan hingga kondisi dari cuaca menjadi normal kembali, setelah itu barulah mereka akan mencari nektar. Jadi lebah madu ini akan terdapat berdasarkan kondisi cuaca.

7. Lebah Ratu Merupakan Ibu bagi Semua Lebah Madu

Satu ekor ratu lebah madu mampu menghasilkan telur berjumlah hingga 2500 (dua ribu lima ratus) butir telur seharinya, kemudian mampu menghasilkan lebih dari 1.000.000 (satu juta) telur selama hidupnya. Dan untuk masa hidup dari sang lebah ratu ini dapat berkisar dalam rentang 2 (dua) hingga 3 (tiga) tahun, serta sepanjang hidupnya hanya akan sang ratu habiskan untuk melakukan perkawinan dan bertelur saja. Telur-telur tersebut akan mulai menetas dan kemudian menjadi larva kurang lebih selama 3 (tiga) hari.

Larva dari lebah madu ini selanjutnya dilakukan perawatan oleh para lebah perawat, dimana mereka akan dengan diberikan susu yang khusus, susu khusus ini disebut dengan Royal Jelly. Untuk tahap perkembangannya sendiri setelah menetas Telur menjadi Larva, kemudian Larva menjadi Pupa, hingga pada akhirnya akan berkembang menjadi lebah madu dewasa.


8. Lebah madu mempunyai tarian yang khusus dalam berkomunikasi

Kehebatan dari lebah madu yaitu cara mereka dalam melakukan komunikasi satu sama lain antara lebah madu yang lain dengan melalui suatu tarian serta kibasan sayap dengan maksud untuk memberitahu bahwa terdapat sumber nektar bunga, waktu dibutuhkan untuk terbang ke sumber nektar bunga tersebut, hingga berapa kecepatan anginnya. Wadaadaaww…

9. Dari Kelenjar dibawah Perut Lebah madu menghasilkan lilin

Lebah madu juga mampu menghasilkan sejenis lilin pada bagian bawah perut mereka, yang mana lilin tersebut dapat digunakan oleh lebah madu untuk membangun sarang tempat lebah madu meletakan madu-madunya. Para manusia juga bisa mempergunakan lilin dari lebah madu ini sebagai obat-obatan serta memoles meubel.

10. Lebah Madu Menghasilkan Dengung dengan Mengepakkan Sayapnya

Lebah madu sendiri sanggup mengepakkan sayap yang dimilikinya hingga mencapai kecepatan kurang lebih sekitar 11.400 (sebelas ribu empat ratus) kali per menitnya. Kepakan dari sayap yang sangat cepat tersebut mampu menghasilkan bunyi dengung yang selama ini sering kita dengar pada saat bertemu dengan lebah madu. Kecepatan terbang dari seekor lebah madu sendiri dapat mencapai kecepatan hingga 23 km/jam (dua puluh tiga kilometer per jam). Tidak berhenti sampai disitu saja, lebah madu ini juga mampu terbang menjelajah hingga sejauh 10 km (sepuluh kilometer) hanya untuk mengumpulkan setiap nektar yang ada pada bunga.

Demikian lah 10 (sepuluh) Fakta Menakjubkan dari Lebah Madu yang Wajib diketahui, nantikan fakta-fakta menarik lainnya di semangat27.com

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar