Juknis OPSI SMP SMA Tahun 2023: Jadwal dan Tahapan Lomba Penelitian Siswa Indonesia

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Juknis OPSI SMP SMA Tahun 2023: Jadwal dan Tahapan Lomba Penelitian Siswa Indonesia - Yuk, kita bahas tentang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2023 yang baru saja dirilis oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)!

OPSI merupakan ajang kompetisi yang digelar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa SMP dan SMA di Indonesia. Dalam ajang ini, peserta didik akan diuji kemampuan untuk menggali potensi dan berinovasi dalam berbagai bidang ilmu sesuai minat dan bakat mereka.

Melalui OPSI, Kemendikbud berharap dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global. Selain itu, OPSI juga bertujuan untuk membangun sikap bertanggung jawab, integritas, dan kemampuan berpikir analitis, kritis, dan kreatif serta keterampilan bekerja sama dalam kelompok.

Peserta ajang OPSI tahun 2023 adalah siswa SMP/MTs kelas VII dan/VIII serta siswa SMA/MA kelas X dan/XI dari seluruh wilayah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN). Para peserta akan diikutsertakan dalam berbagai kompetisi penelitian, forum ilmiah, dan publikasi nasional dan internasional.

Nah, bagi kamu yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang penelitian, ayo manfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan diri dan menunjukkan karya-karyamu!

Pedoman atau Petunjuk Teknis (Juknis) OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) jenjang SMP SMA Tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi BPTI, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  2. Pengiriman proposal penelitian dilakukan secara daring melalui laman pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id dengan batas akhir tanggal 30 April 2023.
  3. Review proposal penelitian meliputi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan metode penelitian.
  4. Seleksi naskah penelitian dilakukan dengan mengirimkan laporan penelitian secara daring mulai tanggal 15 sampai 31 September 2023 dengan jumlah halaman maksimal 20 halaman.

Untuk mengikuti OPSI jenjang SMP SMA Tahun 2023, peserta harus mendaftar melalui aplikasi BPTI, melengkapi data peserta secara akurat dan benar, serta mengunggah surat yang telah dipersyaratkan. Selanjutnya, peserta harus mengirimkan proposal penelitian yang terdiri atas judul, bab pendahuluan, tinjauan pustaka, metode penelitian, dan daftar pustaka. Peserta juga harus memastikan bahwa proposal penelitiannya tidak mengandung plagiarisme dan tidak melanggar etika penelitian. Proposal penelitian akan ditelaah oleh tim reviewer, yang memberikan komentar dan saran agar peneliti memperbaiki proposal penelitiannya, serta memberikan keputusan bagi proposal dengan jenis penelitian yang memerlukan klarifikasi etika penelitian. Setelah proposal diterima, peserta akan menjalani seleksi naskah penelitian dengan mengirimkan laporan penelitian secara daring dengan jumlah halaman maksimal 20 halaman.

Jadwal Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMA SMP Tahun 2023 dijelaskan dalam Petunjuk Teknis (Juknis) OPSI SMA SMP Tahun 2023. Berikut adalah ringkasan jadwal OPSI SMA SMP dari pendaftaran hingga pengumuman finalis:

  • Sosialisasi: 13 Maret 2023
  • Pendaftaran dan pengunggahan proposal penelitian: 20 Maret - 30 April 2023
  • Seleksi Administrasi Peserta: 1 - 5 Mei 2023
  • Review Proposal Penelitian: 8 - 12 Mei 2023
  • Penyampaian hasil review proposal penelitian: 18 Mei 2023
  • Pelaksanaan penelitian: 18 Mei - 30 September 2023
  • Pengunggahan laporan hasil penelitian: 15 - 30 September 2023
  • Penilaian Naskah Penelitian: 9 - 14 Oktober 2023
  • Pengumuman finalis OPSI: 20 Oktober 2023
  • Final OPSI: pameran dan presentasi hasil penelitian: 1 - 6 November 2023

Untuk informasi lebih lengkap, silahkan download Juknis OPSI SMA SMP Tahun 2023 melalui link yang tersedia.

sumber : https://ainamulyana.blogspot.com/2023/03/juknis-opsi-smp-sma-tahun-2023.html

dan untuk menyimpan file diatas silakan :  Berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar