Fakta Menakjubkan dan Unik dari Hewan Padang Pasir Unta/Onta

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Baca Juga ya

Fakta Menakjubkan dan Unik dari Hewan Padang Pasir Unta/Onta - Unta/Onta merupakan salah satu hewan dari sekian banyak hewan yang sanggup beradaptasi dan bertahan hidup pada daerah gurun yang bersuhu tinggi. Serupa dengan hewan domba, unta/onta ini juga pada dasarnya banyak menjadi hewan ternak, yang sumber utamanya diambil adalah daging dan bahkan susunya. Unta/Onta ini pun banyak digunakan menjadi kendaraan atau alat transportasi dari berbagaimacam suku-suku nomaden yang hidup atau bertempat tinggal di lingkungan berdaerah padang pasir.

Selain diatas ada juga Fakta Menakjubkan dan Unik dari Hewan Padang Pasir Unta/Onta yang lainnya yang wajib diketahui banyak orang yang terkait dengan kemampuan dari hewan unta/onta untuk bertahan hidup di daerah yang panas dan kering seperti gurun pasir.

Baik langsung saja dibawag ini adalah Fakta Menakjubkan dan Unik dari Hewan Padang Pasir Unta/Onta yang wajib untuk anda ketahui.

1. Unta/Onta mampu bertahan diberbagai kondisi iklim

Unta/Onta mempunyai punuk yang terletak pada punggungnya, punuk pada unta/onta ini memiliki fungsi sebagai tempat untuk penyimpanan lemak, yang membuat unta/onta ini sanggup untuk bertahan hidup diberbagai kondisi baik di daerah panah ataupun di daerah dingin.

Perlu diketahui bahwa daerah seperti padang pasir mempunyai kondisi amplitudo suhu yang tinggi atau besar, yang dimana saat waktu siang hari, suhu udara yang ada disekitarnya bisa menjadi sangat panas dan sebaliknya saat waktu malam hari suhu udara sekitar akan berubah menjadi sangat dingin.


Lemak yang sebelumnya disimpan pada punuk unta/onta tersebut bisa diubah oleh unta/onta melalui proses metabolisme dari tubuhnya menjadi sumber makanan dan air.

2. Unta/onta mampu bertahan hidup di padang gurun tanpa dehidrasi

Saat musim dengan suhu panas, unta/onta ini sanggup meminum air kurang lebih hingga sebanyak 30 liter air, yang dimana sama dengan sekitar 1/3 (sepertiga) dari berat tubuh unta/onta. Cara minumnya pun sekaligus dalam satu waktu yang kurang dari 10 (sepuluh) menit.

Hal ajaib dan menakjubkan dari unta/onta adalah pada saat dalam keadaan kekurangan air atau bahkan tanpa air, unta/onta ini akan mulai kehilangan banyak air, yakni sekitar 100 (seratus) liter air pada jaringan tubuhnya, yang dimana seperti kehilangan sekitar kurang lebih 25% (dua puluh lima persen) dari cairan tubuh unta/onta, akan tetapi unta/onta sama sekali tidak mengalami dehidrasi.

Itulah yang membuat Unta/onta ini sanggu melakukan perjalanan yang jau meski tanpa adanya air.

3. Unta/onta sanggup mengatur sendiri perubahan suhu tubuhnya

Pada saat pagi hari, suhu dari tubuh unta/onta ini berada diangka sekitar 34 (tiga puluh empat) derajat celcius. Akan tetapi saat waktu siang hari, unta/unta ini sanggup menaikkan suhu dari tubuhnnya hingga mencapai angka sekitar 40 (empat puluh) derajat celcius.

Fakta diatas lah yang menjadi alasan mengapa hewan unta/onta ini sanggup untuk beradaptasi dengan sangat baik di daerah gurun pasir yang panas.

4. Unta/onta sanggup 14 (empat belas) hari tidak makan

Seekor unta/onta berusia dewasa akan sanggup untuk tidak sedikitpun memakan makanan selama hampir 2 (dua) minggu lamanya. Kemampuan tersebut yakni kemampuan untuk tidak memakan makan sedikitpun hingga berhari-hari lamanya ini, dikarenakan hewan unta/onta ini mempunyai pasokan cadangan makanan yang disimpan dalam punuknya yang sewaktu-waktu bisa unta/onta ambil.

Sebagai tambahan informasi, hewan unta/onta yang tergolong sehat mempunyai punuk memiliki berat sekita 35 kg (tiga puluh lima kilogram). Bahkan pada kondisi yang sangat berat, unta/onta ini sanggup bertahan hidup selama berhari-hari bahkan sebulan lamanya hanya melalui cara memakan rumput 2 kg (dua kilogram) perhari.

5. Unta/onta mempunyai berlapis bulu mata

Mata unta/onta mempunyai bulu mata yang berjumlah dua lapisan. Bulu mata yang ada pada mata unta/onta ini satu sama lainnya saling terkait layaknya membentuk suatu perangkap. Bulu mata unta/onta tersebut memiliki fungsi yang dapat melindungi mata unta/onta dari berbagai serangan yang mengarah kematanya seperti pada saat terjadi badai pasir.

6. Unta/Onta mempunyai kebiasaan yang buruk yakni meludah

Unta/onta memiliki suatu kebiasaan yang menurut manusia tergolong buruk, yakni meludah. Pada saat berada dalam kondisi yang tertekan, unta/onta ini sering kali akan selalu meludah dan ludahnya itu sangat amat bau busuk sekali. Contoh dari keadaan yang tertekan yang dialami unta/onta adalah pada saat frustasi, ketakutan atau marah.

7. Unta sangat suka berkoloni

Unta merupakan salah satu jenis hewan yang sangat suka berkoloni atau berkumpul. Hewan yang satu ini akan selalu membentuk kelompok atau koloni kurang lebih sekitar 6 (enam) hingga 30 (tiga puluh) ekor, yang didalamnya bisa terdiri atas 1 (satu) ekor unta/onta pejantan dan sisanya terdiri atas banyak ekor unta/onta betina beserta para keturunannya. Dan untuk unta/onta yang masih single/jomblo/belum punya pasangan/belum kawin, mereka akan secara mandiri membuat kelompok sendiri.


8. Unta/onta dewasa memiliki berat tubuh hingga 800 kg (delapan ratus kilogram)

Unta/onta yang tergolong dewasa dapat memiliki berat tubuhnya 300 (tiga ratus) hingga 800 kg (delapan ratus kilogram) dengan tinggi badannya 2,1 m (dua koma satu meter). Dengan memiliki berat tubuh yang sangat besar seperti itu, unta/onta mampu membawa angkutan beban seberat 180 kg (seratus delapan puluh kilogram), serta sanggup melakukan perjalanan hingga sejauh 40 km (empat puluh kilometer) perharinya. Lalu untuk masalah usia, unta/onta ini bisa hidup hingga usia sekitar 50 th (lima puluh tahun)

9. Unta/onta mempunyai lebih besar struktur selaput lendir dari pada manusia

Unta/onta memiliki struktur dari selaput lendir pada hidungnya yang berukuran 100 x (seratus kali) lebih besar dari pada struktur selaput lendir yang manusia miliki. Dengan selaput lendir yang terdapat dalam hidung yang berukuran besar dan melengkung itu, unta/onta akan sanggup untuk menyerap kelembaban yang terdapat diudara sekitarnya hingga 65% (enam puluh lima persen), hal ini menyebabkan unta/onta sanggup untuk mempertahankan uap air yang nantinya akan dikembalikan ke tubuhnya pada waktu diperlukan.

10. Unta/Onta mampu menyekat panas dengan bulu tebal yang dimilikinya 

Bulu tebal yang terdapat di tubuh unta/onta memiliki fungsi untuk dapat mencegah sinar matahari yang sangat terik tidak menembus kulitnya, juga berguna untuk dapat memberi kehangatan pada badan unta/onta dalam kondisi suhu cuaca yang terasa dingin. Tak hanya dapat melindungi dari panas dan dingin saja bulu yang dimiliki oleh unta/onta ini, namun juga sanggup digunakan untuk mencegah kehilangan air yang ada dalam tubuh unta/onta.

Baik demikian yang dapat semangat27.com bahas pada artikel kali ini tentang Fakta Menakjubkan dan Unik dari Hewan Padang Pasir Unta/Onta semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar