Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Hewan Amfibi Katak

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Hewan Amfibi Katak - Katak merupakan hewan yang paling terkenal dalam kelompok amfibi. Hewan yang satu ini sanggup hidup di dua kondisi lingkungan atau sering dinamakan hidup di dua alam. Yakni baik hidup di lingkungan darat maupun di lingkungan air. Katak juga sanggup beradaptasi untuk bertahan hidup hampir di setiap penjuru dunia, terkecuali di daerah gurun yang sangat kering dan kutub yang sangat dingin.

Diatas adalah segelintir fakta tentang Katak, Berikut ini akan dibahas lebih lagi apa saja Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Hewan Amfibi Katak yang terkait dengan kelompoknya yang tergolong dalam hewan amfibi.

Baiklah langsung saja dibawah ini adalah Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Hewan Amfibi Katak yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan perlu untuk diketahui banyak orang termasuk anda

1.  Tak terdapat perbedaan diantara istilah kodok dan katak

Pada kenyataanya tak terdapat perbedaan yang kentara atau mencolok diantara penyebutan kodok dan katak, meski demikian terkadang kita semua menjadi bingung dengan kedua kata tersebut. Baik penyebutan nama kodok ataupun katak merupakan istilah yang tidak formal serta tidak mencerminkan sekali terdapatnya suatu perbedaan dari taksonomi keduanya, untuk lebih detail penjelasannya silakan perhatikan penjelasan dibawah ini

Perbedaan Kodok dan Katak
Kata “kodok”, dan “katak” adalah istilah yang tergolong informal dan tak mencerminkan terdapatnya suatu perbedaan taksonomi satu sama lainnya. Kata kodok sendiri dipergunakan untuk menamakan suatu spesies yang mempunyai kulit serta berkutil. Sedangkan kata Katak adalah istilah yang dipergunakan untuk menamakan suatu spesies yang mempunyai kulit yang halus juga lembab.

2. Tidak sama antara jumlah jari kaki belakang dan depan katak

Spesifikasi dan Macam-macam Bentuk Kaki Katak
Apakah Anda mengetahui bahwa katak mempunyai lima jari pada bagian kaki belakangnya dan mempunyai empat jari pada bagian kaki depannyanya. Katak juga memiliki Bentuk kaki yang sangat bervariasi yang sangat tergantung pada dimana habitat hidupnya.

Bagi kelompok spesies katak yang hidup disekitar lingkungan yang berair dan basah akan mempunyai bentuk kaki yang berselaput. Sedangkan untuk kelompok spesies katak yang hidup di lingkungan pepohonan akan mempunyai cakram yang terletak pada bagian kakinya, cakram ini berfungsi untuk memudahkan para katak pohon pada saat memanjat pepohonan. Dan selanjutnya untuk beberapa kelompok spesies katak yang lainnya mempunyai struktur kaki yang menyerupai cakar terletak dibagian kaki belakangnya, cakar ini memiliki fungsi yang sangat berguna pada saat digunakan untuk menggali tanah disekitarnya.

3.  Katak tergolong kedalam ordo yang terbesar dari kelompok amfibi

Ordo Katak (Anura)
Kodok dan katak tergolong kedalam ordo yang bernama ordo Anura, yakni merupakan ordo yang terbesar diantara ketiga jenis ordo kelompok amfibi yang lainnya. Selain ordo anura (kodok dan katak), ordo lain dari kelompok amfibi lainnya adalah ordo Gymnopiona (caecilian) dan ordo Caudata (kadal air dan salamander).

Mengapa anura menjadi ordo uang terbesar dalam kelompok amfibi, karena kurang lebih dari sekitar total 6.000 spesies hewan yang masuk kedalam kelompok amfibi. Sekitar 4.380 nya masuk kedalam ordo Anura, yang berarti 73% dari seluruh spesies amfibi yang ada didunia ini adalah katak.

4. Lompat adalah gerakan pada katak untuk menghindari pemangsa (predator)

Sebagian besar katak mempunyai tungkai belakang yang berukuran relatif besar dan juga berotot, tungkai ini membuat katak dapat meluncurkan diri dan melompaat ke udara.

Meski demikian ada sebagian spesies katak yang tak mempunyai ukuran tungkai belakang yang panjang, relatif besar dan berotot, meski demikian spesies katak yang seperti ini pasti mempunyai keterampilan lainnya, contoh keterampilan katak yang lainnya sepeti berenang, memanjat, dan bahkan meluncur.

Namun apakah anda mengetahui tujuan sebenarnya dari gerakan meluncurkan diri atau melompat yang dilakukan oleh katak? Tujuan sebenarnya dari meluncur dan melompat katak yakni untuk dapat menghindari diri mereka dari predator atau pemangsanya, bukan tidak ada tujuan tertentu atau hanya suatu gerakan normal saja.

5.  Katak adalah hewan pemakan daging

Katak mempunyai kebiasaan memakan hewan serangga atau hewan invertebrata yang lainnya. Namun ada sebagian spesies katak yang juga memakan daging dari hewan-hewan yang berukuran kecil seperti halnya tikus, burung, dan bahkan ular.

Cara yang digunakan katak dalam memperoleh makanan sendiri yakni dengan cara menunggu mangsanya tersebut untuk mendekat terlebih dalam jangkauannya, lalu kemudian katak akan menangkap mangsanya. Namun ada pula beberapa spesies katak yang cenderung aktif, yakni mereka lebih memilih untuk mengejar mangsanya

6. Metamorfosis katak merupakan metamorfosis sempurna

Katak yang masuk kedalam kelompok hewan vertebrata atau hewan yang bertulang belakang ini mengalami proses metamorfosis yang tergolong kedalam metamorfosis sempurna pada tahap pertumbuhannya.

Fase Metamorfosis Katak
Tubuh dan bentuk katak terlihat sangat berbeda sekali pada satu fase metamorfosis dengan fase metamorfosis yang lainnya. Metamorfosis dari katak sendiri dapat kita bagi menjadi 5 (lima) fase yakni

  1. Fase metamorfosis Katak : telur,
  2. Fase metamorfosis Katak : kecebong atau berudu dua kaki,
  3. Fase metamorfosis Katak : berudu empat kaki,
  4. Fase metamorfosis Katak : katak muda, 
  5. dan Fase metamorfosis Katak : katak dewasa


7. Katak mempunyai suara panggilan yang khas dan unik

Katak mengeluarkan suara panggilan atau vokalisasi dengan cara memaksa udara melewati laring mereka. Vokalisasi atau panggilan ini memiliki fungsi panggilan untuk kawin, serta biasanya akan sangat terdengar riuh atau ramai sekali pada saat musim penghujan, jadi tidak perlu heran jika hujan turun ada bnayak suara katak, itu menandakan mereka sedang kawin. Para katak pejantan akan sangat sering bersuara secara bersamaan, yang akhirnya akan membentuk suatu paduan suara yang keras.

8.  Katak mempunyai gendang telinga yang besar disetiap sisi kepalanya

Gendang telinga (Tympanum) yang ada pada katak terletak pada bagian belakang mata katak, Tympanum atau gendang telinga katak ini memiliki fungsi untuk mengirimkan suatu gelombang suara menuju ke telinga bagian. Dengan adanya sistem ini juga telinga katak bagian dalam akan selalu terlindungi baik dari kotoran maupun dari air.


9. Katak terbesar di dunia adalah katak Goliath

Secara umum katak dewasa hanya memiliki ukuran sekitar 19 cm (sembilan belas centimeter) hingga 23 cm (dua puluh tiga centimeter) dengan memiliki berat sekita 1,5 (satu koma lima) ons hingga 3 (tiga) ons.

Meski demikian ada jenis katak yang mampu tumbuh hingga panjang 33 cm (tiga puluh tiga centimeter) dengan berat 3,3 kg (tiga koma tiga kilogram) yang bernama katak Goliath (Conraua goliath). Katak Goliath ini dinobatkan sebagai katak yang memiliki ukuran yang terbesar di dunia dan habitat yang asli dari spesies ini yakni di Kamerun.

10.  Katak salah satu hewan yang terancam punah

Telah tercatat ada kurang lebih 165 (seratus enam puluh lima) spesies dari amfibi yang ada diseluruh penjuru dunia yang sudah benar-benar punah, Termasuk yang didalamnya yakni spesies katak. Penyebab dari kepunahan katak ini bisa disebabkan oleh akibat dari kerusakan habitat tempat tinggalnya, terkena penyakit menular (contohnya seperti chytridiomycosis) dan bahkan pemanasan global.

Ya demikian lah untuk pembahasan kali ini mengenai Fakta Menakjubkan dan Unik dari Si Hewan Amfibi Katak yang perlu dan wajib untuk setiap orang ketahui. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bahagia.

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar