Gambaran Mata Kuliah Jurusan Fisika Versi Situs Resmi Palawa FMIPA UGM

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Gambaran Mata Kuliah Jurusan Fisika Versi Situs Resmi Palawa UGM - Assalamualaikum, selamat pagi, jumpa lagi dengan penulis di semangat27.com. Bagaimana kabarnya teman-teman? Semoga selalu luar biasa dan penuh dengan rasa syukur ya. Kali ini penulis akan berbagi kepada teman-teman semua gambaran mata kuliah untuk jurusan fisika, dengan tujuan agar teman-teman mempunyai gambaran dan tidak merasa salah dalam mengambil jurusan ditengah jalan masa perkuliahan. Sebab dulu ketika awal masa-masa masuk perkuliahan penulis sama sekali belum mengetahui mata kuliah apa saja yang ada dalam jurusan penulis, yang akhirnya secara sadar penulis merasa mis di beberapa mata kuliah karena tidak mengetahui sebelumnya tentang mata kuliah tersebut, sehingga yang mau tidak mau berakibat pada kurangnya penguasaan materi dari mata kuliah tersebut.


Gambaran Mata Kuliah Jurusan Fisika Versi Situs Resmi Palawa FMIPA UGM

Baiklah langsung saja mari kita mulai pembahasan dari Gambaran Mata Kuliah Jurusan Fisika Versi Situs Resmi Palawa UGM, namun sebelum itu pada artikel kali ini hanya akan menyebutkan nama-namanya saja disertai dengan semester berapa harus mengambilnya versi palawa FMIPA UGM dan mungkin penjelasan sedikit mengenai mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan serta mata kuliah prasyarat sebelum mengambil mata kuliah lainnya. Untuk penjelasan detail penulis belum mampu untuk menjelaskannya karena penulis sendiri berkuliah bukan dijurusan tersebut, akan tetapi dilain waktu jika bertemu dengan teman-teman yang berkuliah dijurusan ini pasti akan penulis tanyakan, so bagi teman-teman yang memiliki pertanyaan rinci seputar jurusan fisika silakan bisa menuliskannya dikolom komentar dibawah.

Oya semoga artikel ini dapat juga menjadi gambaran untuk mata kuliah di jurusan fisika universitas yang lainnya seperti jurusan fisika murni, jurusan fisika undip, jurusan fisika unesa, jurusan fisika unp, jurusan fisika ub dan jurusan fisika uin alauddin makassar serta harapannya jika terdapat perbedaan mungkin teman-teman dari universitas tersebut dapat meluruskannya pada kolom komentar yang ada dibawah. Dan berikut adalah nama-nama mata kuliah apa saja yang ada di jurusan fisika versi situs resmi Palawa UGM

Mata Kuliah Semester 1 Jurusan Fisika UGM

FISIKA DASAR, WAJIB, 3 SKS
PRAKTIKUM FISIKA DASAR I, WAJIB, 1 SKS
FILSAFAT FISIKA, WAJIB, 2 SKS
METODE PENGUKURAN FISIKA, WAJIB, 3 SKS
PRAKTIKUM KIMIA DASAR I, WAJIB, 1 SKS
sesuai agama masing-masing
AGAMA ISLAM, WAJIB, 2 SKS
AGAMA KATOLIK, WAJIB, 2 SKS
AGAMA KRISTEN, WAJIB, 2 SKS
AGAMA HINDU, WAJIB, 2 SKS
AGAMA BUDHA, WAJIB, 2 SKS

Mata Kuliah Semester 2 Jurusan Fisika UGM

FISIKA METROLOGI & KALIBRASI, PILIHAN 3 SKS
PENGANTAR GEOFISIKA, PILIHAN, 2 SKS

Mata Kuliah Semester 3 Jurusan Fisika UGM

MATEMATIKA FISIKA II, WAJIB, 3 SKS
KOMPUTASI FISIKA, WAJIB, 2 SKS
PRAKTIKUM KOMPUTASI FISIKA, WAJIB, 1 SKS
MATEMATIKA FISIKA TEORITIK, PILIHAN, 3 SKS
TERMODINAMIKA, WAJIB, 3 SKS
MEKANIKA I, WAJIB, 3 SKS
GELOMBANG, WAJIB, 3 SKS
PRAKTIKUM ELEKTRONIKA, WAJIB, 1 SKS
SISTEM SENSOR, PILIHAN, 2 SKS
FISIKA CITRA, PILIHAN, 2 SKS

Mata Kuliah Semester 4 Jurusan Fisika UGM

PRAKTIKUM FISIKA MODERN, WAJIB, 1 SKS
MEKANIKA BENDA LANGIT, PILIHAN 2 SKS
FISIKA SISTEM KOMPLEKS & NONLINIER, PILIHAN, 2 SKS
METODE DETEKSI NUKLIR DAN PARTIKEL, PILIHAN, 2 SKS

Mata Kuliah Semester 5 Jurusan Fisika UGM

SISTEM INSTRUMENTASI, PILIHAN, 2 SKS
FISIKA KUANTUM II, WAJIB, 3 SKS
FISIKA STATISTIK, WAJIB, 3 SKS
FISIKA INTI DAN PARTIKEL I, WAJIB, 2 SKS
PRAKTIKUM FISIKA ATOM DAN MOLEKUL, WAJIB, 1 SKS
OPTIKA MODERN, WAJIB, 3 SKS
PENGANTAR FISIKA LASER, PILIHAN, 2 SKS
FISIKA ZAT PADAT I, WAJIB, 2 SKS
FISIKA KEDOKTERAN, PILIHAN, 2 SKS
GELOMBANG MIKRO, PILIHAN, 2 SKS
PANCASILA, WAJIB, 2 SKS

Mata Kuliah Semester 6 Jurusan Fisika UGM

METODOLOGI RISET DAN PENUTURAN ILMIAH, WAJIB, 3 SKS
TUGAS LAB I, WAJIB, 1 SKS
PRAKTIKUM FISIKA INTI, WAJIB, 1 SKS
PRAKTIKUM FISIKA ZAT PADAT, WAJIB, 1 SKS
FISIKA LINGKUNGAN, PILIHAN, 2 SKS
MEKANIKA KUANTUM, PILIHAN, 2 SKS

Mata Kuliah Semester 7 Jurusan Fisika UGM

TUGAS AKHIR A, WAJIB, 2 SKS
TUGAS AKHIR B, WAJIB, 4 SKS
TUGAS LAB. II, WAJIB, 1 SKS
FISIKA KRISTAL CAIR DAN POLIMER, PILIHAN, 2 SKS
KERJA PRAKTEK, PILIHAN, 2 SKS
PENGANTAR EKONOFISIKA, PILIHAN, 2 SKS
KULIAH KERJA NYATA, WAJIB, 3 SKS

Biasanya mata kuliah disemester 1 sudah dalam bentuk paketan yang harus diambil oleh mahasiswanya, jadi tidak bisa pilih-pilih mata kuliah dan jumlahnya tidak genap 24 SKS. Dijurusan penulis sendiri dahulu ketika awal masuk menjadi MABA atau mahasiswa baru saat mengikuti orientasi langsung diperintahkan untuk mengambil 22 atau 23 SKS kalau tidak salah dalam sistem palawa ini.

Perlu diketahui juga bahwa setiap mahasiswa dapat mengambil mata kuliah paling maksimal bobotnya 24 SKS disetiap semesternya, akan tetapi ada syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengambil jumlah maksimal bobot SKS tersebut seperti IP (Indeks Prestasi) harus menyentuh angka sekian, di jurusan penulis sekitar IP >= 3.0 baru bisa mengambil 24 SKS, jika kurang otomatis hanya dapat mengambil dibawah jumlah tersebut seperti maksimal 22 SKS. Namun terkadang ada saja yang membuat tidak bisa mengambil maksimal meskipun IP sudah diatas 3.0, seperti jumlah SKS mata kuliah yang ganjil genap dapat menjadikan total diakhir kurang dari 24 SKS.

Untuk keterangan mata kuliah wajib sendiri merupakan mata kuliah yang wajib hukumnya untuk diambil oleh mahasiswa, sedangkan dengan keterangan Pilihan merupakan mata kuliah pilihan yang boleh tidak diambil, jadi sesuai pilihan dan kemauan dari mahasiswanya saja. Jika tertarik dengan mata kuliah tersebut biasanya banyak mahasiswa yang mengambil atau jika termasuk mata kuliah santai yang "mudah" juga terkadang diambil sebagai mata kuliah pendongkrak nilai. Mungkin ini bisa menjadi semacam tips dan trik agar IP disetiap semesternya stabil, mata kuliah wajib yang susah minta ampun nilainya terkadang tertutup dimata kuliah semacam ini sehingga IP tetap terjaga dan mahasiswa tersebut tetap bisa mengambil full 24 SKS disetiap semesternya. Jika syarat SKS untuk lulus sekitar 144 SKS (standar SKS lulus dijurusan penulis) maka 22 SKS semester 1 + 24 SKS x 5 semester (semester 2,3,4,5 dan 6) + rangkaian skripsi sekitar 7 SKS dijurusan penulis (semester 7 dan 8), maka 8 semester atau 4 tahun merupakan waktu yang pasti sebenarnya untuk bisa lulus. Tapi terkadang ada saja faktor yang memperlambatnya, seperti kuliah yang kurang maksimal, merasa salah masuk jurusan dan lain sebagainya. Untuk itulah pengetahuan akan gambaran mata kuliah seperti ini wajib diketahui sejak dini sebenarnya untuk calon mahasiswa yang nantinya akan mengambil kuliah dijurusan tersebut, sehingga tidak merasa salah jurusan ditengah jalan yang bisa berakibat pada semangat diri dalam mengikuti perkuliahan.

Dan hal yang perlu diketahui lainnya adalah terkait mata kuliah prasyarat atau prasyarat mata kuliah, jadi ada beberapa mata kuliah wajib ataupun pilihan yang sebelum mengambilnya mahasiswa harus memenuhi prasyaratnya terlebih dahulu seperti contohnya untuk mengambil mata kuliah B seorang mahasiswa harus mengambil mata kuliah A terlebih dahulu, entah mengambil disemester sebelumnya atau bahkan bersamaan dengan mata kuliah tersebut. Contoh lainnya untuk dapat mengambil mata kuliah Skripsi seorang mahasiswa perlu mengambil mata kuliah Proposal Skripsi terlebih dahulu dan sebelum mengambil mata kuliah Proposal Skripsi diperlukan untuk mengambil mata kuliah Seminar terlebih dahulu sedangkan mata kuliah Seminar sendiri membutuhkan syarat memenuhi total 100 SKS diambil terlebih dahulu sebelumnya, oya disclaimer ini versi jurusan penulis ya. Dari tadi penulis berbicara tentang jurusan penulis mulu nih, ya itu semua karena bisa saja berbeda dijurusan lainnya meskipun terkadang dapat sama juga. Untuk perbedaannya sendiri sebagai contoh untuk gambaran seperti ada beberapa jurusan yang mata kuliahnya di paket, jadi setiap semester ya mata kuliahnya sudah fix itu yang harus diambil. Paket seperti ini harapannya mahasiswa bisa lulus 8 semester, jika memang nilainya sudah memuaskan dan tidak mau diulang, kalau sebaliknya ya mungkin tambah semester lagi.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan bagi teman-teman yang ingin request sekali lagi silakan tuliskan pada kolom komentar yang ada dibawah ya. Sebelum mengakhiri untuk mendukung website ini silakan teman-teman bisa memfollow dengan menekan tombol follow atau ikuti dibawah artikel ini (jika menggunakan HP) atau disamping kanan artikel ini (jika menggunakan PC). Akhir kata kurang lebihnya penulis mohon maaf dan kembali meluruskan niat untuk berbagi ilmu yang semoga bermanfaat, untuk kata-kata penutup "Ketika kita mati maka amal akan terputus kecuali 3 hal yang salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat, mari sebarkan artikel ini jika teman-teman merasa bermanfaat dan semoga share teman-teman menjadi amal ilmu yang bermanfaat karena menjadikan orang tau mengenai informasi ini", sekian wassalamualaikum wr wb

nb : mata kuliah diatas sepertinya tidak sempurna karena dilihat ketika semester ganjil jadi hanya mata kuliah semester ganjil saja yang terlihat banyak, sedangkan mata kuliah semester genap hanya beberapa yang terlihat yang dapat diambil disemester ganjil (biasanya mahasiswa yang mengulang) UPDATE menyusul ya

Pondok Gratis Jogja : http://miftahussalamjogja.ponpes.id
Sumber : https://anak-ugm.blogspot.com/2018/10/mata-kuliah-jurusan-fisika-versi-situs.html

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar