Apa Itu Akun Spam/Bot? Penyebab Elon Musk Tunda Beli Twitter?

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Apa Itu Akun Spam/Bot? Penyebab Elon Musk Tunda Beli Twitter? - Elon Musk tunda beli Twitter gara-gara akun bot? 

Perselisihan Elon Musk dan Twitter terkait kesepakatan pembelian berujung pada terancam dibatalkannya rencana akuisisi Twitter oleh Musk. Usut punya usut, permasalahan ini dipicu oleh dugaan pernyataan palsu pihak Twitter terkait jumlah akun bot. 

Hmm, apa sih sebenernya akun bot itu? Yuk kulik lebih dalam tentang akun bot melalui #CfDSDiginow di atas! #digitalsociety #digital #infografik #elonmusk #elon #tesla #twitter #twitterindonesia #twitterreceh #twittermemes #twitterquotes

Bos Tesla, Elon Musk, menyampaikan pembatalan rencana pembelian Twitter melalui kuasa hukumnya. Hal ini terjadi setelah Elon Musk dan Twitter berselisih mengenai jumlah akun bot/spam di dalam platform tersebut.

Twitter mengklaim total akun bot/spam di platformnya hanya 5% dari total pengguna aktif yang bisa dimonetisasi. Elon Musk pun meminta Twitter membuktikan klaim ini, karena menurut hasil analisis pihaknya, terdapat 20% total akun bot/spam yang beredar atau 5x lipat dari klaim Twitter. 

Elon Musk pada akhirnya menganggap Twitter gagal dalam membuktikan dan memberikan rincian informasi terkait data tersebut. 

Lantas, apa itu akun bot? 

Dalam konteks media sosial, bot mengacu pada program yang menjalankan tugas secara otomatis dengan meniru aktivitas pengguna (Hardiansyah, 2022).

Sementara akun bot di Twitter merujuk pada akun tidak autentik yang meniru cara manusia sungguhan menggunakan Twitter sehingga dapat melakukan tweet, retweet, mention, hingga membagikan informasi tertentu secara otomatis (Frenkel, 2022; Athallah, 2019). 

Beberapa akun ini diotomatisasi menggunakan program, tetapi ada pula yang dioperasikan oleh pihak-pihak dengan tujuan tertentu.

Jika dimanfaatkan dengan baik, ada banyak bot yang memudahkan pengguna, seperti bot untuk melakukan screenshot dan menyimpan video secara otomatis. Sayangnya, ada pula oknum yang menyalahgunakan bot untuk mengirim pesan spam berisikan ujaran kebencian hingga penipuan. 

Akun bot seperti inilah yang disoroti oleh Elon Musk sejak lama dan mendorong Twitter untuk memperkecil jumlah akun bot/spam yang berdampak negatif.

Kalau Smart People bagaimana, pernahkah menggunakan bot di Twitter? 

Sumber: BBC, New York Times, Bloomberg, Remotivi, Kompas, Tempo

Sumber : https://www.instagram.com/p/CgjT1YqPjx1/

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar