Fakta Menarik dan Unik tentang Mata Manusia yang Belum diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Fakta Menarik dan Unik tentang Mata Manusia yang Belum diketahui Banyak Orang

Semangat27.com. Mata mempunyai fungsi yang utama yakni berfungsi sebagai indra penglihatan pada Manusia. Mata merupakan alat indra yang memiliki peran yang sangat penting dalam menerima rangsang dari sinar cahaya. 

Mata yang ada pada manusia memiliki bentuk agak kebulat-bulatan dengan adanya garis tengah yang berada sekitar 2,5 cm (dua koma lima centimeter). Bola mata yang ada pada manusia sendiri tersusun atas selaput mata yang memiliki sekitar tiga lapisan, yakni diantaranya ada selaput putih atau sklera, selaput hitam atau koroid, dan terakhir adalah selaput jala atau retina.

lapisan penyusun mata manusia


Selain fakta yang telah dituliskan diatas, ternyata masih ada lagi beberapa fakta yang menarik dan unik seputar mata yang dimiliki oleh manusia yang sangat wajib untuk Anda baca dan ketahui, yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber bacaan yang ada di internet.

Fakta 1
mata berkedip 15 ribu kali sehari

Pernah dilakukan penelitian tentang mata dan didapatkan hasil bahwa mata manusia akan mampu berkedip hingga sekitar 15.000x (lima belas ribu kali) dalam sehari. Namun jumlah yang ada ini sebenarnya sangat bergantung atau dipengaruhi sekali oleh performa dari manusia itu sendiri seperti beberapa faktor berikut yakni usia, sebab kita dapat ketahui sendiri bahwa semakin tua usia seseorang maka performanya akan turun sehingga jumlah dari kedipan matanya akan semakin berkurang.

Fakta 2 

Manusia memiliki bola mata dengan berat sekitar setengah dari berat suatu bola golf. Atau jika dihitung lagi, beratnya akan berada disekitaran 28 g (dua puluh delapan gram). 

Fakta 3 

Kornea merupakan satu-satunya jaringan yang ada pada manusia yang didalamnya tidak mengandung pembuluh darah. Dari gambar diatas kita bisa mengtahui bahwa kornea sendiri adalah semacam penutup transparan dari pupil dan iris. 

Fakta 4

bayi terlahir buta tidak ada air mata

Seluruh bayi yang lahir kedunia ini terlahir dalam keadaan buta. Bayi yang baru saja lahir ini tidak akan dapat menghasilkan air mata pada saat mereka menangis. 

Hal seperti ini terjadi dikarenakan kelenjar air mata yang ada belum secara keseluruhan berkembang, hingga bayi tersebut berusia sekitaran 2 (dua) bulan hingga 4 (empat) bulan lamanya. 

Fakta 5 

Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan, para pria akan lebih baik pada saat membaca hasil cetak suatu berkas jika dibandingkan dengan para wanita. 

Fakta 6 

Tes mata sering dilakukan untuk mendiagnosa adanya penyakit diabetes. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan itu menunjukkan suatu hasil bahwa penyebab utama dari kebutaan mata yang dialami oleh para warga Amerika merupakan penyakit diabetes. 

Fakta 7

mata tidak dapat ditransplantasi

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang tidak bisa ditransplantasikan, penyebabnya adalah saraf optik yang menjadi penghubung antara mata dengan otak sangatlah rapuh. Hingga saat ini masih belum ada seseorang yang berhasil dalam merekonstruksi organ mata ini. 

Fakta 8 

Di jaman terdahulu, banyak para pelaut yang yakin bahwasannya jika mereka menggunakan anting-anting yang terbuat dari emas makan mereka akan sanggup untuk meningkatkan kemampuan daya penglihatan yang mereka miliki. 

Fakta 9

air mata berasal dari kelenjar air mata

Air mata yang sering kita keluarkan sebenarnya berasal dari sesuatu yang disebut dengan nama kelenjar air mata, letak dari kelenjar air mata ini berada di atas mata. Pada saat mata berkedip, maka akan ada air mata yang akan keluar membasahi mata tersebut. Air mata ini memiliki fungsi agar mata yang kita miliki ini tidak kering, sekaligus berfungsi sebagai pembersih mata dari berbagai debu dan jenis kotoran yang menempel pada mata. 

Fakta 10 

Mata yang kita miliki secara otomati akan mengeluarkan air pada saat terjadi kekeringan, tidak hanya itu saja, otak kita pun juga akan secara otomatis merespon kekeringan semacam ini dengan memproduksi air tersebut secara ekstra.

Fakta 11 

Secara umum, seseorang akan memiliki kecepatan membaca pada layar monitor 25% (dua puluh lima persen) lebih lambat jika dibandingkan dengan kecepatan membaca tulisan yang ada pada suatu kertas.

Fakta 12

fokus lensa mata lebih cepat dari lensa kamera

Lensa mata memiliki kemampuan dalam memfokuskan cahaya yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan kemampuan memfokuskan cahaya yang ada pada lensa kamera apa pun. 

Fakta 13 

Korne mata pada manusia sangat mirip sekali dengan kornea mata yang ada pada hiu, sehingga terkadang kornea mata hiu dijadikan sebagai pengganti kornea mata pada manusia ketika dilakukan operasi mata.

Fakta 14 

Hewan ubur-ubur mempunyai lensa mata, retina dan kornea yang juga mirip dengan yang dimiliki oleh manusia manusia. Namun, mata yang ada pada ubur-ubur ini tidak dapat berfokus, sebab mata ubur-ubur hanya mempunyai sistem saraf cincin di sekitar daerah mulut mereka saja. 

Fakta 15 Mata memiliki waktu rata-rata dalam berkedip sekitar 12x (dua belas kali) per menitnya dan kedipan mata tersebut akan berlangsung sekitar waktu satu sepersepuluh detik. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa manusia lebih banyak menghabiskan waktu mata mereka dengan kondisi tertutup. 

Fakta 16

kemampuan penyembuhan diri mata sangat cepat

Mata merupakan organ yang memiliki waktu penyembuhan diri yang cepat, pada saat mata mengalami luka. Suatu goresan luka pada kornea yang telah diobati akan mulai sembuh menjadi seperti semula hanya dalam waktu sekitar 48 (empat puluh delapan) jam saja. 

Fakta 17 

Mata pada manusia sanggup mendeteksi sekitar 10 jt (sepuluh juta) macam warna, namun mata tetap saja tidak bisa melihat cahaya dari sinar inframerah dan ultraviolet. Hal seperti ini sangat berbeda dengan berbagai jenis serangga yang bisa melihat cahaya dari sinar ultraviolet dengan sangat baik. 

Fakta 18 

Berdasarkan pada penelitian yang pernah dilakukan, semua mata yang ada sebernarnya berwarna cokelat. Namun, dalam kurun waktu sekitar 10.000 (sepuluh ribu) tahun yang lalu, terjadi adanya perubahan pada tubuh manusia. 

Perubahan tersebut telah mengakibatkan adanya perubahan pada produksi pigmen melanin. Karenannyalah muncul adanya mata yang berwarna biru. 

Fakta 19

asal usul mata sipit

Mata berbentuk sipit muncul oleh sebab adanya suatu lipatan epicanthal dalam kelopak mata pada bagian atas. Asal-usul sumber dari lipatan epicanthal ini hingga saat ini masih misteri. 

Para peneliti menduga atau membuat hipotesis bahwa lipatan epicanthal ini adalah cara dari tubuh manusia beradaptasi dengan kondisi alam yang ada disekitarnya. Contoh seperti seseorang yang hidup di lingkungan wilayah yang memiliki pancaran sinar Matahari yang sangat terik.

Nah itulah dia artikel kali ini, jika anda memiliki fakta lain silakan berkomentar dibawah, dan terima kasih untuk mbak karin yang telah merequest artikel kali ini. Untuk anda yang ingin juga dicarikan artikel seperti ini langsung saja spam komend dibawa dan hubungi nomor WA 089617924711. Bye bye semoga bermanfaat

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar