Ternyata Kadal Punya Fakta Menarik dan Unik yang Orang tidak Tahu

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Ternyata Kadal Punya Fakta Menarik dan Unik yang Orang tidak Tahu


Semangat27.com. Kadal adalah salah satu jenis hewan reptil yang banyak jenisnya. Layaknya jenis hewan reptil pada umumnya, dilihat dari fisiknya kadal mempunyai ciri yang kentara yakni bersisik, berkulit kering dan memiliki kali empat.


Kadal masuk pada jenis hewan yang berdarah dingin yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang luar biasa disekitarnya.


Kadal mempunyai perilaku dengan cara berjalan yang merayap. Dan beberapa nama hewan yang termasuk kedalam keluarga kadal diantaranya seperti tokek, cicak, bunglon, komodo dan iguana. Namun selain umum yang telah anda baca, sebenarnya kadal memiliki fakta unik dan menarik yang jarang orang-orang ketahui sebelumnya.

Kira-kira seperti apa saja yak faktanya? Berikut akan kami sajikan dalam fakta-fakta unik tentang kadal yag jarang diketahui oleh banyak orang.


Fakta 1

Komodo merupakan spesis yang terbesar dari kadal. Komodo sendiri adalah jenis karnivora yang berukuran paling besar dari para kadal yang lainnya. Kadal dengan ukuran raksasa yang satu ini mempunyai panjang tubuh dari rentang 2m (dua meter) hingga 3m (tiga meter) dan kebanyakan dari mereka berasal dari Kepulauan Komodo, Flores, Nusa Tenggara. Selain fakta tersebut, berat yang dimiliki oleh komodo dewasa juga bisa mencapai angka 170 kg (seratus tujuh puluh kiligram)

Meski merupakan hewan yang memiliki gerakan yang lambat, akan tetapi komodo ini sanggup untuk menangkap para mangsa buruannya dengan efisien, dengan cara mengejutkan para mangsanya itu.

Komodo kadal terbesar

Komodo ini juga mempunyai indera penglihatan yang sangat baik meski pada kondisi malam hari, serta sanggup mencium aroma bau dari darah meski berjarak beberapa meter darinya. Komodi juga mempunyai kuku sejenis cakar yang mematikan para mangsanya dengan bentuk yang panjang dan melengkung.

Pada saat para mangsanya tergigit olehnya, maka secara perlahan tapi pasti bakteri yang ada pada mulut komodo akan langsung menginfeksi tubuh dari mangsanya melalui gigitan tersebut.

Bakteri itu akan menginfeksi dalam durasi waktu selama beberapa hari bahkan hingga seminggu, sampai mangsanya tersebut benar-benar tewas atau mati.

Hewan komodo ini telah dianggap juga sebagai hewan pemakan bangkai serta predator, sebab mereka memiliki kebiasaan yang memakan mangsa buruannya yang telah mati setelah terkena gigitan mereka.


Fakta 2

Bunglon merupakan kadal yang sanggup untuk mengekspresikan isi dari suasana hatinya. Hewan yang satu ini akan mulai mengekspresikan suasana dari hatinya dengan cara mengubah warna dari kulitnya sesuai dengan kondisi yang ada dalam habitat disekitarnya. Bunglon juga mempunyai bentuk jari kaki kaki yang mirip seperti lobster, yakni jari kakinya menyatu.

Bunglon mengekspresikan suasana hatinya

Bunglon memiliki ekor yang bisa digunakan untuk memegang suatu benda atau para mangsanya. Lidah yang dimiliki oleh bunglon memiliki ukuran yang panjang dan bisa meluncur dengan sangat cepat untuk menagkap para mangsanya.


Fakta 3

Terdapat kadal bertanduk yang sanggup menyemprotkan darah dari matanya yakni Phrynosoma. Hewan ini mendapat julukan kadal bertanduk karena mempunyai tanduk yang berduri dan tebal yang terdapat dikepalanya.

Namun bukan hanya hal itu saja yang menjadi keunikannya, keunikan yang paling unik dari kadal jenis yang satu ini adalah mampu menyemprotkan aliran darah melalui sudut-sudut dari mata mereka ke arah para musuhnya, bahkan hingga jarak 5 m (lima meter)

Kadal bertanduk semprotkan darah

Fakta 4

Terdapat kadal yang mempunyai kaki anti gravitasi dan dapat mengeluarkan suara yang khas yakni Tokek. Tokek mempunyai beberapa keunikan, selain memiliki suara yang khas, hewan yang satu ini adalah jenis kadal yang sanggup menembakan dengan akuran kotoran ke arah para musuh-musuhnya.


Yang paling menakjubkan lagi adalah tokek ini mempunyai kaki anti gravitasi, dimana terdapat helai-helai rambut halus berukuran kecil ditelapak kaki hewan ini yang sanggup memicu tarikan dari molekul-molekul udara. Hal seperti ini lah yang sanggup menjadikan hewan tokek menjadi sangat ringan dan menempel didinding.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar