Fakta Rahasia Melompat Kutu Loncat yang Tidak diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Fakta Rahasia Melompat Kutu Loncat yang Tidak diketahui Banyak Orang


Semangat27.com. Kutu Loncat adalah salah satu jenis hewan serangga kecil yang termasuk kedalam anggota suku Psyllidae. Serangga yang satu ini menjalani hidupnya dengan cara memakan cairan yang ada pada tumbuhan, oleh karena itu terdapat beberapa dari jenisnya yang terkenal sebagai hama yang berbahaya. 

Kutu loncat yang satu ini jika bersama dengan beberapa jenis kutu hama tumbuhan yang lainnya digabungkan menjadi satu maka akan masuk ke dalam kelompok yang dinamakan Sternorrhyncha. Sternorrhyncha ini dianggap sebagai bentuk dari hidup yang paling primitif dari Hemiptera atau kepik sejati.

Rahasia Melompat Kutu Loncat
Tonton juga videonya jangan lupa yak

Kutu loncat ini memiliki paling sekitar 3 (tiga) stadia hidup, yakni ada serangga dewasa, telur, kemudian nimfa. Siklus berjalannya hidup dari hewan kutu loncat ini dari mulai telur hingga dewasa, akan berlangsung dalam rentang waktu sekitar 16 (enam belas) hingga 18 (delapan belas) hari dalam kondisi yang panas. 

Sedangkan dalam kondisi yang dingin, hewan ini akan memiliki siklus hidup yang bisa menyentuh angka 45 (empat puluh lima) hari. Dalam kurun waktu sekitar 1 (satu) tahun serangga yang satu ini paling tidak, bisa mengalami 9 (sembilan) hingga 10 (sepuluh) generasi. 

Namun ada hal unik dari hewan kutu loncat ini yang belum banyak diketahui banyak orang, yakni meski mereka mempunyai bentuk tubuh yang relatif kecil, akan tetapi serangga yang satu ini mempunyai kemampuan untuk dapat melompat dengan jarak yang sangat jauh. Namun rahasia dari lompatannya ini hingga beberapa saat memang masih belum bisa diketahui, seperti apa caranya bagi seekor kutu bisa mentransfer energi yang sebegitu besar untuk melompat. 

Namun, tak lama ada beberapa ilmuwan yang berasal dari Cambridge University pada akhirnya bisa berhasil memecahkan dan mengetahui misteri dari bagaimana caranya seekor hewan kutu loncat sanggup melompat dengan cepat, serta memiliki jarak lompatan yang bisa dibilang jauh jauh. 

Para ilmuan ini berhasil mengetahui bahwa hewan kutu loncat ini mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa, yakni dapat meloncat hingga sejauh 200 (dua ratus) kali dari panjang yang dimiliki oleh tubuhnya.

Jarak Loncatan Kutu Loncat

Apa rahasia kutu loncat mempunyai kemampuan untuk dapat melompat hingga sehebat itu? 

Dari suatu penelitian dengan cara membuat sebuah perekam video yang mampu merekam dengan kecepatan yang tinggi, para ilmuwan tadi akhirnya dapat menyimpulkan bahwa ada suatu rahasia yang menjadikan lompatan dari para kutu loncat ini bisa luar biasa, dan rahasia tersebut adalah terletak pada kaki bagian belakang yang dimiliki oleh kutu loncat. Kaki bagian belakang dari kutu loncat tersebut memiliki fungsi sebagai pengungkit pada saat kutu loncat akan melakukan suatu loncatan. 

Kutu loncat mempunyai sejenis tulang berukuran besar yang ada pada bagian kaki. Struktur dari tulang tersebutlah yang membantu para kutu loncat ini untuk bisa memperoleh gaya tarik yang kapan pun bisa dilepaskan.

Nah pada saat dilepas, kaki bagian belakang dari kutu loncat tersebutlah yang berada dalam kondisi meringkuk seperti hendak menghentak tanah. Hal ini lah yang nantinya akan terdorong dan memberikan lentingan yang jauh ke arah atas, layaknya suatu per atau pegas yang baru dalam posisi dilepas.

Kaku belakang kutu loncat luar biasa

Demikianlah artikel rahasia luar biasa dari kemampuan melompat para kutu loncat. Terima kasih, sama sama telah mengunjungi semangat27.com, semoga apa yang ditulis disini dapat bermanfaat dan untuk pertanyaan ditulis langsung pada kolom komentar yak.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar