Soal UTM IPB 2018 Lengkap

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Ujian Talenta Masuk merupakan salah satu cara masuk ke Institute Pertanian Bogor. Banyak pilihan prodi dan jurusan yang bisa dipilih dalam UTMI ini. Silakan kunjungi laman resmi admisi ipb untuk informasi lainnya terkait pendaftaran dan passing grade tiap fakultas nya.

Artikel ini dibuat dengan melakukan riset terlebih dahulu menyelami dunia maya demi keakuratan infromasi mengenai soal UTMI 2018 yang semoga dapat menjadi referensi untuk para calon pesertanya dapat lolos dan memperoleh hasil terbaik, aamiin. Baca juga tentang utul ugm, simak ui dan usm itb

UTM IPB 2018

Jadi Ujian Talenta Masuk ini merupakan jalur seleksi lain diluar snmptn dan sbmptn Institut Pertanian Bogor yang menerima calon sarjana yang memiliki potensi jiwa cinta pertanian, kewirausahan dan kepemimpinan. Karena setelah lolos seleksi ini para mahasiswa nantinya akan diberikan soft skill untuk meningkatkan potensi diri ketiga hal tersebut. Ditahun 2019 ini terdapat 2 metode untuk seleksinya, pertama  dengan nilai UTBK SBMPTN  dan kedua melalui ujian tulis langsung dari IPB jika memamng tidak memiliki skor UTBK. Nah untuk ujian tulisnya sendiri meliputi TKPA dan TKD SAINTEK, lebih lengkapnya akan di ulas dibawah.


Formulir beasiswa utusan daerah IPB, lebih lengkap BUD IPB terbaru

Berdasarkan informasi tersebut metode utm ipb tahun ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, karena ada beberapa situs yang memberikan informasi yang berbeda. Harapannya teman-teman dapat lebih pintar lagi dalam memilah informasi, akan lebih baik jika membacanya secara langsung di website resmi UTM IPB

Syarat

untuk mengikuti jalur seleksi ini sangat mudah sekali yakni merupakan lulusan 3 tahun terakhir 2017, 2018 dan 2019 serta sehat jasmani dan rohani.

Daya Tampung

untuk tahun ini belum diberitahukan, akan tetapi sebagai gambaran bisa melihat dari tahun sebelumnya untuk daya tampung

Materi Ujian

Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa untuk materi lengkapnya masing-masing bidang adalah sebagai berikut:


Jadwal

- pendaftaran jatuh pada tanggal 21 mei - 09 juli 2019, 24.00 wib secara online, jangan mepet karena setelahnya ada proses membayar dan mencetak kartu ujian.
- ujian tulis jatuh pada tanggal 13 juli 2019
- dan pengumuman jatuh 1 minggu setelahnya pada tanggat 20 juli 2019

Selalu catat tanggal pentingnya, sebagai gambaran ada tahun lalu karena belum keluar untuk tahun ini

tanggal penting utm ipb


Biaya Pendaftaran

untuk yang terbaru belum disebutkan tetapi menurut peserta tahun 2015 dan 2016 sampai 2018 berkisar diangka Rp.500 ribuan untuk yang mengikuti ujian tulis nya, akan tetapi bagi yang menggunakan nilai SBMPTN biaya diangka Rp.300 ribuan.

Pembayaran bisa dilakukan dengan cara memasukan karakter NIM dan nomor tagihan/nomor pendaftaran diberbagai atm bank seperti bri, bni, btn, mandiri, bni syariah, dan syariah mandiri. Untuk cara lengkapnya akan diberi tahukan di situs resmi

Lolos Seleksi

Seperti biasa, di semangat27 kita selalu memberitahukan bahwa untuk dapat meraih impian salah satunya bisa dengan melakukan visualisasi bahwa anda lulus masuk proses seleksinya. Visualisasi ini bisa dilakukan 5 menit tepat sebelum tidur dan 5 menit tepat setelah bangun tidur pada kondisi perpotongan tidur dan bangun.
Bayangkan ketika anda membukan pengumuman dan dinyatakan lolos seleksi, betapa bahagianya dan bersyukurnya anda

Soal dan Pembahasan

Terkait soal-soal dan pembahasan, setelah riset di internet tenyata tidak ada satupun yang memberikan berkas yang benar atau asli yang merupakan berkas yang di ujikan dalam utmi. Kebanyakan hanya membagikan soal sbmptn saintek tahun sebelumnya. Tapi bukan karena tidak ada alasan memberikan pilihan tersebut, melainkan menurut beberapa peserta yang lolos dan menjadi mahasiswa ipb, semuanya mengatakan bahwa tingkat kesulitannya lebih mudah utmi, oleh karena itu diberikan soal SBMPTN SAINTEK IPA

Pengalaman Pribadi

Namun beruntungnya kalian yang sampai di situs semangat27.com ini, karena tulisan kita selalu berdasarkan riset yang terjadi real bukan sekedar kopi paste saja. Nah berikut ini ada beberapa pengalaman para peserta (ada yang lolos) dalam mengikuti seleksi UTMI yang berhasil kita rangkum dengan penambahan semangat tim semangat27.

2015

Lokasi diadakannya tes bertempat di Bogor, jadi harus kesana dan karena biaya pendaftaran dan ongkos lumayan jadi harus pintar-pintar menabung, kalau tempat tinggal bisa meminta tolong alumni atau ikatan mahasiswa daerah anda yang berkuliah di ipb. Ditahun ini lokasi tes ada didua tempat, kampus dramaga (kampus utama) dan cilibende (kampus diploma).

Kampus dramaga terkenal macet, jadi harus bangun pagi ketika tes untuk mengantisipasinya, disarankan menggunakan sepeda motor dan lewat jalan belakang ipb. Terdapat 2 akses tepatnya, pertama melalui rumah warga dan berikutnya lewat hutan penelitian ipb (jangan bingung, sekarang kita punya google maps hehe).

Jika benar-benar yakin ingin ke ipb harus kuat dengan persaingannya, semangat yakin dengan peluang yang 1:20, ingat visualisasi hehe dan usaha belajar pastinya. Perlu diketahui juga dalam mengisi pendaftarannya, pertama buat akun dan login, lalu bayar untuk ketahap mengisi biodata. Ada keterangan penghasilan orang tua dan nama gadis ibu (nama sebelum menikah bukan nama dengan nama suami) yang harus diisi, setelah itu isi dua prodi yang diminati (lihat peluangnya).

Berangkat sepagi mungkin, 2 jam sebelum waktu tes untuk antisipasi macet dan lain-lain.

Lokasi di gedung CCR
Ada 3 jenis tes soal diantaranya :
  • IPA berjumlah 60 soal (matematika, fisika, kimia, dan biologi masing-masing 15 soal) dengan waktu 2 jam. Soal tidak rumit
  • Bahasa Inggris berjumlah 25 soal (soal teks 10 dan soal melengkapi kata, verb dan g 15) dengan waktu 15 menit
  • dan Tes Talenta berjumlah 160 soal (pendapat pertanian 80 dan kepemimpinan+wirausaha 80)
Tips tes talenta
ada soal pendapat kemudian ada 5 opsi jawaban sangat setuju +5, setuju +3, netral 0, tidak setuju -3 dan sangat tidak setuju -5. Isi pendapat sesuai dengan program studi atau jurusan yang anda pilih. Contoh "suka melihat burung pada waktu senggang" jika anda memilih jurusan proteksi tanaman anda bisa memilih jawaban "netral" namun jika memilih jurusan kehutanan anda bisa memilih jawaban "sangat setuju" atau setuju. Dan untuk yang lain anda mungkin bisa menunjukan jiwa pemimpin dan wirausaha anda melalui jawaban anda.

Istirahat
antara ipa-bahasa inggris 30 menit tapi tidak boleh keluar gedung.
antara bahasa inggris dan tes talenta 30 menit juga

sumber : http://fakhrihadiyanto.blogspot.com/2015/07/sekilas-tentang-utm-ipb.html
cerita lain : https://nafidiani.blogspot.com/2017/01/pengalaman-ikut-ujian-talenta-masuk-ipb.html

Demikian artikel soal kunci jawaban dan pembahasan UTM IPB 2018 ini, sekali lagi berkas tersebut tidak ada di internet karena semua soal langsung dikumpulkan setelah ujian selesai dilakukan. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Ikuti blog ini dengan menekan tombol follow disamping kanan untuk PC dan dibawah untuk HP, lalu konformasi dikolom komentar dibawah dan chat ke WA 089617924711 dan anda akan bergabung digrub WA berbagi seputar un, snmptn, sbmptn, soal um dan masih banyak lagi.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar