FAKTA UNIK PILGUB JAKARTA 2017

06.55

Baca Juga

Pemilihan pemimpin seperti presiden, gubernur atau wakil rakyat dinegara kita menggunakan cara demokratis, ya pemilihan umum oleh masyarakatnya, salah satu yang sebentar lagi akan dilaksanakan adalah pemilu gubernur Jakarta, untuk memilih gubernur selanjutnya setelah pak Ahok. Sebenarnya ada beberapa fakta yang menarik dibalik pilgub jakarta kali ini, apa saja? Mari kita simak penjabarannya.

“Tiga Guru Besar Turun Gunung”

Pemilihan gubernur kali ini bukan hanya pertarungan ditingkat provinsi saja, bukan hanya dewan pusat saja yang memilih melainkan ketua partai juga seperti Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, dan Prabowo Subianto, yang turut andil dalam memilih jagoan mereka, yang akan diturunkan dalam pilgub kali ini. Hal inilah yang membuat unik dalam pilgub jakarta, karena tiga guru saling mengawal jagoan mereka agar menang.

Tak Ada Calon Gubernur Yang Kader Politik

Seperti yang kita ketahui, bahwa Ahok di usung oleh PDIP Perjuangan, Anies Baswedan diusung oleh Gerindra, Agus Yudhoyono yang diusung oleh partai demokrat. Uniknya tidak ada salah satu dari mereka yang asli dari partai tersebut, alias mereka bukan kader partai pengusungnya, benar-benar uniik.

Tidak Ada Yang Kelahiran Jakarta

Ya walaupun kita tahu bahwa dalam mendaftarkan diri untuk menjadi gubernur tidak ada syarat bahwa kita harus kelahiran provinsi tersebut, hal inilah yang terjadi di pemilihan gubernur jakarta kali ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok lahir di Manggar, Belitung Timur. Anies Baswedan lahir di Kuningan, Jawa Barat. Agus Harimurti Yudhoyono lahir di Bandung, Jawa Barat.

Pendidikan Minimal S-2

Satu lagi, padahal tidak ada syarat bahwa harus lulusan pendidikan minimal S-2, namun inilah yang menjadikan pilgub jakarta berkelas dan unik, yaitu ketiga calon memiliki riwayat pendidikan minimal S-2.
Ahok sendiri adalah insinyur lulusan teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Trisakti tahun 1990. Dia kemudian mengambil gelar Master Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya tahun 1994.
Agus lulusan Akademi militer tahun 2000. Dia meneruskan kuliah di Master Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University (NTU), Singapura tahun 2006. Sambil mengambil pendidikan militer di AS, Agus juga sempat menyabet gelar Master of Public Administration, John Kennedy School of Goverment, Mei 2010.

Sementara Anies Baswedan lulus dari Fakultas Ekonomi UGM tahun 1995. Anies lalu mendapatkan beasiswa untuk mengambil master bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi di School of Public Affairs di University of Maryland, College Park pada tahun 1997. Tahun 1999, Anies meraih Doktoral di bidang ilmu politik di Northern Illinois University.

Inisial Para Petarung

Inilah yang paling unik, inisial para petarung memiliki kesamaan, dari calon gubernur maupun calon wakil gubernur, inilah penjabarannya

Basuki Tjahaja Purnama alias ahok
Agus Yudhoyono
Anies baswedan

Kita bisa lihat bahwa ketiga calon gubernur tersebut berinisial A. Hal inilah yang banyak menyebutkan bahwa pilgub Jakarta kali ini adalah petarungan 3-A, dan bukan hanya itu, calon wakil 
gubernur juga memiliki inisial yang sama yaitu 3-S:

Saiful
Sylviana
Sandiaga


Itulah beberapa fakta unik yang terjadi di pemilihan gubernur Jakarta kali ini. Kita hanya bisa berharap siapapun nanti yang memimpin Jakarta, Jakarta bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar