Petunjuk Pelaksanaan FL2N SD 2019 Festival Lomba Literasi Nasional

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Dibawah ini merupakan juknis atau juklak atau Petunjuk Teknis Ketentuan Pelaksanaan Cabang Lomba dalam FL2N (Festival Lomba Literasi Nasional) untuk bidang cabang lomba cerpen.

Namun berkas yang akan dibagikan merupakan berkas lengkap untuk semua cabang lomba, nah untuk ketentuan lomba menulis cerpen yang ada dibawah ini juga ditulis dengan bahasa yang berbeda namun makna sama, untuk lebih jelas lihat pada berkas saja, biasalah biar tidak kena copyright.




A. Lomba Menulis Cerpen

Memiliki Kriteria Peserta Lomba Menulis Cerpen FL2N seperti :
a. Perlu mendaftarkan diri secara online ke alamat url yang ada dalam berkas juklak FL2N diatas
b. Peserta yang didaftarkan sebelumnya tidak mempunyai karya sastra suatu cerpen yang terpublikasi baik secara komersial ataupun profesional dalam buku ataupun media cetak, baik saat ini dalam proses baru akan terbit maupun yang sebelumnya telah diterbitkan.

Kriteria Penilaian Karya Lomba Menulis Cerpen FL2N seperti :
a. Kesesuain terhadap isi dan judul dengan tema yang telah ditentukan.
b. Bahasa, Cara Mengisahkan dan Strukturnya
1. Kekuatan dari struktur cerita yang dibuat seperti pada alur ceritanya, penokohan tokoh-tokohnya, konflik para tokoh dalam ceritanya, latar dilaksanakannya cerita, serta sudut pandang yang ditulis oleh pencerita dalam menceritakan ceritanya.
2. Baik dan benar dalam menggunakan bahasa Indonesia seperti dalam pemilihan diksi, kalimat yanh digunakan dan gaya bahasanya.
c. Isi Cerita:
1. Kesesuaian ide pokok dalam cerita dengan tema yang ditentukan dalam lomba.
2. Pesan dan makna yang terkandung didalam cerita yang akan disampaikan pada para pembacanya.
3. Isi daei Nilai-nilai kehidupan yang ditawarkan didalamnya.
d. Kreativitas dan Keasliannya.

Persyaratan Karya Lomba Menulis Cerpen FL2N
a. Karya sastra cerpen yang nantinya akan diikutsertakan adalah suatu karya baru yang tidak pernah diikutsertakan atau dikirim sebelumnya
b. Karya sastra cerpen yang dilombakan diketik rapi dengan maksimal panjang diantara 3 (tiga) hingga 5 (lima) halaman kertas A4, TMR (Time New Roman) 12 (dua belas), 1,5 (satu koma lima) spasi untuk jaraknua dan 4-3-3-3 sentimeter (empat tiga tiga tiga) untuk marginnya atau ditulis tangan dalam kertas folio yang bergaris maksimal 2 (dua) hingga 4 (empat) halaman
c. Untuk masing-masing karya harus dilengkapi dengan judul pada bagian tengah atas kertasnya, sedangkan nama peserta dan sekolah dituliskan pada pojok atas sebelah kanan kertas.
d. Karya diunggah dengan format pdf berikut semua berkas registrasi pada alamat yang tertulis dalam juklak, juklis FL2N.

Simpan atau download petunjuk pelaksanaan FL2N

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar