5 Jenis Kopi Termahal dan Paling Berkualitas di Dunia

Print Friendly and PDF 0 Viewers
5 Jenis Kopi Termahal dan Paling Berkualitas di Dunia - Sekarang ini kopi sudah jadi minuman favorit berbagai kalangan baik dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Minuman ini bahkan dianggap wajib bagi beberapa kalangan. Wangi segelas kopi yang bercampur dengan manisnya gula, panas ataupun dingin, kopi tetap nikmat. Apalagi jika dinikmati bersama makanan ringan untuk teman bersantai bersama teman, kopi benar-benar jadi salah satu pilihan utama untuk pelengkap aktifitas kita.

Kopi merupakan jenis minuman yang sebelumnya berasal dari proses yang panjang seperti pengolahan dan ekstraksi biji dari tanaman kopi. Kata kopi sendiri sebenarnya berasal dari "qahwah" (bahasa Arab) yang memiliki arti "kekuatan", sebab di awal pembuatan kopi berguna sebagai minuman yang memiliki energi tinggi. Kata "qahwah" kembali mengalami perubahan menjadi "kahveh" yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah menjadi "koffie" dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie ber-transformasi ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata "kopi" yang dikenal sampai saat ini. Jika dilihat secara umum, ada 2 (dua) jenis biji kopi, yakni Arabika yang rumornya memiliki kualitas terbaik dan  Robusta.

Dalam sejarah tercatat bahwa kopi ditemukan sebagai minuman yang memiliki khasiat dan energi. Pertama kali kopi ini ditemukan sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika. Waktu demi waktu kopi kemudian terus saja berkembang hingga menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang juga dikonsumsi oleh berbagai macam kalangan masyarakat. Di samping kopi memiliki rasa dan aroma yang menarik, kopi juga bisa digunakan untuk menurunkan risiko terkena berbagai jenis penyakit seperti diabetes, batu empedu, kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler atau jantung.

Langsung saja kita bahas mengenai 5 Jenis Kopi Termahal dan Paling Berkualitas di Dunia. Meski harganya bisa dikatakan mahal, tapi ini semua tentunya sebanding dengan kualitas yang dimiliki oleh kopi-kopi ini yang mempunyai kualitas terbaik. Anda merupakan seorang pecinta kopi sejati? Maka kami sarankan anda patut untuk mencoba beberapa kopi yang ada dibawah ini.

Kopi Luwak - Indonesia.

Kopi Luwak - Indonesia.

Bangsa kita boleh bangga dengan yang satu ini, karena Kopi Luwak adalah "Kopi Paling Mahal di Dunia". Kopi Luwak diproduksi dari biji kopi yang telah dimakan dan dicerna oleh binatang bernama luwak. Kemasyhuran kopi ini telah ke seluruh dunia. Bahkan di Amerika Serikat, terdapat kafe atau kedai yang menjual kopi luwak (civet coffee) dengan harga yang sangat mahal. Biji-biji kopi yang telah melalui saluran pencernaan luwak ini bisa mencapai harga : $160 per pon atau Sekitar 3 juta rupiah perkilonya.

Kepopuleran kopi ini diyakini karena mitos pada masa lalu, ketika perkebunan kopi dibuka besar-besaran pada masa pemerintahan Hindia Belanda sampai dekade 1950-an. Di mana saat itu masih banyak terdapat binatang luwak sejenis musang. Kopi luwak asli dari Lampung Barat, Luwak atau lengkapnya musang luwak, suka mencari buah-buahan yang cukup baik dan masak termasuk buah/biji kopi sebagai makanannya. Luwak akan selalu memilih buah kopi yang memang benar-benar sudah masak sebagai makanannya, dan sesudahnya, biji kopi yang tadinya sudah dimakan akan tetap terlindungi oleh kulit keras sehingga tidak tercerna dan akan keluar bersama dengan kotoran luwak. Biji kopi yang seperti ini, dimasa yang lalu sering kali diburu pleh para petani kopi, sebab mereka yakin bahwa biji kopi yang terbaik merupakan biji kopi yang berasal dari proses fermentasi secara alami seperti yang terjadi didalam perut luwak. Dan konon, rasa kopi luwak ini memang benar-benar berbeda dan spesial di kalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Kopi “Hacienda La Esmeralda” – Boquete, Panama.

Kopi “Hacienda La Esmeralda” – Boquete, Panama.

Kopi Hacienda La Esmeralda’s tumbuh di Boquete, Panama. Kopi yang satu ini sangat populer bahkan di seluruh dunia karena memiliki rasa yang sangat nikmat. Perlu diketahui bahwa sebagian besar dari Kopi jenis ini pembudidayaannya dilakukan di bawah naungan pohon-pohon jambu biji. Anda bisa menikmati kopi jenis ini dengan harga sekitar $104 per pound atau sekitar 2 juta rupiah untuk setiap kilo kopi ini.

Kopi “Island” Dari St Helena Coffee Company - Pulau St Helena.

Kopi “Island” Dari St Helena Coffee Company - Pulau St Helena.

Pulau St Helena berada sekitar 1.200 mil di lepas pantai Afrika. Pulau St Helena adalah tempat utama tumbuhnya kopi jenis ini. Kopi ini dipopulerkan oleh Napoleon Bonaparte yang membawa benihnya untuk diperkenalkan ke masyarakat prancis hingga akhirnya terkenal di dunia. Anda dapat menikmati kopi ini dengan harga : $79 per pon atau atau sekitar 1,5 juta perkilonya.

Kopi “El Injerto” – Huehuetenango, Guatemala.

Kopi “El Injerto” – Huehuetenango, Guatemala.

kopi El Injerto berasal dari wilayah Huehuetenango, Guatemala. Dan pada tahun 2006 kopi jenis ini pernah mendapatkan Piala of Excellence karena kualitasnya. Anda bisa menikmati kopi yang satu ini dengan harga sekitar $50 per pon atau sekitar Rp 470.000 untuk setengah kilonya.

Kopi “Fazenda Santa Ines” – Minas Gerais, Brazil.

Kopi “Fazenda Santa Ines” – Minas Gerais, Brazil.

Brazil dianggap oleh sebagian orang sebagai salah satu negara yang menghasilkan produk kopi terbaik dalam sejarah, kopi yang satu ini merupakan kreasi terbaik oleh Cafe Artigiano, yakni sebuah kafe yang terkenal di Kanada dan memili dua cabang kedai kopi lagi yang lainnya yang berada di Australia. Anda bisa menikmati kopi ini dengan harga : $50 per pon atau sekitar 940 ribu rupiah perkilonya.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba salah satu dari kopi-kopi termahal itu? Selamat ber-NGOPI ria! :D

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar