Fakta tentang Jantung yang Unik dan Menarik yang Belum diketahui Banyak Orang

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Fakta tentang Jantung yang Unik dan Menarik yang Belum diketahui Banyak Orang

Semangat27.com. Jantung merupakan salah satu organ pada tubuh manusia yang mempunyai tugas memompa darah ke semua bagian tubuh. 

Kemampuan jantung pada saat memompa darahlah yang menentukan lancar tidaknya sistem peredaran darah yang ada pada tubuh manusia. 

Manusia akan mati jika sistem peredaran darah pada dirinya berhenti, sebab darah yang ada dalam tubuh manusialah yang membawa dan mengedarkan beberapa kebutuhan tubuh yang sangat penting seperti oksigen dan sari-sari makanan. 

Jantung terletak pada bagian tengah rongga dada, agak kekiri sedikit. Lebih mudahnya jantung ada diantara kedua organ paru-paru. Jantung adalah organ berotot yang memiliki empat ruang, ukurannya berkisar satu genggaman tangan kanan dengan berat berada direntang 200 g (dua ratus gram) hingga 450 g (empat ratus dua puluh lima gram).

Fakta unik organ jantung manusia

Jantung memiliki mekanisme sistem kerja yang sangat mirip dengan pompa, dimana jantung ini memberi tekanan ke pembeluh darah supaya darah yang ada dalam tubuh mengalir keseluruh tubuh.

Baiklah, diluar fakta yang ada diatas, ada beberapa fakta jantung yang unik dan menarik yang wajib untuk anda baca. Dibawah ini ada beberapa faktanya yang telah berhasil semangat27.com himpun dari beberapa sumber.

Fakta 1

Detakan yang ada pada Jantung dapat berdetak sekitar 100.000X (seratus ribu kali) perharinya dan sanggup untuk memompa darah yang ada didalam tubuh hingga 7.500 L (tujuh ribu lima ratus liter). 

Fakta 2 

Dalam waktu satu hari, bisa terjadi sekitar 2.700 (dua ribu tujuh ratus) orang yang meninggal akibat penyakit jantung. Dan hampir sebagian besar yang ada dari kasus serangan penyakit jantung ini terjadi disekitaran pukul jam 8 (delapan) hingga 9 (sembilan) pagi. 

Fakta 3

Kemampuan Jantung dalam memompa darah

Manusia dapat memompa hingga 3,1 (tiga koma satu) miliar galon darah pada tubuhnya. 

Fakta 4

Tahun 1893 adalah tahun pertama kali adanya operasi bedah jantung, operasi ini dilakukan oleh Dr. Aula Williams.

Fakta 5

Serangan jantung akan meningkat peluang terjadinya hinga empat kali lipat pada orang yang merokok.

Fakta 6

Jantung akan berdetak kurang dari 60X (enam puluh kali) setiap menitnya pada saat malam hari. Ini terjadi disebabkan oleh sistem saraf parasimpatis menjadi lebih aktif sedangkan metabolisme yang ada dalam tubuh melemah sehingga kinerja dari jantung akan menjadi lambat.

Fakta 7


Berat organ jantung dalam tubuh pria akan lebih besar bila dibandingkan dengan berat jantung yang ada pada wanita. Berat dalam tubuh pria, jantung berkisar diangka 10 (sepuluh) ons beratnya, sedangkan pada tubuh wanita lebih kecil beratnya yakni 8 (delapan) ons saja. Dan ukuran dari organ jantung ini bisa diprediksi sebesar ukuran kepalan tangan orang yang  memilikinya.

Fakta 8

Orang yang jarang dalam melakukan aktivitas akan mempunyai 2X (dua kali) lipat peluang lebih besar untuk terkena penyakit jantung bila dibandingkan dengan mereka yang aktif melakukan aktivitas. Pembuluh darah akan memiliki susunan yang sehat jika rajin dalam berolahraga.

Fakta 9

Jantung dapat menjadi lebih sehat jika kita tertawa. Sebab pada saat tertawa lapisan yang ada pada dinding pembuluh darah akan mengembang dan menjadi rileks. Kondisi seperti ini sanggup memperlancar 20% (dua puluh persen) lebih banyak aliran darah yang mengalir keseluruh bagian tubuh.

Fakta 10

Aliran elektrik dalam Jantung

Selama organ jantung ini masih dialiri oleh oksigen dengan penuh, maka organ jantung ini bisa terus dapat lanjut berdenyut, meskipun posisi dari jantung terpisah dengan tubuh. Hal seperti ini terjadi karena organ jantung mempunyai aliran elektriknya sendiri. 

Fakta 11 

Jika secara berat jantung pria lebih besar, akan tetapi untuk kecepatang detak jantung, jantung wanitalah yang berdetak lebih kencang bila dibandingkan dengan detak jantung pada pria. Detakan jantung pada wantia memiliki rata-rata berdetak sekitar 8 (delapan) detakan jantung setiap menitnya. 

Fakta 12

Suara yang terdengar dari detakan jantung sebenarnya berasal dari tepukan yang ada pada selebaran katup yang bergerak membuka dan menutup.

Yak itulah dia fakta unik dan menarik seputar organ jantung yang jarang diketahui oleh orang-orang. Semoga bermanfaat guys.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar