Soal dan Pembahasn TKD Soshum SBMPTN 2018 Mudah di Pahami

Print Friendly and PDF 0 Viewers
SBMPTN sebentar lagi coy, jangan lupa belajar. Kamu bisa belajar dari soal tahun lalu kalau memang tidak ada modal untuk ikut bimbel, les atau lembaga belajar lain yang terbaik untuk belajar SBMPTN. Meskipun sekarang ini juga kita bisa belajar melalui course online yang ada di internet. atau mudahnya bimbel online, pembelajarannya tidak ada tatap muka, hanya saja setiap soalnya dibahas melalui video yang bisa kita tonton. Tetap saja membutuhkan kuota hehe. Dalam hal ini kamu bisa pake paket smartfren yang murah unlimited bulanan hanya 65 ribu. Eh malah jadi bahas kuota kan.

Sebenarnya kali ini penulis hanya ingin berbagi soal dan pembahasan dari salah satu jenis soal yang diujikan dalam SBMPTN. Ini soal tahun lalu tahun 2018  tapi lumayan untuk dipelajari dalam menghadapi SBMPTN 2019 ini. Soal Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora atau disingkat TKD SOSHUM. Selain jenis ini ada juga jenis lainnya seperti TKD SAINTEK dan TKPA, Kalau bocoran SBMPTN 2019 jelas tidak ada tapi untuk kisi-kisi prediksi SBMPTN sepertinya kami pernah membuat artikelnya

Pembahasan Soal TKPA SBMPTN 2018 Rinci dan Lengkap

Nah sudah mulai nampak seperti apa berkas yang bisa teman-teman pelajari terkait jenis soal soshum dalam sbmptn. Jika penampakannya seperti diatas silakan teman-teman lanjut membacanya agar bisa menyimpan berkas pdf nya secara offline dalam komputer teman-teman.

Namun sebelum itu penulis akan jelaskan sedikit tentang isi dari soal berkas yang ada diatas secara sekilas, jika memang teman-teman malas untuk menscrollnya, dasar malas hehe. Tapi jika ada kesalahan tolong koreksi dikolom komentar yak.

Berkas diatas berisi 9 halaman yang dihalaman pertama seperti biasa adalah sampul dengan tulisan sesi III dibagian kanan atasnya, berbeda dengan soal TKPA yang bertuliskan sesi II. Kemudian ada logo kemeristekdikti dan logo sbmptn lalu kepanjangan dari sbmptn dan jenis soal yakni TKD soshum dan kode naskah 619, serta watermak dari situs.

Selanjutnya pada halaman kedua kita akan langsung disuguhkan dengan soal-soal yang ada. Namun sebelum itu terdapat beberapa penjelas dibagian atasnya seperti jadwal hari dan tanggal pelaksanaan yakni selasa 8 mei 2018. Selanjutnya terdapat keterangan waktu pengerjaan soal yakni 75 menit dan berikutnya ada jumlah soal yang harus dikerjakan yakni 60 soal.

Nah untuk soalnya sendiri akan penulis jelaskan secara singkat jenis-jenis dan tipe-tipe soal tkd soshum sbmptn seperti berikut ini

-Nomor 1 menebak peran dari pelaku sejarah dalam suatu penelitian sejarah.
-Nomor 2 tujuan dari ekspedisi pamalayu raja kertanegara 1275-1286.
-Nomor 3 Faktor penyerangan sultan agung ke Batavia melawan VOC.
-Nomor 4 Kebijakan pemerintahan Jepang yang dibenci rakyat Indonesia.
-Nomor 5 Tujuan program benteng kabinet natsir.
-Nomor 6 penyebab gagalnya ekonomi Indonesia pada demokrasi terpimpin.
-Nomor 7 Kebijakan yang membuat keterbukaan informasi pada masa reformasi B.J Habibi.
-Nomor 8 warisan busana khas masyarakat timur tengah ada peradaban Mesopotamia. 

Mungkin 8 soal saja yak, karena penulis harus kekampus nih menggarap TA atau Skripsi hehe. Jangan lupa berdoa ketika belajar dan selalu bayangkan nama anda muncul atau tertulis lolos lulus dalam hasil pengumuman SBMPTN tahun 2019 ini.

Selanjutnya jika ada pertanyaan bisa dilayangkan pada kolom komen, nanti penulis jawab. Dan jika ingin kenal lebih dekat bisa chat WA kuy 089617924711, penulis ganteng loh hehe.

SBMPTN 2018 LENGKAP
Arsip lebih lengkap untuk semua jenis soal dalam SBMPTN 2018 bisa lihat disini
Simpan file diatas berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar