Latihan Soal dan Pembahasan UN IPA SMP Materi tentang Ekosistem

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Dibawah ini adalah Latihan Soal disertai dengan Pembahasannya untuk UN IPA SMP Materi tentang Ekosistem, namun sebelum itu akan diberikan terlebih dahulu materi untuk pengetahuan dalam menjawab soalnya, baca baik-baik dan semoga bermanfaat meluluskan siswa siswi smp di Ujian Nasional tahun ini, good luck. Ujian Nasional SMP sendiri terdiri dari beberapa mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA



Soal dan Pembahasan UN IPA SMP materi Ekosistem

Ekosistem merupakan suatu hubungan antar komponen biotik dengan abiotik atau dapat diartikan juga dengan hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan lingkungannya. 

Komponen yang ada dalam suatu ekosistem harus mampu mendukung terbentuknya keseimbangan dari ekosistem itu sendiri. Karena jika salah satu komponen yang ada dalam ekosistem tersebut terganggu maka dapat dipastikan akan mempengaruhi keseimbangan yang ada dalam ekosistem tersebut. 

Sedangkan definisi dari komponen abiotik sendiri merupakan komponen yang berupa objek yang tidak hidup, contohnya seperti tanah, air, cahaya, suhu, tingkat keasaman atau PH dan Kelembaban. Dan untuk komponen biotik memiliki definisi sebagai komponen makhluk hidup yang didalamnya meliputi manusia, tumbuhan dan hewan. 

Jika melihat dari struktur trofik maka komponen biotik terbagi lagi menjadi beberapa jenis seperti konsumen, produsen dan pengurai. Konsumen sebagai organisme yang mengonsumsi makan dari produsen, karena organisme ini tidak dapat membuat makanannya sendiri, misalnya seperti kambing, sapi, harimau dan belalang. Sedangkan produsen sendiri merupakan si pembuat makan atau organisme yang dapat menghasilkan makanan dan mampu mengolah makanannya sendiri, contohnya seperti tumbuhan-tumbuhan hijau.  Sedang organisme pengurai merupakan organisme yang memiliki tugas untuk dapat menguraikan sisa dari makhluk hidup yang sudah mati (zat-zat organik) menjadi zat-zat anorganik yang nantinya juga dibutuhkan, misalnya pengurai ini seperti jamur dan bakteri. Konsumen, produsen dan pengurai ini yang hidup dalam suatu ekosistem akan membentuk rantai makanan yang mengiringi terdapatnya perpindahan aliran energy. 

Satuan untuk penyusun suatu ekosistem sendiri terbentuk atas beberapa nama urut dari yang terbesar seperti biosfer, ekosistem, komunitas, populasi dan yang paling terkecil individu. 
  • Biosfer merupakan kumpulan dari ekosistem yang ada diseluruh dunia 
  • Ekosistem merupakan hubungan timbal balik diantara makhluk hidup yang ada dengan lingkungan tempat tinggalnya 
  • Komunitas merupakan kumpulan dari beberapa ekosistem yang terdapat di suatu wilayah tertentu 
  • Populasi merupakan kumpulan dari makhluk hidup makhluk hidup yang sejenis yang terdapat pada suatu wilayah tertentu. 
  • Individu merupakan makhluk hidup yang tunggal (satu) 
Diatas merupakan preview dari Latihan soal dan pembahasan UN IPA SMP untuk materi tentang Ekosistem. Semoga dapat membantu para siswa siswi kelas Sembilan untuk dapat mempersiapkan diri lebih dini dalam menghadapi ujian nasional dalam mata pelajaran IPA.

Simpan berkas latihan soal dan pembahasan UN IPA SMP Ekosistem dengan link berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar