Soal USM Seleksi Mandiri ITB 2018

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Ujian saringan masuk penerimaan mahasiswa baru Universitas Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu cara masuk ke jurusan yang ada di fakultasnya. Pada kesempatan ini akan dituliskan artikel yang terkait dengan hal ini. Mungkin masih ada beberapa orang yang mencari berkas soal dan pembahasan ujian saringan masuk seleksi mandiri ITB 2018 sebagai persiapan tahun 2019. Namun perlu diketahui bahwa untuk tahun 2019 Seleksi Mandiri ITB sebenarnya baru diadakan, semenjak 3 tahun terakhir yang hanya mengandalkan hasil snmptn dan sbmptn saja. Jadi untuk calon mahasiswa baru tahun ini ada alternatif lain selain kedua pilihan jalur masuk ITB yang lainnya, lebih lengkapnya simak informasinya dibawah ini.

USM SELEKSI MANDIRI ITB

Seleksi mandiri USM merupakan kesempatan lain setelah dua kesempatan sebelumnya tertutup atau tidak lolos yakni snmptn dan sbmptn ITB. Selain itu juga memberi kesempatan bagi para siswa yang sebelumnya menempuh pendidikan di luar negeri, karena memang lulusan luar negeri tidak bisa mengikuti snmptn dan sbmptn kalau tidak salah. Ini memang informasi yang baru selain SBMPTN yang sekarang seluruhnya berbasis UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri LTMPT yang terdiri dari bidang SAINTEK, SOSHUM dan khusus bagi peminat FSRD diharuskan mengunggah portofolio Senirupa dan Desainnya, lebih lengkapnya silakan baca di SBMPTN ITB.



Tapi jika teman-teman tetap menginginkan soal mungkin bisa melihat contoh soal TONAMPTN Try Out Nasional untuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 yang diadakan oleh mahasiswa ITB yang serentak diadakan di kota-kota besar indonesia 7 januari 2018.

Syarat buta warna juga perlu diketahui para peserta seleksi masuk, setiap fakultasnya berbeda-beda. Silakan lihat sesuai dengan minat jurusan yang akan anda masuki. Jangan sampai informasi umum seperti ini tidak kalian ketahui.

list buta warna itb 2019

Kuota ITB

Informasi selanjutnya yang penting lagi adalah kuota mahasiswa baru di institut teknologi bandung untuk setiap jalur seleksi berbeda beda namun hanya memiliki selisih yang sedikit saja lebih lengkapnya dibagi menjadi dua 

Non-FSRD
  • 40% SNMPTN
  • 40% SBMPTN
  • 20% SM ITB

FSRD
  • 30% SNMPTN
  • 40% SBMPTN
  • 30% SM ITB

Alur Seleksi SM ITB

Proses seleksi atau prinsip konsep pelaksanaan seleksi masuknya didasarkan pada deks evaluation, semacam seleksi nilai dan berkas yang meliputi

-Bagi Peminat Fakultas/ Sekolah Non FSRD menggunakan Nilai UTBK SBMPTN, Nilai Rapor, Esai Pengalaman dan Potensi Diri dan Kriteria lainnya.
-Bagi Peminat FSRD menggunakan Nilai UTBK SBMPTN, Nilai Rapor, Esai Pengalaman dan Potensi Diri, Hasil Keterampilan dan Kriteria lainnya.

Jadwal
-Pendaftaran pada tanggal 15 juni - 12 juli 2019 
-dan tes keterampilan di tanggal 13-14 juli 2019 bertempat di kampus ITB
-pengumuman pada tanggal 18 juli 2019 di usm.itb.ac.id

Biaya Pendaftaran
100 ribu untuk non-fsrd
150 ribu untuk fsrd sudah termasuk tes keterampilannya.

Syarat

  1. NISN, 
  2. memiliki data prestasi 
  3. dan mengikuti SBMPTN (ada nilai UTBK), 
  4. tidak lolos snmptn atau sbmptn atau kelas internasional ITB 2019 
  5. dan mengikuti tes keterampilan untuk FSRD, 
  6. terakhir merupakan lulusan tahun 2017 atau 2018 (bisa SBMPTN)
Mungkin itu saja, segala macam perubahan dan informasi lengkapnya silakan baca di SM ITB 2019. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan share jika bermanfaat. Ikuti blog ini dengan menekan tombol yang ada di bawah untuk HP dan disamping kanan untuk PC, kemudian konfirmasi ke nomor 089617924711 jika sudah, untuk dapat join di grup update soal UN, SBMPTN, UM PTN dan lainnya secara gratis.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar