Soal Tes Kemampuan Akademik TKPA SBMPTN 2018 dan Pembahasan Soal Lengkap

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri sebentar lagi akan dilaksanakan, para siswa siswi SMA yang tahun ini lulus pun mulai mempersiapkan diri untuk menghadapinya dengan berbagaimacam cara, trik bahkan teknik jitu layaknya ninja pada serial naruto. Ada beberapa yang mengikuti les, bimbel dan bahkan berguru pada ahlinya yang terbaik untuk menghadapi SBMPTN. Dan diera teknologi ini juga ada berbagaimacam course online yang menyediakan pembelajaran SBMPTN.

Pertanyaannya bagaimana kah dengan orang yang kurang modal seperti penulis dulu? Walaupun penulis dulu masuk bukan melalui jalur SBMPTN tapi SNMPTN. Caranya adalah dengan belajar melalui soal-soal tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya, jika sekarang 2019 maka seputar soal tahun 2018, 2017 dan bahkan beberapa tahun kebelakang. Kemudian dari mana berkasnya bisa didapatkan? Di internet banyak, kalian bisa mencarinya diblog-blog bertema tersebut yang salah satunya adalah semangat27.com. Nah kali ini tim kami berhasil menemukan Soal TKPA SBMPTN 2018 dan langsung kami bagikan kepada teman-teman semua, sumber ada didalamnya yak.

Pembahasan Soal TKPA SBMPTN 2018 Rinci dan Lengkap

Diatas merupakan preview dari soal tes potensi akademik seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dengan kode naskah 527 dan dibawah ini akan kita lakukan pembahasan terhadap isi yang ada didalamnya.

Berkas terdiri dari 16 halaman dengan dua halaman sebagai sampul depan dan petunjuk umum. Kemudian 14 halaman berikutnya berisi soal yang berjumlah 90 soal dengan tipe soal TKPA beberapa jenis seperti soal bahasa indonesia, matematika, logika gambar dan bahasa inggris, jika penulis salah tolong koreksi dikolom komentar ya.

Pada halaman sampul terdapat tulisan sesi 2 pada bagian pojok kanan atas, kemudian ada dua logo yakni logo kemenristek dan logo sbmptn dan ada sebuah stempel bertuliskan naskah tidak untuk dibawa pulang. Nah ini yang membuat penulis kaget, jadi dari manakah situs sumber mendapatkan berkas ini? Kalau semangat27 kan dapatnya dari situs sumber, nah situs sumber dari mana? Tapi semoga saja ini tidak apa-apa ya. Semangat27 sendiri membuat postingan ini akan dapat menjadi referensi belajar bagi teman-teman semua, dan semoga teman-teman lolos serta namanya tertulis dalam pengumuman hasil sbmptn 2019 ya.

halaman kedua ada petunjuk umum, mungkin bisa dibaca juga agar ketika tes teman-teman tidak terlalu menghabiskan waktu untuk membacanya kembali. Beberapa yang penting diantaranya Cek kelengkapan soal, tidak boleh bawa alat hitung, alat komunikasi, keluar masuk ruang ujian, tidak boleh minta penjelasan terkait soal. Lembar jawaban streril jangan ditekuk-tekut, jangan diludahin, jangan kena keringat dan waktu mengerjakan 105 menit. Jika sudah selesai baru bisa keluar setelah pengawas mengambil lembar jawaban.

Lembar selanjutnya adalah soal yang isinya akan penulis bahas sedikit dibawah ini.

-nomor 1 sampai 5 berisi soal yang menyimpulkan isi dari dua atau lebih peryataan yang ada.
-nomor 6 sampai 10 memilih pernyataan yang sesuai dengan beberapa pernyataan sebelumnya.
-nomor 11 sampai 15 menurut penulis berjenis soal logika cerita, jadi kita menjawab pertanyaan berdasarkan fakta-fakta yang disebutkan dalam soal. 
-nomor 16 sampai 20 menembak angka yang mengisi suatu urutan tertentu.
-nomor 21 sampai 25 berisi mengurutkan bilang, mencari persentase, kesetaraan nilai bilangan dalam bentuk yang lain, mencari nilai suatu variabel dan mencari urutan nilai suatu variabel jika diketahui urutan variabel yang lainnya.

Untuk yang lainnya lihat sendiri dalam soal yak, karena sudah sekarang sudah siang jadi penulis harus segera berangkat ke kampus. Maklum mahasiswa semester akhir jadi harus garap TA atau skripsi tapi masih menyempatkan waktu berbagi soal hehe.

Nah apabila ada pertanyaan sialakan layangkan pada kolom komentar yang ada dibawah yak, request soal juga boleh, nanti tim carikan dan update artikelnya. kalau mau menyapa lebih dekat chat aja ke WA 089617924711.

SBMPTN 2018 LENGKAP
Arsip lebih lengkap untuk semua jenis soal dalam SBMPTN 2018 bisa lihat disini
Simpan file diatas berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar