Latihan Soal dan Pembahasan UN IPA SMP Materi tentang Bioteknologi

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Lanjut lagi membahas ujian nasional melalui materi dan latihan soalnya yang kali ini berkaitan dengan bioteknologi. Semoga bermanfaat dan bisa mendapat hasil terbaik dalam un tahun ini. Materi ilmu pengetahuan alam lain yang ada dalam ujian nasional bisa dilihat dalam IPA, selain itu ada juga materi lainnya seperti Bahasa IndonesiaMatematika, dan Bahasa Inggris

Materi UN Sistem Organisasi Kehidupan


Soal dan Pembahasan UN IPA SMP materi Sistem Organisasi Kehidupan

Bioteknologi adalah suatu upaya untuk memanfaatkan proses biologi atau teknik rekayasa yang berfungsi untuk meningkatkan potensi yang dimiliki makhluk hidup sehingga bermanfaat pada kehidupan manusia.

Bioteknologi bisa pula dimaknai sebagai prinsip-prinsip dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengolah materi melalui agen biologi supaya bisa meningkatkan nilai tambah yang ada. Karena dewasa ini lewat pengusaan dari ilmu pengetahuan serta teknologi, umat manusia sudah sanggup mengolah segala macam sumber daya alam yang ada menjadi suatu produk yang memiliki nilai yang tinggi sebagai hasil dari suatu bioteknologi.

Rangkaian dari proses yang terdapat dalam tingkatan bioteknologi sendiri merupakan prinsip dasar dari bioteknologi. Ada beberapa macam prinsip dasar yang terdapat dalam bioteknologi diantaranya seperti :

  • Fermentation atau Fermentasi 
  • Selection and cross breed atau Seleksi dan persilangan
  • genetic analysis atau Analisis genetik
  • tissue culture atau Kultur jaringan
  • DNA Recombination atau Rekombinasi DNA
  • Dan terakhir DNA analysis atau Analisis DNA
Selain diatas, terdapat dua bentuk dari bioteknologi meliputi bioteknologi modern dan bioteknologi konvensional. Kedua bentuk dari bioteknologi ini mempunyai perbedaan yang mendasar dalam proses pembuatannya. 

Bioteknologi modern merupakan bioteknologi yang pada penerapannya menggunakan teknik rekasaya genetikan seperti Rekombinasi DNA atau DNA rekombinan atau DNA Recombination. Sedangkan untuk bioteknologi yang konvensional merupakan bioteknologi yang pada pembuatannya menggunakan suatu mikro organisme sebagai agen biologi yang berfungsi menghasilkan suatu produk atau jasa. Contoh dari mikro organisme ini ada bermacam-macam seperti bakteri, jamur yang mampu memproduksi berbagai enzim tertentu melewati suatu proses, contohnya fermentasi sehingga dalam kurun waktu tertentu akan dihasilkan produk yang diinginkan.


Setelah materi selesai disampaikan maka kali ini silakan teman-teman mencoba untuk melatih diri dalam mengerjakan soal ujian nasional diatas, pahami baik-baik soalnya dan ingat jawaban yang diberikan. Sedikit banyak apa yang dibahas dalam soal tersebut bisa saja muncul kembali dalam soal ujian nasional smp tahun ini, jadi ini semacam menjadi kisi-kisi ujian nasional. Sehingga pastinya kalian dapat dengan mudah menjawabnya karena sudah terbiasa dalam mempelajarinya terutama terkait dengan bioteknologi.

Untuk pertanyaan silakan layangkan pada kolom komentar dibawah dan ikuti blog ini untuk dapat bergabung dengan grup WA khusus share soal milik tim semangat27.com, screenshot bukti sudah follow dan konfirmasi ke WA 089617924711 dan anda akun langsung bergabung didalamnya.

Simpan berkas dengan sekali klik link berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar