Fakta Menarik dan Unik tentang Organ Pencernaan Manusia

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Fakta Menarik dan Unik tentang Organ Pencernaan Manusia

Semangat27.com. Dalam tubuh manusia makanan diproses dalam suatu sistem pencernaan. 

Makanan diproses dalam tubuh melalui suatu sistem pencernaan. Terjadi kerjasama antar satu organ pencernaan dengan organ pencernaan yang lainnya yang kemudian akan membentuk suatu sistem pencernaan. Apabila terjadi masalah pada organ-organ pencernaan ini, maka sistem pencernaan tersebut dapat terganggu.

Fakta Sistem pencernaan Manusia


Pada saat makanan masuk melalui mulut maka proses pencernaan akan dimulai. Proses yang memecah makan lalu kemudian menjadi molekul yang kecil disebut dengan pencernaan.

Melalui pembuluh darah segala macam molekul makanan yang masuk akan diserap. Kemudian, dari darah tersebut molekul makanan akan masuk kedalam sel tubuh, lalu melewati membran sel.

Semua molekul makanan yang tidak dibutuhkan ataupun digunakan oleh tubuh akan dibuang melalui sistem ekskresi, seperti yang bisa kita ketahui produk keluar yakni keringat, urine ataupun uap air.

Sedangkan untuk berbagai molekul makanan yang tidak dapat dicerna disebut dengan feses dan akan dikeluarkan melalui anus dengan proses yang biasa disebut sebagai defekasi. 

Pencernaan makanan yang ada dalam tubuh manusia sendiri dapat dibedakan kedalam dua kelompok, yakni pencernaan kimiawi dan pencernaan mekanik.

Pencernaan mekanis adalah proses pencernaan dimana akan lebih kepada mengubah bentuk fisik dari bahan makanan. 

Sedangkan pencernaan kimiawi merupakan pencernaan yang lebih kepada mengubah sifat kimia dari bahan makanan dengan menggunakan enzim yang ada didalam tubuh manusia. 

Ada beberapa organ pencernaan pada manusia, diantaranya seperti mulut, kerongkongan, lambung usus halus, usus 12 (dua belas jari), usus kosong, usus besar, rektum, dan anus.


Selain fakta diatas, ternyata ada beberapa fakta lain yang unik dan menarik mengenai organ pecernaan manusia yang jarang diketahui oleh manusianya sendiri, padahal mereka yang memilikinya, malu dong sama makhluk yang lainnya. Maka dari itu agar kamu tidak malu bahkan dengan rumput yang bergoyang, mari kita baca fakta bersama-sama eh engga aku cuma nulis, dibawah ini.

Fakta 1 

Ukuran dari lambung bisa berubah bentuk, bentuknya dapat ikut sesuai dengan postur tubuh manusia ataupun banyaknya jumlah makanan yang masuk kedalamnya, ya kedalam lambung lah masa kedalam mulut, wkwk.

Fakta 2 

Rata-rata setiap manusia memakan makanan kira-kira sebanyak 500kg (lima ratus kilogram) makanan per tahunnya. Kira-kira kalau kita rapel gimana yak? sekali makan 500kg (lima ratus kilogram), wow waktu yang telah kita hemat dalam setahun ya kira-kira, kalau kita tidak mati.

Fakta 3

Apakah anda tahu, meski posisi kepala anda berada di bawah dan kaki anda berada di atas, makanan yang masuk kedalam mulut dan dikunyah akan tetap masuk ke dalam perut. Jika tidak percaya silakan anda peragakan, jika tidak maka anda tidak percaya.

Guys tiga fakta dulu ya om mau jumatan nih biar ganteng kata dadan, wkwk. Oya disini dapat makanan loh, lumayan bisa kalian praktekin untuk makan dengan posisi kepala dibawah dan kaki diatas.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar