Fakta Buang Angin (Kentut) yang Unik yang Belum diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Fakta Buang Angin (Kentut) yang Unik yang Belum diketahui Banyak Orang


Semangat27.com. Buang angin atau yang sering kita sebut kentut adalah salah satu siklus yang secara alami dapat terjadi pada tubuh, dan kentut ini memang secara kodratiah harus dikeluarkan.

Pada saat kita membicarakan kentut  memang akan terdengar memalukan, namun perlu kita ketahui bahwa terjadinya kentut ini sebenarnya mampu mencegah munculnya gangguan pada lambung lambung atau yang parah seperti tejadinya kanker.

Kentut  sendiri terjadi oleh sebab adanya udara yang terjebak pada tubuh. Asal dari udara-udara tersebut adalah berbagai udara yang masuk seperti masuk ketika sedang berbicara, makan, minum ataupun pada saat menguap. Udara yang telah masuk itu akan diedarkan oleh darah hingga pada akhirnya merembes masuk kedalam organ usus.

Setelah itu, udara tadi lalu kemudian mendapatkan daya tekan dari perut hingga akhirnya udara akan keluar melalui saluran anus. Nah suara-suara merdu nan syahdu yang keluar atau dihasilkan tersebutlah yakni keluar dari anus yang sering orang-orang sebut sebagai kentut.

Ohhh . . . hiyahiyahiya, Pasti teman-teman baru tau kan? Ini baru intro loh, karena dibawah ini nantinya akan ada beberapa fakta yang unik dan menarik seputar kentut atau buang angin yang perlu untuk kita semua ketahui. Penulis menghimpunya dari berbagai sumber loh, jadi baca yak hehe. Durasi bacanya ada diatas yak.


Fakta 1 

Untuk yang bertama adalah komposisi dari kentut. Apakah anda tahu mengapa kentut bisa berbau? Gas apa sih yang ada didalamnya? Nah, Gas kentut yang sering kita keluarkan itu sebenarnya terdiri atas 59% (lima puluh sembilan persen) nitrogen, 21% (dua puluh satu persen) hidrogen, 9% (sembilan persen) karbon dioksida, 7% (tujuh persen) metana dan 4% (empat persen) oksigen. Tapi apakah anda tahu? Hanya ada sekitar 1% (satu persen) saja kandungan gas sulfur dari kentut, dan inilah yang membuat kentut menjadi berbau sedap (busuk) wkwk.

fakta unik kentut

Fakta 2 

Setiap orang secara rata-rata dapat mengeluarkan kentut hingga 14x (empat belas kali) per hari, untuk jumlahnya diproduksi sekitar 1/2L (setengah liter) per harinya. Gila banyak juga yak wkwk.

Fakta 3 

Terdapat beberapa bakteri penghasil gas metana atau hidrogen sulfida yang mampu menambahkan bau yang khas setiap kentut, pantesan baunya beda-beda yak wkwk. Nah salah satu bakteri penghasil gas metana yang paling sering adalah bakteri E. coli yang terdapat pada usus pencernaan. 

Fakta 4 

Suara atau bunyi yang dihasilkan oleh kentut terjadi oleh sebab getaran dari rektum, cari sendiri gambar rektum digoogle yak. Tingkat kenyaringan dari bunyi atau suara yang dihasilkan oleh kentut sangat bergantung kepada kekuatan dari sfingter, semacam cincin otot lurik dengan posisi mengelilingi kanal anus, dan pastinya tekanan dari balik gas yang akan keluar, semakin ditahan semakin berontak biasanya wkwk. 

Fakta 5

Kecepatan dari gas yang dikeluarkan ketika kentut adalah sekitar 3m (tiga meter) per detiknya, dengan dalam durasi waktu hanya sekita 10 (sepuluh) hingga 15 (lima belas) detik saja. Itulah alasanya mengapa bau dari kentut akan lebih cepat hilang. 

Fakta 6 

Melakukan penahan pada kentut seperti yang sering anda lakukan justru dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti masalah pada lambung dan juga ketidaknyamanan pada perut. Sekali lagi, itu dikarenakan kentut merupakan proses alami dari sistem pencernaan kita.

bahaya menahan kentut

Fakta 7

Berbeda dengan di Indonesia, jika mencium bau kentut orang maka akan terasa jengkel karena dianggap tidak sopam. Di Cina, pada saat kentut milik Anda mengeluarkan bau yang busuk, maka itu bertanda bahwa Anda adalah seorang yang profesional. Bahkan yang lebih lagi adalah di Roma kuno, dimana sang Kaisar Claudius pernah mengesahkan suatu undang-undang yang berisikan bahwa kentut pada saat perjamuan dapat diterima. 

Fakta 8 

Salah satu komposisi gas yang dihasilkan dari kentut mempunyai sifat yang sangat mudah terbakar, Gas tersebut adalah Gas metana.

Kentut mudah terbakar

Fakta 9

Dalam durasi waktu tiga jam setelah kematian, seorang yang telah mati akan mengeluarkan gas dari kedua ujung saluran pencernaan, oleh karena itu mayat bisa juga mengeluarkan kentut. 

Fakta 10

Seorang penyelam tidak akan dapat mengeluarkan kentut, dikedalamnya yang lebih dari 10m (sepuluh meter).

kentut didalam air

Fakta 11 

Berdasarkan fakta, hewan Rayap merupakan produsen kentut yang terbesar di dunia. 

Fakta 12 Suhu yang ada pada gas kentut terbentuk pada saat keluar yakni sekitar 37C (tiga puluh tujuh derajat celcius).

Fakta 13
Kondisi perut yang didalamnya kelebihan gas sering disebut dengan perut kembung.

perut kembung

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar