Fakta Darah Manusia yang Menarik dan Unik untuk diketahui

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Fakta Darah Manusia yang Menarik dan Unik untuk diketahui

Semangat27.com. Darah adalah suatu komponen yang sangat penting pada tubuh manusia. Darah mempunyai peran yang sangat vital sebagai media untuk penyaluran berbagai macam hal seperti oksigen, nutrisi, hormon ataupun senyawa lainnya yang penting dan dibutuhkan bagi tubuh kita. 

Proses dalam menyalurkan berbagaimacam hal dalam darah seperti ini akan berlangsung secara terus menerus sepanjang manusia tersebut hidup. Dalam mejalankan fungsi seperi ini, akan melibatkan berbagaimacam organ yang ada dalam tubuh manusia. 

Darah merupakan suatu jaringan ikat dimana memiliki wujud yang berbentuk cair, serta terdiri atas 2 (dua) komponen yang utama, yakni plasma serta elemen seluler. 

Selain fakta diatas, ada juga beberapa fakta pada darah manusia yang lainnya yang unik dan menarik untuk dapat kita ketahui. Dan disini akan disajikan beberapa diantaranya yang telah dihimpun dari berbagaimacam sumber 



referensi dari situs sumber

Fakta 1

Para ibu-ibu yang sedang dalam masa mengandung atau hamil akan mengalami peningkatan volume darahnya.

Volume darah ibu hamil meningkat

Diluar akan mengalami yang namanya kenaikan berat badan, oleh sebab adanya janin yang terus tumbuh dan berkembang dalam perut, para ibu-ibu yang sedang hamil juga akan mengalami kenaikan dalam volume darah yang ada dalam dirinya. Peningkatan dari volume darah ini sebenarnya memiliki tujuan, yakni untuk menyalurkan setiap nutrisi yang berasal dari para ibu hamil menuju ke janin yang ada dalam perut mereka. 

Jika dihitung, perkiraan dari peningkatan volume darah pada saat masa kehamilan akan terjadi peningkatan sekitar 50% (lima puluh persen) volume darah yang lebih banyak dari sebelum hamil. Volume peningkatan yang maksimal ini akan terjadi setelah masa kehamilan berada pada minggu ke-20 (dua puluh). 


Fakta 2 

Jumlah darah yang dipompa dalam jantung jumlahnya ada sekitar 1,5 (satu koma lima) barel.

Pada usia rata-rata dari para manusia yang hidup, bisa dikira-kira akan ada sekitar 1,5 Jt (satu koma lima juta) barel darah yang akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh dari saat dia lahir hingga dia meninggal dunia.

Jantung sendiri merupakan organ pada manusia yang berfungsi untuk pemompa darah, dan hal ini terjadi terus-menerus tidak pernah berhenti bekerja sepanjang hidup kita. Organ luar biasa yang satu ini tidak akan lelah dan secara terus menerus akan menjadikan setiap darah yang ada didalam tubuh mengalir keseluruh bagian sel tubuh untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi. 


Fakta 3 

Ada sekitar 4 (empat) jenis golongan darah utama yang terdapat pada manusia.

4 (empat) golongan darah manusia

Berdasar pada sistem dari penggolongan darah secarah ABO, maka ada sekitar 4 (empat) golongan darah yang dimiliki oleh manusia, diantaranya seperti golongan darah O, A, B dan AB. 

Pembagian 4 (empat) golongan darah ini dilakukan berdasarkan pada perbedaan yang terdapat dalam antigen (aglutinin) di permukaan eritrosit (sel darah merah), serta aglutinin antibodi pada plasma darah.


Fakta 4

Butuh sekitar 1,2 Jt (satu koma dua juta) hewan nyamuk untuk dapat menghabiskan seluruh darah yang ada pada manusia.

Jumlah nyamuk untuk menghabiskan darah manusia

Jumlah volume darah yang ada pada  tubuh manusia berkisar kurang lebih mencapai angka 7% (tujuh persen) dari jumlah berat badan manusia yang memilikinya. Jika rata-rata manusia dewasa memiliki tubuh seberat 65 kg (enam puluh lima kilogram) hingga 85 kg (delapan puluh lima kilogram), maka akan ada sekitar  4,7 L (empat koma tujuh liter)  hingga 5,5 L (lima koma lima liter) darah yang dimiliki oleh manusia tersebut. Jika hewan nyamuk yang biasa menggigit kita sewaktu malam ingin menghabisinya, maka dibutuhkan jumlahnya kurang lebih sekitar 1,2 Jt (satu koma dua juta) hewan nyamuk untuk dapat menghabiskan jumlah tersebut.


Fakta 5

Plasma darah yang ada dalam darah, kandungannya merupakan campuran cairan yang memiliki warna kuning yang pucat, yang didalamnya terdiri atas 90% (sembilan puluh persen air) dan sisanya adalah protein, serta garam. Plasma darah ini bisa disimpan dalam wujud beku, serta bisa ditransfusikan hingga durasi waktu 1 th (satu tahun) lamanya setelah dikumpulkan. 

Bagian dari darah yang satu ini menyumbang sekitar 55% (lima puluh lima persen) dari keseluruhan isi volume darah yang terdapat dalam tubuh seorang manusia. 


Fakta 6

Proses dari transfusi darah yang pertama kali terjadi.

Tranfusi darah pertama didunia

Proses dari transfusi darah yang paling pertama kali terjadi, dilakukan sekitar awal tahun 1667 (seribu enam ratus enam puluh tujuh). Proses transfusi dara tersebut dilakukan pertama kali oleh orang yang bernama Jean Babtise, melalui suatu proses mentransfusikan sekitar 1 L (satu liter) darah yang ada pada seekor hewan domba kepada tubuh seorang pemuda. 


Fakta 7 

Fobia yang dimiliki oleh seseorang dapat menjadi penyebab tekanan darah yang dimiliki oleh seseorang tersebut meningkat. Fobia sendiri adalah suatu bentuk dari rasa takut yang sangat berlebihan terhadap sesuatu hal ataupun suatu fenomena. Fobia juga bisa menjadi penghambat dalam kehidupan seseorang yang mengalaminya. 

Gejala dari adanya fobia terhadap suatu hal ataupun fenomena bisa muncul dalam beberapa bentuk, seperti jeritan atau tangisan. Hal seperti inilah yang dapat menjadi sebab dari peningkatan pada denyut jantung serta tekanan yang ada pada darah manusia. 


Fakta 8 

Volume darah yang dimiliki oleh seorang pria akan jauh lebih banyak dari pada volume darah yang dimiliki oleh seorang wanita.

Volume darah pria lebih banyak dari wanita

Berdasar pada hasil dari suatu penelitian pernah menyebutkan bahwa ternyata volume darah yang dimiliki oleh seorang pria akan jauh lebih banyak dari pada volume darah yang dimiliki oleh seorang wanita. 

Seorang wanita hanya mempunyai sekitar 4,5 L (empat koma lima liter) darah pada tubuhnya, sedangkan  para pria dapat mempunyai lebih banyak volume darah, yakni sekitar 5,6 L (lima koma enam liter) darah dalam dirinya. 


Fakta 9

Jutaan sel darah merah dalam darah manusia dapat mati setiap detiknya.

sel darah merah mati setiap detik

Sel darah merah yang terdapat dalam tubuh manusia memiliki peran sebagai penyalur oksigen ke seluruh sel-sel yang ada pada tubuh manusia. Faktanya, selain cepat sekali sel darah merah ini diproduksi, sel darah merah ini ternyata juga cepat matinya. Ada sekitar 1,2 Jt (satu koma dua juta) sel darah merah akan mulai mati tiap detiknya. 

Ya itulah dia Fakta menarik dan unik seputar Darah yang dimiliki oleh Manusia yang wajib untuk kita ketahui. Terima kasih untuk mas fatah yang telah request. 

Silakan anda Follow Semangat27.com jika merasa suka dengan artikel seperti ini agar kami juga makin semangat membuatnya lagi dan jika ada pertanyaan atau request silakan tulis pada kolom komentar yang ada dibawah yak. byebye semoga bermanfaat.

Simpan file dari situs sumber diatas berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar