Fakta Bakteri yang Unik dan Menarik yang Belum Orang Ketahui

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Bakteri adalah organisme bersel satu atau uniseluler yang memiliki sifat tidak mempunyai membran inti atau prokariotik. Organisme bakteri ini memiliki ukuran yang sangat kecil, karena itulah hanya dengan mikroskop orang bisa melihatnya. Spesifikasi ukuran dari suatu bakteri berkisar diangka 0,5 (nol koma lima) hingga 5 (lima) mikrometer saja.

Fakta Bakteri unik

Kita bisa menemukan Bakteri ini di hampir seluruh tempat seperti baik di darat, dalam air, bahkan di udara. Bakteri ini pun bisa juga berkembang biak dengan sangat baik di dalam tubuh suatu organisme hidup lainnya, contohnya seperti bakteri yang ada pada saluran pencernaan pada tubuh manusia. 

Bakteri ini bisa melakukan reproduksi dengan 2 (dua) cara, yakni seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Proses reproduksi generatif atau seksual dari suatu bakteri ini dapat dilakukan secara konjugasi. Konjugasi sendiri adalah pemindahan DNA yang bersumber dari donor menuju ke penerimanya secara langsung. Dan dilain sisi untuk proses reproduksi dengan vegetatif atau aseksual yang terdapat pada suatu bakteri ini dapat dilakukan melalui pembelahan biner atau pembelahan ganda.

Bakteri menarik

Secara umum suatu bakteri tidak mempunyai zat hijau daun atau klorofil, namun terdapat beberapa jenis dari bakteri yang mempunyai zat hijau daun atau klorofil, sehingga bakteri tersebut dapat melakukan fotosintesis.

Selain beberapa fakta umum yang ada diatas, masih terdapat fakta yang lainnya dari suatu bakteri yang unik dan juga menarik yang belum banyak diketahui oleh orang-orang, kira-kira seperti apa ya? Mari kita simak dibawah ini  adalah beberapa fakta-fakta yang menarik dan mengenai organisme bakteri yang wajib Anda ketahui.

  • Apakah anda tahu bahwa suatu Bakteri mempunyai kemampuan yang cukup cepat dalam melakukan pemembelahan diri? Yap benar sekali, suatu Bakteri mampu membelah dirinya sekali dalam rentang waktu 20 menit, dan dalam sekali membelah dirinya, bakteri ini bisa menghasilkan 2 (dua) sel anakan. 
  • Suatu Bakteri ternyata bisa bergerak loh, organisme ini bergerak dengan menggunakan  suatu flagella atau bulu yang berbentuk seperti cambuk. Bulu cambuk atau flagella ini terletak di dinding sel. Dengan adanya Alat gerak yang satu ini suatu bakteri dimungkinkan untuk berpindah-pindah dari suatu tempat menuju ke tempat yang lainnya.
Flagella bulu cambuk bakteri

  • Anda tahu Hujan asam? Yap hujan asam atau bahkan rusaknya ozon yang ada dibumi ini sebenarnya disebabkan oleh senyawa N2O atau dinitrogen oksida, yang mana senyawa ini diproduksi atau dihasilkan oleh beberapa jenis bakteri seperti bakteri Paracoccus denitrificans, Pseudomonas aeruginosa dan Pseudomonas stutzeri melalui suatu proses yang disebut denitrifikasi. 
  • Anda tahu berapa jumlah keseluruhan bakteri yang terdapat dalam tubuh manusia? Jika dikumpulkan seluruh yang ada dalam tubuh manusia, Jumlah bakteri bisa mencapai angka 1,8  (satu koma delapan) kilogram.

  • Bau yang dikeluarkan oleh keringat anda sebenarnya penyebabnya adalah dari bakteri yang terdapat dalam kulit yang telah menyatu dengan keringat anda sendiri. Keringat  yang sebenarnya tidaklah memiliki bau.
  • Anda pasti paham kan bagaimana bau khas dari air hujan? Yap Aroma yang keluar khas dalam air hujan sebenarnya berasal dari bakteri yang namanya Actinomycetes. Padahal Bau yang khas yang berasal dari air hujan tersebut sering menjadikan kita rindu untuk terus menghirupnya.
Bakteri keringat air hujan
  • Tubuh atau badan dari manusia tidak ada yang sepenuhnya 100% (seratus persen) sama sekali bebas dari suatu bakteri. Dalam organ mulut yang  terlihat bersih pun, juga ada paling tidak berkisar 1.000 (seribu) hingga 100.000 (seratus ribu) bakteri dalam gigi manusia tersebut. 
  • Dari hasil suatu penelitian yang pernah dilakukan rata-rata meja yang ada kantor mempunyai sekitar 400 (empat ratus) kali lebih banyak jumlah bakterinya dari pada toilet.
  • Dan apakah anda mengetahui juga bahwa Bakteri yang ada dan menempel pada telepon genggam atau telepon seluler bisa hingga berjumlah total 18 (delapan belas) kali lebih banyak bila dibandingkan dengan bakteri yang terdapat dalamtoilet ataupun dalam pegangan yang ada pada kursi.
Bakteri gigi kursi hp toilet
  • Para peneliti telah melakukan penelitian terkait bakteri dan menemukan terdapat sekitar 1.458  (seribu empat ratus lima puluh delapan) spesies baru bakteri terdapat pada bagian tubuh pusar manusia. 
  • Makan Coklat dapat mempunyai efek anti bakteri yang bagus pada bakteri yang ada di dalam mulut manusia. Mengonsumsi coklat tersbut sanggup mengurangi bakteri yang terdapat dalam mulut. 
  • Ternyata, ketika kita lahir sebagai bayi pertama kali lahir ke dunia ini, tak ada satu jenis bakteri pun yang terdapat dalam tubuh bayi tersebut. Tubuh dari bayi yang baru saja lahir memang benar-benar sangat steril secara alamiah.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar