Ide Konsep Membuat Channel Youtube (ColorMe - Aimchuan)

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Ide Konsep Membuat Channel Youtube (ColorMe - Aimchuan) - Selamat malam para pembaca setia semangat27.com dan selamat malam juga diriku di masa depan. Dalam artikel kali ini tertulis tentang konsep bagaimana cara memproduksi konten video youtube untuk channel ColorMe - Aimchuan.

Artikel ini sendiri dibuat sebagai pengingat karena kesadaran diri yang sering kali lupa tentang konsep yang sebelumnya telah dibuat. Harapannya dengan artikel ini bisa membuka kembali memori yang sebelumnya ada, sehingga jika pada saat momen ingin memulainya kembali dapat lebih mudah karena telah memiliki panduan yang tertulis dalam artikel ini.

Artikel ini juga dibuat publik dengan maksud berbagi. Karena kita tidak tahu konsep ini akan berjodoh dan mendapatkan hasil yang maksimal dengan siapa, bisa saja ini berjodoh rejeki dengan anda. Sehingga melalui ini bisa menjadi ladang pahala untuk penulis. Aamiinn

Latar Belakang Pembuatan Konsep Channel Youtube

Channel Youtube ColorMe - Aimchuan merupakan channel menggambar sederhana secara bertahap untuk pemula. Awalnya ide channel ini muncul dari saran video 'rekomendasi konsep membuat niche channel youtube yang sederhana' yakni tentang channel menggambar untuk anak-anak.

Kebetulannya, tidak jauh dari waktu itu, penulis juga memiliki keinginan untuk bisa menggambar dan menemukan aplikasi belajar menggambar yang sangat nyaman. Sebagai gambaran, berikut penulis perlihatkan salah satu video dari channel ColorMe - Aimchuan

Aplikasi tersebut termasuk aplikasi gratis download akan tetapi untuk beberapa fitur kontenya termasuk kedalam premium akses yang memerlukan biaya jika ingin membukannya. Meskipun demikian, aplikasi ini memiliki fitur lain yakni daily task yang isinya berbeda-beda dan tak jarang menampilkan fitur konten yang premium akses, jadi selagi kita rajin mengikuti daily taks ini maka kita bisa menikmati konten premium akses.

Dari niat itulah penulis ingin mendokumentasikan setiap konten premium akses yang ada didalam aplikasi tersebut, dan karena penyimpanan penulis terbatas, akhirnya diputuskan untuk membuat channel youtube yang berisi rekaman ketika mengikuti daily task.

Produksi Pembuatan Video Channel Youtube

Alat yang digunakan andricuan27

Langkah-langkah produksi

  • aplikasi editing : Capcut
  • backsound : https://youtu.be/04qy6i9mKRA

  1. merekam kegiatan menggambar
  2. import pada capcut, mute suara
  3. potong disetiap start - end tutorial tahapan
  4. copy setiap stat - end untuk hook intro video
  5. sesuaikan hook intro dengan backsound hingga 6s
  6. insert teks opening : 'Today we will draw ...' (sesuaikan dengan judul pada aplikasi belajar menggambar). animasi masuk (mengekspos ke kanan), animasi keluar (Cair)
  7. insert teks tahapan : 'Step n' tepat di end tutorial tahapan hingga pencil mulai menggambar. animasi masuk (rol masuk/muncul), animasi keluar (kabur)
  8. insert teks closing tepat saat pensil terakhir diangkat : 'Yeay finished, thank your for watching until the end'. animasi masuk (mengekspos ke kanan), animasi keluar (Cair)
  9. sesuaikan backsound, versi normal menggunakan perulangan 0:28 - 1:18, lalu menjelang ending tarik potongan 1:18 hingga akhir, jika tidak pas maka percepat atau perlambat potongan diantara dua tutorial tahapan.
  10. versi cepat panjang video menyesuaikan backsound, dengan mempercepat setiap potongan diantara dua tutorial tahapan.
  11. tambahkan sound effect cherring and applause di teks closing
  12. eksport

video versi cepat dibuat dengan mengimport video editing versi normal yang telah dieksport. Kemudian eksport video versi cepat akan diimport untuk membuat vertical video untuk short (bisa menambah subscriber), tiktok dan instagram.

Vertical Video

  1. import video versi cepat
  2. ubah ratio ke 9:16
  3. tambahkan overlay dengan video versi cepat lagi
  4. perbesar video background hingga full screen vertical, mute suara
  5. perbesar video overlay hingga full screen horizontal
  6. beri filter > sesuaikan video background : kecerahan -25, cahaya -25, pudar 100. kemudian ganti opasitas ke 50
  7. eksport

Ketentuan Upload

karena menggunakan bahasa inggris maka menggunakan bantuan chat gpt dengan prompt :

  • 'buatkan dalam bahasa inggris judul, deskripsi dan tagar video youtube yang seo friendly tentang menggambar secara bertahap ... untuk pemula'.

setelah muncul hasil, 

  • 'pisahkan tagar dengan koma'

urutan deskripsi video youtube :

Gear :

Judul (link full video on description)

watch full video : link youtube editan versi cepat

deskripsi

tagar tanpa koma

urutan deskripsi video tiktok:

  • versi 1 menit

judul (full video on youtube, link in bio)

tagar tanpa koma

  • versi full tapi ganti backsound (vlog, chill out, calm daily life(1370843) karena kena mute

judul (others video on youtube, link in bio)

tagar tanpa spasi

  • beri link versi cepat youtube di komentar masing-masing

Story IG untuk sorotan :

  • upload vertical version
  • split di 1 menit
  • beri link video versi cepat youtube dengan caption link 'WATCH FULL VIDEO'

Demikian lah untuk dokumentasi konsep channel youtube colorme - aimchuan, semoga bermanfaat dan berjodoh rekeji, aamiinn.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar