6 Fakta Sel Kanker yang Menarik dan Unik dan Belum diketahui Banyak Orang

11.03

Baca Juga ya

6 Fakta Sel Kanker yang Menarik dan Unik dan Belum diketahui Banyak Orang - Kanker adalah salah satu dari sedikit penyakit di dunia yang paling mematikan. Kanker ini bisa juga disebut dengan silent killer atau pembunuh secara diam-diam, sebab gejala awal yang muncul dari penyakit kanker ini lebih sering tidak bisa dideteksi, namun pada saat telah menyebar ke semua bagian tubuh barulah terasa padahal pada saat seperti itu resiko untuk terjadinya kematian menjadi lebih tinggi.

Sedangkan untuk penjelasan singkat mengenai sel-sel kanker sendiri yakni merupakan sel yang pertumbuhannya sangat tidak terkendali dan tidak normal. Sel-sel kanker tersebut mempunyai kemampuan untuk dapat menggandakan dirinya dengan jumlah yang sangat abnormal, hingga pada akhirnya akan membentuk suatu jaringan baru didalam tubuh orang yang mengidapnya. Jaringan baru tersebut yang sering kita ketahuia sebagai tumor.

Jaringan baru atau Tumor tersebut akan selalu tumbuh dan berkembang sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan dari sel-sel kanker itu. Jika pertumbuhan dan perkembangan tersebut terjadi secara terus menerus dan tidak dapat dihentikan maka itulah yang disebut dengan nama tumor ganas.

Sel-sel kanker memang memiliki sifat yang agresif didalam tubuh orang yang mengidapnya inilah yang menyebabkan sel-sel kanker tersebut bisa sangat cepat menyebar keseluruh tubuh hingga akhirnya membentuk jaringan baru yang kita sebut tumor tadi.



Tapi tahukah anda bahwa ada fakta unik dan menarik lainnya dari sel kanker yang belum diketahui banyak orang. Berikut semangat27.com rangkumkan dibawah ini 6 Fakta Sel Kanker yang Menarik dan Unik dan Belum diketahui Banyak Orang, yang diperoleh dari banyak sumber.

6 Fakta Sel Kanker yang Menarik dan Unik dan Belum diketahui Banyak Orang

1. Sel kanker muncul bisa disebabkan oleh virus

Ada begitu banyak faktor pendukung yang dapat menyebabkan munculnya Sel kanker, salah satunya adalah disebabkan oleh virus. Menurut hasil dari penelitianyang pernah dilakukan, kurang lebih sekitar 20% (dua puluh persen) kasus penyakit kanker disebabkan oleh serangan virus. Virus sendiri sesungguhnya mempunyai kemampuan untuk dapat menyebarkan sel-sel kanker. Tak hanya itu saja, virus juga sanggup mengubah bentuk dari struktur DNA suatu sel normal menjadi bermutasi hingga selanjutnya dapat tumbuh secara tak terkendali.

Beberapa contoh virus yang dapat menyebabkan kanker seperti halnya virus Hepatitis B yang bisa menjadi penyebab terjadinya kanker hati, dan human papilloma virus yang dapat menyebabkan terkenanya kanker rahim.

2.  Kanker memiliki ratusan jenis

Kita telah mengetahui bahwa tubuh memiliki sel-sel yang berbagai jenis, sama halnya juga dengan sel kanker yang bisa tumbuh serta berkembang diberbagai bagian tubuh. Oleh sebab kanker bisa tumbuh dan berkembang didalam berbagai jenis sel yang ada didalam tubuh inilah, yang menyebabkan sel kanker memiliki jenis-jenis yang beragam. Ada banyak sekali jumlah sel yang dapat menyerang seluruh tubuh manusia bahkan jumlahnya bisa mencapai angka ratusan.

Untuk contoh dari jenis sel kanker sendiri ada seperti kanker berjenis karsinoma yang dapat tumbuh dan berkembang dalam jaringan epitel tubuh, kemudian kanker berjenis sarcoma yang dapat menyerang bagian jaringan tulang, dan selanjutnya yang sering kita dengar yakni kanker berjenis leukemia yang dapat tumbuh dan berkembang dalam sumsum tulang, jenis kanker ini muncul biasanya disebabkan karena adanya pertumbuhan sel darah putih atau leukosit yang abnormal.

3.  Untuk dapat berkembang sel kanker membutuhkan kadar gula yang tinggi

Glukosa atau gula adalah suatu zat yang sangat dibutuhkan oleh sel yang normal, yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang nantinya akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari pada saat melakukan berbagai aktivitas tubuh. Zat gula atau glukosa tersebut bisa didapatan dari berbagaimacam makanan ataupun minuman yang setiap saat dikonsumsi. Semakin banyak jumlah zat gula atau glukosa yang termakan oleh sel kanker, maka akan menjadikan semakin cepat juga pertumbuhan dari sel-sel kanker itu.

Dalam hal ini penderita diabetes harus lebih berhati-hati karena untuk bisa memperbanyak dirinya, sel-sel kanker tersebut memerlukan kadar zat gula atau glukosa yang sangat tinggi.

4.  Didalam tubuh manusia sel kanker pandai bersembunyi

Sel kanker mempunyai kemampuan bersembunyi agar tidak bisa terdeteksi didalam tumbuh dengan cara sel kanker tumbuh dan berkembang pada sel normal. Bahkan ada beberapa macam tumor dalam kelenjar limfa dapat menghasilkan protein yang seharusnya disekresikan juga oleh kelenjar limfa itu sendiri.

Oleh sebab sifatnya yang tersembunyi itulah, sistem kekebalan tubuh atau yang biasa disebut imun tubuh tidak sanggup mengetahui keberadaan dari sel kanker yang ada didalam sel tubuh yang masih normal itu. Bahkan yang lebih lagi, ada beberapa macam sel kanker yang bisa menghindari obat kemoterapi dengan cara sel kanker tersebut bersembunyi dalam kompartemen tumbuh,

Contohnya seperti sel kanker yang menjadi penyebab dari penyakit leukemia yang sanggup menghindar dari obat-obatan pengobatan dengan cara sel kanker mengambil peran sebagai penutup tulang.

5.  Untuk tetap hidup sel kanker membutuhkan aliran darah

Angiogenesis adalah pembuluh darah baru tak terkendali yang menjadi pertanda bahwa sel kanker mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang tidak terkendali. Sel kanker sendiri sebenarnya juga membutuhkan berbagai asupan nutrisi untuk dapat terus tumbuh dan berkembang. Sedangkan kita ketahui bahwa nutrisi sendiri dibawa atau diedarkan oleh darah. Sel-sel kanker sebernarnya bisa mati jika kita mencegah pembentukan dari pembuluh darah yang baru tersebut.

6.  Sel kanker tercipta untuk tidak dapat mati

Berdasarkan berbagai fakta sebelumnya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa sel kanker tercipta sebenarnya untuk tidak dapat mati kecuali penderita yang mengidapnya mati. Sel-sel pada tubuh yang sebelumnya normal akan mati dengan sendirinya jika mengalami berbagai kerusakan pada DNA nya, namun tidak demikian dengan sel kanker. Sel-sel kanker mempunyai kemampuan untuk dapat mendeteksi berbagai kerusakan dan setelahnya dengan kemampuan lainnya sel kanker dapat menghancurkan dirinya sendiri. Akan tetapi kemampuan yang terhebat yang dimiliki oleh sel-sel kanker sebenarnya yaitu sel kanker dapat menduplikat dirinya sebanyak-banyaknya.

Ya, itulah 6 Fakta Sel Kanker yang Menarik dan Unik dan Belum diketahui Banyak Orang, sekian dari kami. Semoga bermanfaat, sampai jumpa diartikel semangat27.com selanjutnya sehat selalu dan banyak rejeki ya. Bye bye

Sumber : kunjungi link berikut ini ya
Previous
Next Post »
0 Komentar