Ketahui Ini Kelebihan Isi Ban Kendaraan Dengan Gas Nitrogen

Kestabilan kondisi ban sangat dibutuhkan karena bisa mempengaruhi kenyamanan kita dalam berkendara. Kita harus selalu menjaga kondisi ban dengan melakukan pengisian ulang angin secara teratur, yang terpenting adalah jangan sampai ban dalam kondisi benar-benar kempes karena bisa membuat ban jadi sobek.

Saat ini ada dua pilihan dalam mengisi gas angin ban yaitu dengan angin biasa atau dengan nitrogen. Nitrogen adalah gas udara murni yang telah tersaring sehingga tidak terkontaminasi dengan kandungan air di dalamnya. Hal inilah yang membedakan gas nitrogen dengan gas angin biasa.

Saat ini nitrogen banyak dipakai di kehidupan kita sehari-hari. Salah satu penggunaan nitrogen untuk kehidupan kita sehari-hari adalah dengan digunakan untuk pengisian angin ban kendaraan.

Penggunaan nitrogen mulai populer karina ia tidak akan bereaksi walaupun terkena gas lain, bukan seperti gas biasa yang sangat reaktif. Lalu apa saja sih kelebihan dan keuntungan ban isi gas nitrogen dengan isi angin biasa?

source by jcomp / Freepik

Manfaat Ban Isi Nitrogen Dibandingkan Isi Angin Biasa


Saat ini mulai marak penggunaan gas nitrogen untuk dipakai dalam pengisian gas atau angin ban kendaraan. Kita bisa menemukan dengan mudah layanan atau jasa pengisian gas nitrogen untuk ban di sekitar kita.

Misalnya saja di SPBU atau Pom Bensin terdekat, sudah pasti ada layanan pengisian ban isi gas nitrogen sehingga pengisian dengan gas nitrogen untuk ban ini semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Penggunaan gas nitrogen untuk ban kendaraan yang semakin populer ini wajar saja sebab memiliki manfaat dan juga kelebihan dibandingkan mengisi dengan angin biasa. Lalu apa saja sih manfaat ban isi gas nitrogen? Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Tekanan Ban Kendaraan Menjadi Lebih Stabil

Kelebihan pertama melakukan pengisian angin ban kendaraan dengan nitrogen adalah bisa membuat tekanan ban menjadi lebih stabil.

Dibandingkan dengan diisi angin biasa, ban yang diisi dengan nitrogen jauh lebih stabil karena tekanan dari nitrogen tidak akan berubah-ubah sehingga ban tidak akan mudah kempes. Perlu anda ketahui jika nitrogen adalah gas yang tidak mudah terpengaruh atau terkontaminasi dengan unsur lainnya sehingga bisa menjaga tekanan ban menjadi lebih stabil.

2.     Menjaga Kualitas Velg Ban

Nitrogen adalah unsur yang memiliki kandungan N dan juga tidak mempunyai kandungan air. Beda dengan angin biasa yang pada dasarnya sering mengalami reaksi tertentu sehingga terkadang menimbulkan air dan embun.

Jika kita biarkan air ini terlalu lama di velg tentu saja bisa menyebabkan korosi pada velg tersebut. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu terutama jika kita menggunakan velg yang terbuat dari besi.

Seperti yang sudah kita ketahui kalau besi adalah bahan yang mudah karatan jika terkena air. Dengan menggunakan nitrogen yang tidak mengandung air dan berembun tentu saja bisa menjaga kualitas velg ban kendaraan kita.

3. Lebih Tahan Lama

Dampak positif dari tekanan ban yang stabil adalah bisa membuat ban jadi lebih tahan lama dan awet pastinya. Hal ini tentu saja memberi manfaat yang akan anda rasakan, diantaranya manfaat tersebut adalah anda tidak perlu sering-sering melakukan pengisian ulang angin dalam waktu yang cepat.

Apalagi Indonesia memiliki suhu tropis yang dapat mempermudah tekanan ban jadi menurun jika kita isi dengan angin biasa. Jika anda menggunakan nitrogen untuk isi ban kendaraan anda, anda tidak perlu takut ban jadi mudah kempes karena sering terkena panas.

4. Handling Lebih Baik

Banyak pembalap yang mengklaim jika menggunakan nitrogen pada kendaraan mereka memang sangat menguntungkan. Penggunaan nitrogen ini bisa membuat kendaraan jadi lebih stabil, apalagi dalam urusan handling.

Hal ini karena sifat nitrogen yang bisa tahan lama dan juga bisa membuat tekanan ban jadi jauh lebih stabil. Dengan kondisi yang stabil tersebut maka bias mempengaruhi kondisi handling kendaraan, terutama bagi kendaraan roda dua.

Nah itulah beberapa kelebihan Ban isi gas Nitrogen dibandingkan dengan isi angin biasa. Selesai sudah artikel ini, Semoga bermanfaat.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar