Fakta Bintang Laut yang Unik dan Menarik yang Belum diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Bintang laut merupakan jenis hewan laut  tak bertulang belakang atau disebut juga invertebrata. Bintang laut ini mempunyai bentuk badan yang serupa dengan bintang yang memiliki lima buah lengan, yang mana masing-masing dari lengan yang ada itu mempunyai suatu sensor.

Sensor bintang laut

Hewan laut yang satu ini masuk kedalam kelas Asteroidea dan masuk kedalam filum Echinodermata. Meski bintang laut ini tidak memiliki tulang belakang, tapi hewab bintang laut ini mempunyai rangka yang memiliki fungsi untuk perlindungan dirinya sendiri. Selain itu bintang laut juga memiliki kaki-kaki yang biasa digunakan untuk merayap. 

Sama dengan jenis-jenis hewan laut yang lainnya, habitat atau tempat hidup dari bintang laut  ini berada dalam pasir yang ada didasar laut dan juga berada dalam terumbu karang. Warna yang dimiliki oleh tubuh bintang laut ada bermacam-macam secara umum seperti memiliki warna ungu, hijau tua, biru atau bahkan kombinasi dari berbagi campuran warna-warna yang telah disebutkan.

Lalu apakah anda mengetahui bahwa hewan Bintang laut ini merupakan hewan yang unik karena mempunyai duri yang berada pada permukaan tubuhnya yang secara kasat mata terlihat halus?

Dan apakah anda juga tahu apa yang dimakan oleh hewan bintang laut? Bintang laut ini ternyata memakan kotoran atau bangkai laut, yang mana itulah penyebab hewan ini dinamakan dengan hewan destrivor. 

Bintang laut hewan destrivor

Pasti beberapa hal diatas ada yang belum teman-teman ketahui kan? Nah dibawah ini akan ada lebih banyak lagi fakta unik yang lainnya. Mari kita simak fakta unik dan menarik apa saja yang dimiliki oleh hewan bintang laut dibawah ini
  • Lebih rinci lagi Hewan Bintang laut ini adalah hewan detrivor, jadi makanannya seperti materi organik sejenis kotoran atau bangka-bangkai di laut. 
  • Bintang laut mempunyai kemampuan untuk memotong badannya atau kemampuan ini biasa disebut dengan autotomi. Kemampuan ini berfungsi untuk melindungi dirinya. Waktu yang diperlukan untuk melakukan proses menumbuhkan lengan atau bagian tubuh yang dipotongnya sekitar kurang lebih satu tahunan.
Autotomi bintang laut
  • Oleh karena itulah Bintang laut ini mempunyai kemampuan untuk memulihkan tubunya yang rusak atau dinamakan regenerasi dengan cepat. 
  • Dan apakah anda mengetahui bahwa Tidak seluruh bintang laut yang ada mempunyai lima buah lengan. Contohnya seperti yang bernama Bintang matahari, ini adalah jenis bintang laut yang mempunyai sekitar 40 (empat puluh) lengan. 
  • Lalu hewan Bintang laut ini sebenarnya bukan lah berasal dari bangsa ikan, sebab bintang laut ini tidak mempunyai insang dan sirip. 
  • Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa bintang laut ini bergerak dengan menjulurkan bagian kaki tabungnya. 

Kaki tabunh bintang laut
  • Ada sekitar lebih dari 2000 (dua ribu) spesies dari jenis hewan bintang laut ini. Setiap spesies jenis dari hewan bintang laut ini ada di masing-masing zona tertentu, contohnya zona interdial, lalu di zona perairan dalam, berikutnya diperairan daerah tropis ataupun di perairah yang berada didaerah yang dingin. 
  • Untuk ukuran dari hewan bintang laut ini berada pada Rentang diangka sekitar 4.7 (empat koma tujuh) inci sampai 9.4 (sembilan koma empat) inci. Dengan spesifikasi panjang dikisaran antara sekitar 12 cm (dua belas centimeter) hingga 24 cm  (dua puluh empat centimeter). Sedangkan untuk beratnya mulai pada angka 1 kg (satu kilogram) sampai 6 kg (enam kilogram), ini merupakan berat 2 kali lipat dari ayam potong yang biasa kamu makan. 
  • Hewa Bintang laut juga tidak mempunyai otak  yang terpusat dan juga tidak memiliki darah layaknya kebanyakan hewan yang ada, tetapi  bintang laut tetap mempunyai suatu sistem jaringan saraf. Sistem saraf itulah yang selanjutnya melakukan reaksi terhadap lingkungan yang ada di sekelilinh bintang laut. 
  • Hewan Bintang laut mempunyai mata yang letaknya berada di setiap ujung dari lengannya. Mata ini hanya terlihat layaknya suatu titik merah. Mata yang dimiliki oleh hewan bintang laut ini hanya dapat merasakan adanya gelap dan terang.
  • Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, hewan Bintang laut bergerak sangat lambat. Dirinya hanya sanggup berjalan sejauh 30 cm (tiga puluh centimeter) saja dalam waktu 1 (satu ) menit. 
  • Namun Bintang laut ini mempunyai lama hidup atau usia hidup yang bisa dikatakan cukup panjang, berkisar 35 (tiga puluh lima) tahun. Lamanya usia hidup inilah yang menjadi alasan banyak orang yang memelihara bintang laut di akuarium. 
  • Bintang laut juga memiliki cara untuk makan yang sangat unik. Contohnya pada saat bintang laut ini akan memakan kerang, hewan yang satu ini akan mulai membungkus lengan-lengannya di sekitar kerang, lalu kemudian membukanya. Cara  makan yang sangat unik inilah yang menjadikan hewan bintang laut bisa memakan mangsa yang berukuran lebih besar dari badannya.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar