Latihan Soal dan Pembahasan UN IPA SMP Materi tentang Sistem Organisasi Kehidupan

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Arsip bank soal berbentuk pdf ini dibuat sebagai kisi-kisi untuk menghadapai ujian nasional dengan sajian materi tentang sistem organisasi kehidupan pada manusia, hewan dan tumbuhan. Semoga apa yang dimaksudkan disini dapat bermanfaat dan menjadi gambaran yang bisa mendefinisikan seperti apa nantinya suasana pelaksanaan ujian nasional, sehingga teman-teman semua dapat mengatur strategi, tips dan trik yang dapat mensukseskan diri meraih hasil yang terbaik diakhirnya. Ada juga beberapa mata pelajaran lain dalam UN seperti Bahasa IndonesiaMatematikaBahasa Inggris dan IPA

Materi UN Sistem Organisasi Kehidupan


Soal dan Pembahasan UN IPA SMP materi Sistem Organisasi Kehidupan

Apakah anda mengetahui bahwa organisasi kehidupan yang ada pada makhluk hidup itu mempunyai struktur yang sangat kompleks? Terdapat beberapa tingkatan yang dimiliki oleh struktur organisasi kehidupan ini, mulai dari tingkat yang terkecil hingga tingkat yang terbesar. Seperti apa sajakah tingkatannya? berikut diantaranya terdiri dari : 
sel –> jaringan –> organ –> sistem organ –> organisme. 
Penjelasan definisi secara ringkas dari yang terkeci hingga terbesar telah dirangkum sebagai berikut ini

Sel merupakan unit yang terkecil penyusun dalam diri makhluk hidup. Jenisnya pun ada bermacam-macam berdasarkan perbedaan sel yang dimiliki oleh makhluk hidup, seperti uniseluler yang merupakan mahkhluk hidup yang hanya mempunyai satu sel. Sedangkan untuk multiseluler merupakan makhluk hidup yang tersusun dari banyak sel.

materi UN sel hewan

Jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki fungsi dan bentuk yang sama. Ada 4 macam jaringan utama yang terdapat dalam hewan vertebrata, diantaranya jaringan epitel, penyokong, syaraf dan otot. Sedangkan pada tumbuhan terdapat beberapa jaringan sepeti epidermis, parenkim, meristem, pengangkut dan penyokong.

Organ merupakan kumpulan dari jaringan yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama. Misalnya seperti organ yang terdapat pada manusia dan hewan tingkat tinggi, ada beberapa diantaranya organ mata, jantung, paru-paru, lambung, hati, telinga, kulit dan ginjal. Sedangkan untuk organ yang ada pada tumbuhan diantaranya seperti organ daun, akar dan batang. Daun sendiri didalamnya tersusun dari beberapa jaringan seperti jaringan palisade, epidermis, pengangkut dan spons. Daun berfungsi untuk tempat bernapas dan fotosintesis. 

Sistem organ merupakan sekumpulan organ-organ yang melakukan suatu fungsi serta membentuk suatu sistem tertentu. Misalnya sistem organ yang terdapat pada manusia dan  hewan vertebrata, ada beberapa diantaranya seperti sistem pencernaan, pernapasan, syaraf, peredaran darah, pengeluaran, hormon, reproduksi. otot dan rangka. Sedangkan yang terdapat pada tumbuhan ada juga beberapa seperti sistem pernapasan transportasi, gerak dan transpirasai. Lebih detailnya lagi untuk sistem transportasi ada beberapa bagian seperti akar, batang serta daun. Dan untuk Sistem pernafasan pada tumbuhan lebih rincinya mencakup sama yakni akar, batang dan daun.

Karena sebentar lagi pelaksanaan ujian nasional tahun ini akan segera dimulai, maka tim semangat27 seperti biasa mengumpulkan segala macam berkas terkait pelaksanaan dan berbagai macam tips untuk dapat lolos darinya diantaranya seperti artikel kali ini dengan format yang baru yakni materi terlebih dahulu baru kemudian soal sekaligus pembahasannya yang preview soal disertai pembahasan untuk mata pelajaran IPA SMP bisa teman-teman lihat diatas tentang Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Semoga ini dapat membantu proses belajar para siswa siswi kelas sembilan (IX) untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional.

Itulah artikel kali ini, jika ada pertanyaan silakan tulis pada kolom komentar. Ikuti blog ini dengan menekan tombol follow, screenshot dan kemudian kirim ke WA 089617924711 agar anda dapat bergabung di grup khusus share soal dan pembahasan milik tim semangat27.com.

Simpan berkas dengan sekali klik link berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar