Juknis Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP Resmi

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Juknis Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP Resmi - Artikel ini ditujukan untuk anda para pencari juknis gala siswa indonesia 2021 atau bisa untuk anda pencari juknis gala siswa indonesia 2020juknis gala siswa 2019.

GSI atau kepanjangan dari Gala Siswa Indonesia 2021 antar pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebentar lagi akan segera dilaksanakan. 

Gala Siswa Indonesia merupakan amanah dari Presiden Republik Indonesia dalam Rapat Terbatas pada selasa, 24 Januari 2017 tentang percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Yang mana perhelatan ini akan digelar oleh pihak Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal akan menjalin kerjasama dengan pihak Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).


Apa Itu GSI?

Gala Siswa Indonesia (GSI) adalah wadah bagi para peserta didik untuk dapat mengembangkan minat, bakat dan prestasi dalam bidang persepakbolaan yang didukung dengan cara pembinaan kegiatan ekstrakulikuler di lingkungan sekolah. 

Penyelenggaraan Gala Siswa Indonesia (GSI) biasanya sangat dinanti dan diminati oleh para peserta didik yang memiliki kecintaan terhadap sepakbola. Sehingga nantinya acara ini mampu menghidupkan serta menumbuhkan atmosfir pertandingan sepakbola mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional.

Berdasarkan pada data Partisipasi Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2020, ada sejumlah 9.462 peserta didik yang ikut bertanding. Mereka berasal dari 932 sekolah yang merupakan perwakilan dari 464 Kecamatan, 104 Kabupaten/Kota, 30 Provinsi. 

Pada Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2020 telah digelar sekitar 16 pertandingan tingkat nasional. Sementara untuk tingkat dibawahnya seperti tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten/Kota, dan tingkat Provinsi hanya melakukan seleksi daring atau online. Para peserta didik yang mengikuti seleksi daring ini diharuskan untuk mengirimkan video seleksi sesuai dengan ketentuan juknis gala siswa indonesia 2020 dari panitia Pusat Prestasi Nasional.

Petunjuk Teknis (JUKNIS) Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP Resmi

Petunjuk Teknis atau Juknis Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP merupakan pedoman untuk panitia, peserta didik, pelatih, asisten pelatih, tim pemandu bakat, dan pihak terkait lainnya yang disusun demi menjamin pelaksanaan Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP terselenggara dengan baik terutama Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) Tingkat Nasional yang digelar secara luring atau offline seperti tahun sebelumnya meski di masa pandemi.

Dalam juknis gala siswa indonesia 2021 telah disebutkan Penyelenggaraan Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP akan dilaksanakan dalam 2 sistem, yaitu: 

  • 1) Secara daring (online) untuk tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten/Kota, dan tingat Provinsi;
  • 2) Secara luring (offline) untuk tingkat Nasional.

Untuk sistem daring (online) sendiri terdiri dari 2 tipe, yakni gala siswa indonesia daring sinkron dan daring asinkron.

  • Daring sinkron : tipe daring realtime yang terhubung di dalam waktu yang sama dan seketika. Contohnya : menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Google Meet, dll. 
  • Daring asinkron : tipe daring tidak realtime yang tidak terhubung di dalam waktu yang sama dan seketika (tertunda). Contohnya : menggunakan video yang dapat diunduh, Youtube, Whatsapp, dll. 

Penggunaan tipe daring sinkron lebih dikhususkan dalam kebutuhan bidang-bidang tertentu.

  • Sistem luring (offline) : sistem bertemu secara lansung atau tidak menggunakan jaringan internet (hanya Tingkat Nasional), dengan mengikuti training centre dan pertandingan internal selama empat belas hari yang dilakukan oleh Panitia Nasional Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP di kota penyelenggara yang telah ditunjuk oleh Panitia Tingkat Nasional. 

Mekanisme pelaksanaan Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP dilakukan secara berjenjang mulai dari seleksi di tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Nasional.

Selengkapnya tentang juknis gala siswa indonesia 2021 SMP | download
Surat Keterangan Sekolah Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP | download
Surat Pernyataan Siswa Gala Siswa Indonesia 2021 (GSI) SMP | download

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar