Sambil Menyelam Minum Kopi

02.35

Baca Juga

Sambil Menyelam Minum Kopi - Seperti kata pepatah sambil menyelam minum Kopi, setelah sebelumnya sudah berniat "mau njebur, ya njebur sekalian" mengganti domain semangat27.blogspot.com menjadi semangat27.com kini saya putuskan untuk memulai start mengerjakan tugas PPSMB hari ke-1.
Pada awalnya melihat tugas PPSMB yang banyak perasaan saya jadi campur aduk. Mungkin karena efek lama liburan, maklum baru mentas SMA dan masuk kejenjang yang lebih tinggi yakni Universitas. Perasaan leha-lehe alias males datang setiap mengingat wajahnya, eh maksud saya setiap mengingat tugas yang begitu banyak. Namun mau sampai kapan saya menunda hal itu, ibarat cucian kotor makin ditumpuk makin banyak?



Menemukan sesuatu

Entah kenapa setelah melihat video sambutan Rektor UGM dan sambutan Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM hati saya menjadi senang, semangat bahkan tersenyum bangga.
"Anda adalah pionir, insan pilihan, barangkali hanya 1 diantara 1.000.000 penduduk Indonesia yang berhasil menduduki posisi untuk masuk di Universitas Gadjah Mada. Oleh karena itu sudah kami siapkan berbagai program untuk mengasah anda agar benar-benar menjadi pemimpin ataupun pionir dengan jiwa socio entrepreneur yang tentunya berdasarkan nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai pancasila."
Setelah melihat kedua video tersebut saya putuskan untuk mengerjakan tugas ini dengan perasaan senang, bersemangat dan penuh rasa bangga.

Sebenarnya judul diatas hanya sebagai pemanis saja, sedangkan isi dari artikel ini adalah ungkapan hati saya saja. Semoga bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi kalian teman-teman 1 angkatan saya.

Sebelum saya tutup, bagi yang belum tahu Sebagai universitas tertua dan terbesar di Indonesia, UGM yang memiliki 18 Fakultas dan 2 Sekolah (Pascasarjana dan Sekolah Vokasi), mempunyai 5 jati diri sebagai berikut : 1. Universitas Nasional; 2. Universitas Perjuangan; 3. Universitas Kerakyatan; 4. Universitas Pancasila; dan 5. Universitas Pusat Kebudayaan.

Mungkin itu dapat menjadi jawaban dari Sebutkan 5 Jati Diri Universitas Gadjah Mada dan berikan contoh implementasi nyata yang sudah UGM terapkan sesuai dengan jati diri tersebut sesuai dengan yang Anda ketahui dan pelajari! Namun untuk implementasinya anda bisa cari sendiri, setelah itu tuliskan sesuai dengan gaya anda.

Namun untuk saya sendiri beranggapan bahwa salah satu implementasinya adalah melalui Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Berprestasi (PPSMB) UGM dimana pelatihan ini merupakan fase awal pembentukan dan pengembangan kepribadian mahasiswa dalam menghayati nilai-nilai kegadjahmadaan yakni yang tidak lain adalah jati diri UGM itu sendiri.

Bukan hanya itu saja  dalam keberlangsungan PPSMB ini ada beberapa hal yang menjadi harapan

Revitalisasi Nilai-Nilai dan Konsep Kebangsaan
Realisme tanpa adanya nilai-nilai ideal akan dapat menjadikan orang hidup tanpa martabat. Fase penanaman nilai dalam PPSMB merupakan hal yang penting bagi para mahasiswa baru / Gamada. Dan bukan seberapa banyak nilai-nilai positif yang bisa kita ucap, tapi sebrapa banyak nilai yang mampu kita salurkan dan jewantahkan dalam PPSMB ini. Idealnya PPSMB ini mampu memupuk dan memberikan pemahaman secara komprehensif.

PPSMB sebagai batu pijakan mencetak pemimpin bangsa
Tak bisa dipungkiri, bahwa UGM memiliki cita – cita mencetak sebanyak – banyaknya pemimpin bangsa yang ditempatkan di berbagai ranah, sebagaimana alumni yang bekerja baik di perusahaan, pemerintahan dan lainnya.

PPSMB dan solusi persoalan bangsa
PPSMB bukanlah barang Cuma-Cuma,  PPSMB adalah sebuah wadah yang mampu mengisi apa saja yang menjadi dasar kebutuhan setiap mahasiswa. Meyakini bahwa PPSMB merupakan ladang kebaikan dan ladang perjuangan dalam menciptakan karakter penerus bangsa yang memiliki nilai dan semangat kegadjahmadaan.
“Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan"
Hidup Mahasiswa Indonesia!
Hidup Rakyat Indonesia !
Tambahan satu lagi Mengenal Jas Almamater UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai salah satu almamater tertua di Indonesia (berdiri 19 Desember 1949 bertepatan dengan setahun Agresi militer Belanda 19 Desember 1948 dengan rektor pertama Prof.dr. Sardjito) memiliki warna jas almamater yang sedikit berbeda dengan yang lain.

Coba sebutkan warna jas UGM? Bingung bukan? Kuning tidak, hijau tidak, cream juga bukan…

Lantas apa warnanya? Banyak sependapat tentang warna jas almamater UGM yaitu berwarna perjuangan. Sesuai jati diri yang kedua yakni universitas perjuangan

Bisa saja waktu dulu, jas almamater UGM menggunakan model dan warna seperti jas bangsawan agar tampak elite. Namun anak-anak kampus Bulaksumur (sebelumnya cah Keraton) prihatin terhadap nasib bangsa Indonesia yang begitu menyedihkan, sampai-sampai karung goni digunakan sebagai pakaian sehari-hari. Akhirnya dipilih jas sederhana dengan warna mirip karung goni. Selain itu, pemilihan warna jas seperti warna seragam perjuangan tentara Indonesia waktu itu. Tidak eksklusif dan tidak berbeda.

Perjuangan dan kerakyatan adalah makna yang tertuang dalam Jas Almamater UGM yang merupakan kampus perjuangan.
Walaupun warna jas terlihat “buthek” seperti karung goni dan tidak sejelas warna kuning, biru, merah, atau warna-warna lainnya, orang yang menghina warnanya bisa langsung diam tak berkutik jika tahu makna dan filosofi pemilihan warna Jas Almamater UGM.

Mungkin itu tambahan implementasi dari saya, kalau untuk teman-teman sendiri seperti apa implementasinya? mungkin bisa menjadi referensi bagi teman-teman kita yang masih bingung atau kesulitan tentang implementasinya. tulis dikomentar yah pendapat kalian

sumber :
http://ppsmbforgamada.blogspot.com/
http://bayupanji.tumblr.com/post/86169246422/menyongsong-gamada-mencari-titik-temu-jati-diri
http://kanalku.blogspot.com/2015/01/mengenal-jas-almamater-ugm.html
Previous
Next Post »

10 komentar

  1. Hai, salam kenal. Saya juga peserta PPSMB UGM 2015.
    Bolehkah saya menggunakan artikel-artikel yang kamu post di sini untuk menjawab soal penugasan PPSMB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan saja, namun artikel disini jangan dijadikan patokan dasar sebab ini hanya gambaran kasar saja. belum tentu terbukti kebenarannya. silahkan jadikan ini sebagai referensi saja dan jgn lupa cross cek ulang.
      senang bisa membantu, btw dari prodi apa?

      Hapus
    2. Iya, terima kasih, artikelnya sangat membantu. Saya D3 Akuntansi Sekolah Vokasi, kalau kamu?

      Hapus
    3. Min, kamu udah bikin emai & web/blog UGM belum? Aku nggak tau cara bikinnya nih. Bingung juga soalx belum dapat KTM.

      Hapus
    4. sudah. untuk caranya simpel ko. Coba kamu koordinasi sama kakak tingkat yang bisa dihubungi, biasanya per fakultas ada

      Hapus
    5. ini aku cara nulis sitasinya atas nama kmu gimana min? namamu siapa dan tahun berapa tulisan ini diposting?

      Hapus
  2. minta ijin untuk bahan referensi mengerjakan tugas ppsmb ya min, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo tp jdilkan hanya sbagai referensi saja sebab tulisan ini belum tentu benar karena hanya pendapat semata. jangan lupa juga mencantumkan sumber

      Hapus
  3. Min minta izin buat perbandingan boleh? Terimakasih

    BalasHapus