Fakta Unik tentang Porifera (Spons), Hewan yang Berguna sebagai Bahan Kosmetik dan Obat

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Fakta Unik tentang Porifera (Spons), Hewan yang Berguna sebagai Bahan Kosmetik dan Obat - Porifera, atau spons, sering kali dikaitkan dengan tokoh kartun Spongebob Squarepants karya Stephen Hillenburg. 

Namun, jangan salah persepsi, Porifera sebenarnya tidak dapat berpindah tempat seperti yang ditampilkan dalam film kartun tersebut. 

Di samping itu, hewan air ini memiliki beberapa fakta unik yang perlu diketahui, antara lain:

Merupakan hewan multiseluler purba

Porifera merupakan salah satu hewan multiseluler yang paling sederhana dan diperkirakan telah hidup sekitar 1,6 miliar tahun yang lalu. Nama Porifera sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti "pori" dan "membawa".

Tubuhnya berpori seperti busa

Selain memiliki rongga pada tubuhnya, Porifera memiliki tubuh yang berpori seperti busa atau spons dengan bentuk simetris radial. Warna tubuhnya bervariasi dan dapat menjadi pemandangan laut yang indah.

Selalu melekat pada substrat

Porifera hidup di laut dan tidak dapat berpindah tempat dengan bebas karena selalu melekat pada substratnya. Habitatnya meliputi daerah pantai hingga kedalaman laut 5 kilometer.

Memiliki rongga sebagai jalur transportasi air

Porifera memiliki rongga yang disebut spongosol yang berfungsi sebagai jalur transportasi air. Air mengalir melalui rongga ini membawa partikel makanan yang kemudian diserap oleh koanosit di bagian tubuh lain.

Memakan partikel organik dan bakteri

Porifera memperoleh nutrisi dari partikel organik seperti plankton dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh mereka dalam bentuk cairan. Pencernaan terjadi di dalam koanosit dan amoebosit secara intraseluler.

Varian ukuran tubuh

Porifera memiliki berbagai ukuran tubuh, mulai dari sebesar sebutir beras hingga mencapai dua meter.

Terdiri dari dua lapisan struktur tubuh

Porifera memiliki dua lapisan struktur tubuh, yaitu epidermis dan endodermis. Epidermis terdiri dari sel-sel pipih yang disebut pinakosit, sedangkan endodermis terdiri dari sel-sel berflagela yang berfungsi untuk mencerna makanan.

Memiliki kerangka luar

Porifera memiliki kerangka luar atau eksoskeleton yang dapat terdiri dari bahan-bahan seperti kapur, silikat, atau kerangka lunak.

Berkembangbiak dengan tunas

Porifera berkembangbiak dengan tunas, di mana kuncup akan terbentuk pada pangkal kakinya. Jika ada beberapa kuncup yang terbentuk, maka akan membentuk koloni baru.

Dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik dan obat

Kelompok Porifera yang disebut Demospongia dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai keperluan, mulai dari mencuci, kosmetik, hingga obat-obatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang fakta unik Porifera (spons) sebagai hewan air yang berongga, silakan simak ulasan di atas. 

Dan itulah fakta-fakta menarik tentang Porifera, hewan air yang memiliki rongga sebagai jalur transportasi air. Semoga informasi ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

sumber : https://www.amongguru.com/fakta-unik-tentang-porifera-spons-hewan-air-yang-berongga/

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar