Hal yang Patut untuk Kita Catat dari Keteladanan Leadership Rasulullah SAW

09.00

Baca Juga

Hal yang patut untuk kita catat dari keteladanan leadership Rasulullah SAW - Setiap orang selalu mengharapkan kesuksesan di dalam kepemimpinannya. Dan prestasi puncak dari seorang pemimpin adalah ketika ia berhasil untuk menjadikan dirinya lebih baik dan mampu menjadi sosok teladan bagi para pengikutnya, juga berhasil pula dalam menciptakan sebuah kondisi yang memungkinkan para pengikutnya mendapatkan aspirasinya.

Untuk itulah, menjadi seorang teladan yang mulia dari berbagai macam sikap yang mulia, akan mampu melahirkan sesosok pemimpin yang sangat menjadi dambaan seluruh rakyat, sehingga meskipun usia dalam kepemimpinannya sudah berakhir, akan tetapi sikap mulia yang berasa didalam masa kepemimpinannya itu akan selalu hidup di tengah-tegah masyarakat. Sikap yang mulia dari seorang muslim yang patut kita contoh tidak lain tidak bukan adalah seorang pemimpin besar yang sangat sukses yakni Muhammad bin Abdullah, yang hingga detik ini terus menjadi satu-satunya pemimpin yang besar di sepanjang sejarah umat manusia.

Dari berbagai hal diatas, ternyata Rasulullah SAW mampu meraih kesuksesan yang besar bukanlah berasal dari sebuah keturunan, dan bukan pula berasal dari harta, tetapi karena akhlak beliau yang mulia sehingga beliau mampu untuk dapat meraih cita-citanya. Untuk itulah di sini terdapat beberapa hal yang sangat patut untuk kita catat dari keteladanan leadership Rasulullah SAW yakni sebagai berikut :

  1. Kepemimpinan selalu diawali dari diri sendiri, yakni untuk dapat melakukan sebuah perubahan sekecil apapun akan lebih baik kehendaknya diawali dari dalam diri sendiri terlebih dahulu.
  2. Bersatunya antara kata dan perbuatan adalah merupakan pilihan yang tepat untuk dapat melakukan perubahan yang mendasar.
  3. Memiliki wawasan atau selalu haus akan ilmu pengetahuan serta juga pergaulan yang luas akan mampu membuat seorang pemimpin semakin dapat mengetahui akan kelemahan dari dirinya dan juga dari kepemimpinannya. Sehingga dengan hal itu diharapkan suatu pembelajaran tidak akan pernah sekalipun berhenti demi tercapainya suatu cita-cita mulia.
  4. Cakap didalam manajemen waktu, mengelola emosi-emosi, finansial, serta kaderisasi, akan  dapatmembuat sebuah kepemimpinan terus berkelanjutan dan juga tidak mengalami stagnasi.
  5. Selalu menghargai bawahannya dan juga menghormati perbedaan serta mampu bersikap profesional dan juga adil akan dapat mengecilkan konflik yang terdapat di dalam sebuah kepemimpinan.
  6. Seorang pemimpin yang tergolong baik bukanlah seorang pemimpin yang selalu menimbulkan masalah ataupun menjadi suatu masalah, akan tetapi seorang pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang mampu untuk memecahkan sebuah permasalahan (konflik)
  7. Sikap optimisme dan juga patriotisme dari seorang pemimpin adalah sebuah dasar utama untuk dapat menjadikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang sangat karismatik.
  8. Penampilan dari salah seorang pemimpin adalah merupakan jati diri dari sebuah kepemimpinannya.


Demikianlah untuk Hal yang patut untuk kita catat dari keteladanan leadership Rsulullah SAW. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa

Sumber :
http://www.iseng-iseng.tk/
http://brebes-punya.blogspot.com
Previous
Next Post »
0 Komentar