Fakta Unik tentang ikan Piranha, sang Predator yang berasal dari Amerika Selatan

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Fakta Unik tentang ikan Piranha, sang Predator yang berasal dari Amerika Selatan.

semangat27.com - piranha sering disebut sebagai jenis ikan air tawar yang ganas, karena sifatnya sebagai pemakan daging (karnivora).

Jika anda mendengar tentang ikan pemangsa, pasti Anda sudah familiar dengan keganasan sang  predator tersebut. Piranha memiliki gigi yang tajam dan naluri memangsa yang tinggi, sehingga menjadi salah satu jenis ikan yang ditakuti.

Tetapi apakah keganasan piranha  sama seeprti apa yang di ceritakan oleh orang orang tersebut di dunia nyata?Berikut ini beberapa fakta unik tentang ikan piranha yang perlu Anda ketahui.

 1. Citra buruk piranha berawal dari tulisan Theodore Roosevelt

Kesan mengerikan dan keganasan dari ikan piranha pertama kali ditulis oleh sang mantan Presiden Amerika Serikat, Theodore Roosevelt, dalam bukunya yang berjudul Through the Brazillian Wilderness.

Buku tersebut menceritakan perjalanan sang mantan presiden ke Amerika Selatan pada tahun 1913, dimana pada waktu itu Roosevelt bertemu dengan beberapa spesies ikan piranha.

Pada saat Roosevelt melakukan perjalanan ke Amazon, Brasil, pada tahun 1913, warga setempat ingin menunjukan sebuah pertunjukan untuk mantan presiden Amerika Serikat tersebut.

Penduduk sengaja mencburkan seekor sapi hidup ke dalam sungai yang berisi ikan piranha. Ikan-ikan ini sebelumnya sengaja ditangkap dan dibiarkan kelaparan.

Ketika sapi masuk ke dalam air, ikan piranha yang kelaparan tersebut segera memangsa sapi dengan giginya yang tajam hingga menyisakan hanya tulang.

Di dalam bukunya, Roosevelt menyebut bahwa ikan piranha merupakan mesin pembunuh yang sempurna. Ikan ini dianggap lebih mengerikan dibandingkan ikan predator lainnya seperti ikan hiu dan ikan barracuda.

Ikan piranha juga diketahui mampu memutilasi orang yang sedang berenang di sungai atau hewan besar yang tengah terluka.

 2. Tempat hidup(Habitat) alaminya di  Negara Amerika Selatan



Habitat alami ikan piranha adalah sungai-sungai di Negara  Amerika Selatan. Piranha banyak ditemui di sepanjang sungai Orinoco di Venezuela hingga dengan sungai Parana di Argentina.

hingga sekarang diperkirakan terdapat sekitar tiga puluh jenis spesies ikan piranha yang hidup di danau dan juga sungai di Amerika Selatan.

Ikan piranha juga diprediksi sudah menghuni sungai-sungai di negara Amerika Selatan sejak jutaan tahun yang lalu. Fosil piranha membuktikan bahwa sang pemangsa tersebut mulai menempati sungai di daerah Amerika Selatan sejak dua puluh lima  juta tahun yang lalu.

 3. Gigi piranha kuat dan tajam, namun bisa dilepas 

Nama “piranha” yang asal katanya dari Bahasa Suku Tupi, suatu suku yang hidup di Brazil. Piranha sendiri berarti “ikan bergerigi.” Hal ini sesuai dengan karakteristik ikan tersebut yang tajam dan mengerikan.

Piranha juga terkenal sebagai jenis ikan yang memiliki gigit kuat dan tajam disertai gigitan tiada henti pada mangsanya. Bentuk gigi ikan piranha sering disamakan dengan pisau yang tajam. Bentuk gigi dari piranha juga sesuai dengan pola makan dari ikan tersebut.

Struktur gigi piranha sebenarnya mirip dengan gigi ikan hiu, sehingga seringkali pinraha kehilangan gigi disepanjang hidupnya. 

4. Piranha hanya mau memakan bangkai manusia, tidak mau manusia hidup 

Apa yang dilihatkan dalam film, Piranha sebenarnya hanyalah cerita yang di lebih lebihkan. Sebenarnya piranha tidak akan memakan manusia yang sehat dan hidup.

Pendapat bahwa ikan piranha dapat memakan manusia yang hidup mungkin hanya mitos belaka. Memang dulu pernah ditemukan segelintir kasus piranha memakan manusia di Amerika Selatan, tetapi biasanya korban sebelumnya telah tenggelam atau meninggal terlebih dahulu sebelum menjadi santapan piranha.

Menurut penelitian, dibutuhkan sekitar tiga ratus hingga lima ratus ikan piranha untuk memakan daging manusia sebesar seratus delapan puluh kilogram hanya dalam waktu sekitar 5 menit. 

5. Piranha umumnya pemakan daging, namun ada juga yang vegetarian

Makanan piranha umumnya adalah serangga, ikan, udang, cacing bangkai, dan biji-bijian. Jikalau sumber makanan berkurang, piranha juga dapat menjadi pemangsa sesama piranha lainnya, baik yang masih hidup maupun yang sudah sudah menjadi bangkai.

walaupun piranha dikenal sebagai ikan pemakan daging,akan tetapi ada juga beberapa jenis piranha yang memakan biji-bijian dan tanaman.

 6. Piranha akan menyerang hanya jika diganggu 

Piranha memang terkenal suka menyerang manusia, akan tetapi sesungguhnya ikan tersebut hanya menyerang hanya jika diganggu.

Biasanya, ikan piranha akan menyerang para penyelam jika tinggi permumukan air sungai menurun, mangsa mulai berkurang, atau ada yang mengganggu telur mereka. 

Dengan demikian, jika seseorang berada pada kondisi dimana ikan piranha merasa lapar atau merasa terancam, maka piranha akan menjadi lebih agresif dan bisa saja menyerang manusia.

 7. Ikan piranha mampu menggonggong 

Salah satu keunikan dari ikan satu ini adalah bisa mengeluarkan tiga suara khas untuk memperingatan lawannya. Apabila terancam oleh ikan lain, piranha akan mengeluarkan suara layaknya gonggongan anjing. 

Pada saat tengah bertarung dengan ikan lain, piranha juga akan mengeluarkan suara mendengus atau bunyi gedebug yang dihasilkan oleh swimbladder.

Apabila lawannya tidak mundur, maka piranha akan menggertakkan gigi-giginya dan mengejar musuhnya tersebut

8. Menyerang mangsa di bagian ekor atau mata

Di sebuah penelitian yang dilakukan ditahun 1972, disebutkan bahwa piranha merah buncit menyerang mangsanya di bagian ekor atau mata

Menurut para peneliti, tingkahlaku ikan piranha ini adalah strategi menyerang yang efektif untuk melumpuhkan mangsanya.

ya itulah dia beberapa fakta unik tentang ikan piranha,sang predator dari amerika selatan,semoga bermanfaat dan jangan lupa balik lagi.


created by;SYAA

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar