Karya Tulis Anti Plagiat Ini Cara-caranya

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Karya Tulis Anti Plagiat Ini Cara-caranya - PENULIS WAJIB TAHU tentang Plagiarisme! 🧐 Plagiat emang bukan hal yang terpuji. Tapi sebenarnya, siapa aja bisa lho kena kasus plagiarisme ini~ Baik secara sadar atau ngga dan secara disengaja maupun ngga disengaja GenK. Nah, makanya nih, buat kamu yang punya hobi menuangkan ide lewat karya tulisan, harus tahu nih aturan biar karyamu gak kesandung masalah plagiarisme. Ada apa aja? Dan gimana cara menghindarinya? Kuuuyyy di cek langsung! Share juga ke teman2mu yang perlu tahu info ini ya GenK! 😊🙏 #GenKreativv #penulis #plagiarism #karyatulis #penulisnovel #penulismuda #microblogger #microblog #penulisindonesia

sumber @kreativv_id didownload dengan instaview.me

Kalau mau ambil sedikit quotes penulis boleh gak siiih? Boleh kok. Asatkan kamu jangan sampai melakukan plagiarisme.

Apa Itu Plagiarisme? 

Plagiarisme adalah penjiplakan atau penggunaan karya milik orang lain seolah menjadi kepunyaan pribadi. Baik disengaja ataupun tidak. Bisa bayangin dong GenK kalo kamu bikin karya terus dijiplak pasti gamau dong??

Jenis-jenis Plagiarisme 

Biar kamu gak salah. harus tahu nih apa aja sih jenis-jenis plagiarisme? 

1. Direct Plagiarism 

Nah jenis pertama ini adalah peniruan dengan mengambil peniruan secara keseluruhan. Jadi kamu bener-bener copy paste aja GenK tanpa referensi atau kutip. Ini bahaya banget Ioh GenK, karena dijamin kalau pakai cek plagiat online. 

2. Paraphrase Plagiarism 

Walaupun kamu udah ngutip dengan benar, atau membuat parafrase yaitu mengubah kata-kata tapi maknanya tetap sama. Nah walaupun kamu udah mengubah kata-katanya tapi kamu lupa pakai sumber, tetap terhitung plagiat Ioh.

3. Mosaic Plagiarsm 

Nah yang ini percampuran antara direct dan paraphrase plagiarism. Walaupun udah dibuat orisinil tapi lupa pakai tanda kutip jadinya terhitung plagiat GenK.

4. Accidental Ptagiarism 

Sesuai namanya, ini terjadi tidak disengaja. Kamu yang udah niat menaruh semua sumber lengkap dan rapi tetap kena plagiat karena penulisan sumber dan referensi gak sesuai. Biasanya karena buru-buru, hayoo jangan kerjain dekat deadline!

Cara Menghindari Plagiaisme 

1. Persiapan Harus Matang 

Yang pertama, hayoo biasain kalau mau menulis sesuatu harus ada persiapan. Mulai dari nentuin topik sampai gagasan utamanya. coba kamu baca-baca referensi dan menyusun tulisan awal dengan kata-katamu sendiri.

2. Buat Kerangka Tulisan 

Nah abis kamu bikin persiapan, coba buat kerangka tulisan. Hal ini berguna banget buat kamu fokus sama tulisan kamu dan apa aja sih yang harus kamu tulis.

3. Berlatih Parafrase yang Baik

 Nah ini dia kamu kan udah tahu ya sekalipun kamu udah mengubah kata kadang masih terhitung plagiat GenK. Kuncinya kamu harus sering-sering berlatih menulis dengan bahasamu sendiri dan jangan lupa, cantumkan sumber yah! 

4. Pakai Cek Plagiat Online 

Udah ada Ioh teknologi yang membantu kita ngetes nih apakah tulisan kita udah anti plagiarism? Kamu cuma cukup copy paste aja Genk teks kamu, voila! Hasilnya bakal keluar deh berapa persen tulisan kamu mirip.

Itu dia beberapa knowledge supaya tulisanmu aman dari plagiarisme. Latihan terus untuk bikin karya yang orisinil dan autentik ya GenK!

*copas url untuk mengunjunginya
Sumber : https://www.instagram.com/p/CDqa20elqhw/

BACA NOVEL GRATIS

Ingin baca novel gratis? Yuk ikuti Jam Baca Nasional di Cabaca. Unduh Aplikasinya sekarang di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.git.cabacaapp
#cabaca #cabacaapp #novelgratis

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar