Tips Mengatasi Overthinking berdasarkan Pengalaman Pribadi

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Tips Mengatasi Overthinking berdasarkan Pengalaman Pribadi - saya yakin masih banyak orang yang mengalami masalah untuk selalu memikirkan sesuatu secara berlebihan (overthinking). Namun ketika mencari solusinya, selalu saja kita diminta untuk mencari penyebabnya, menghindarinya atau segera menyelesaikannya.

Benar sekali, memang template solusinya adalah seperti itu tapi disini berdasarkan pengalaman dan kecocokan untuk solusinya, saya mencoba untuk berbagi dan menuliskannya agar dapat bermanfaat setidaknya untuk diri pribadi dimasa depan ketika lupa.

1. Cari Tahu Penyebabnya

Langkah dasar untuk mengatasi overthinking adalah mencari penyebabnya, saya yakin sudah banyak diantara anda yang tahu apa penyebab dari munculnya sikap berfikir secara berlebihan itu tapi tetap saja anda selalu overthinking.

2. Menulis

Setelah mengetahui alasannya, anda bisa mulai beralih untuk melakukan kegiatan yang meredakan berfikir secara berlebihan itu. Seperti menuliskannya agar semua yang anda pikirkan tidak selalu berada dalam fikiran anda semuanya.

Tuliskan semuanya, baik masalah atau pun solusi dari permasalahan itu. Tulis semuanya secara keseluruhan, tidak perlu terbebani dengan kerapihan. Intinya pindahkan semua yang ada dikepala anda satu per satu kedalam tulisan. 

Dari sini banyangkan penyimpanan hasil dari buah pikiran anda telah berpindah, yang semula semuanya tumpah ruah didalam pikiran anda sekarang sudah berada diluar pikiran anda. Secara perlahan simpulkan bahwa semua yang telah ku pikirkan tadi ada ditulisan ini. Dan perlahan juga anda perlu berhenti untuk memikirkannya lagi, cukup ingat bahwa semuanya sudah tertulis.

Ini simpel tapi setidaknya, semua itu sudah berada diluar diri anda tanpa anda perlu menghindarinya karena anda masih bertanggung jawab dengan menuliskannya.

3.Meditasi

Jika setelah menuliskannya anda masih berfikir secara berlebihan, maka sekarang saatnya anda menenagkan diri anda dengan bermeditasi, selaras dengan ketenangan.

Duduklah dalam posisi ternyaman anda dan aturlah nafas anda, disini anda tidak perlu khawatir karena semua sudah anda tuliskan. Saat ini yang perlu anda fokuskan adalah tetap tenang karena semua solusi sudah anda pikirkan dan percayalah hasil baik akan mengikutinya, jika tidak sesuai dengan yang direncanakan berarti langit memiliki takdir lain yang lebih bagus untuk anda.

Bukankah selama ini anda tidak pernah berada dalam keadaan yang benar-benar membuat anda tidak bisa melakukan apapun? Itu berarti sang dalang pengatur hidup ini selalu menyiapkan naskah terbaik bagi kehidupan anda. Kesedihan, kekecewaan itu adalah hal biasa termasuk perasaan yang membuat kita menjadi manusia seutuhnya.

Sekarang tersenyum dan jadilah bahagia karena hal ini walaupun kecil akan menarik energi baik yang membuat semuanya sesuai rencana anda.

4.Tetapkan batas waktu

Terakhir anda bisa mulai untuk memberi waktu khusus untuk berada dalam kondisi semuanya. Lalu berkomitmenlah ketika waktu tersebut selesai anda harus mengambil satu keputusan. Apapun hasilnya anda sudah terima dan memutuskan semuanya diwaktu yang sebelumnya telah anda tetapkan.

Melalui semua ini sekali lagi anda harus tenang karena anda sudah peduli dengan menyediakan waktu khusus untuk memikirkannya.

Yak itulah dia Tips Mengatasi Overthinking berdasarkan Pengalaman Pribadi. Semoga cara ini bisa membantu saya dimasa depan dan anda pada saat membaca artikel ini. Intinya percayalah pada hasil terbaik karena kita sudah peduli dan sayang pada diri kita dengan memikirkan semua ini sebelumnya. Dari pada berfikir yang tidak-tidak malah justru menarik energi negatif lebih baik kita percaya dengan diri kita dan sang dalang pengatur alam semesta yang selalu memberi skenario terbaik untuk kita.

sumber:
https://hellosehat.com/mental/stres/cara-mengatasi-overthinking/

Baca Juga ya


BAGIKAN
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar