5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Saat Kuliah

03.23

Baca Juga

10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Saat Kuliah - Bagaimana jadinya apabila pada waktu hari-hari sibuk berkuliah justru malah jatuh sakit? Jatuh sakit pada waktu hari-hari sibuk berkuliah dapat menjadi sebuah hal yang sangat amat merugikan untuk diri anda, lebih lagi jika anda jatuh sakit pada saat waktu-waktu mendekati hari ujian atau pada saat pelaksanaan ujian, sebab sebagian besar kampus yang ada tidak dapat mentolerir para mahasiswanya yang tidak dapat mengikuti ujian oleh sebab jatuh sakit.

Baca Juga : Cara Kreatif Mahasiswa Hasilkan Uang Tanpa Bahayakan Prestasi

Anda yang berkuliah diluar daerah kota anda atau bahkan luar pulau, terpaksa harus tinggal di kos-kosan. Dan jika anda tiba-tiba jatuh sakit maka kejadian seperti ini akan terasa sangat menyakitkan, sebab tak terdapat satu orang tua ataupun satu keluarga anda yang akan merawat anda karena terhalang pada jarak yang jauh.

Source : google image

Oleh karena itu, anda harus mengusahakan diri untuk selalu dapat menjaga kesehatan diri anda walaupun pada saat itu jadwal dari kuliah anda sangat padat. Untuk itulah berikut ini ada 10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Saat Kuliah

1. Selalu terhidrasi

Jagalah terus agar tubuh anda selalu tetap terhidrasi dengan cara memiliki jumlah cairan yang cukup di dalam tubuh anda. Hal seperti ini mungkin terlihat sangat sepele dan semua orang juga telah mengetahuinya dengan sangat jelas, akan tetapi kebanyakan mahasiswa justru malah tidak mengindahkannya, mereka semua sepanjang hari hanya minum air dalam jumlah yang sedikit saja.

Minumlah air putih 8 gelas saja sudah cukup dalam sehari. Namun perlu diperhatikan bahwa minuman-minuman sejenis kopi dan soda memanglah sama-sama sebuah cairan, akan tetapi jenis minuman tersebut justru bisa menjadikan anda mengalami dehidrasi.

2. Makan makanan sehat, bukan makanan enak

Pola makan dari para mahasiswa memang lebih sering tidak terjaganya, terlebih lagi mereka-mereka para mahasiswa anak kos yang memang mereka tidaklah berada dalam pantauan orang tua. Mereka semua tidak bisa mengontrol setiap asupan makanan yang mereka makan.

Mereka semua terbiasa memakan jenis makanan yang serba instan dan terasa enak di lidah, seperti makanan-makanan yang cepat saji yang sering kali dijual di tempat-tempat makan pinggir jalan di sekitar kampus. Memang benar jenis makanan ini lebih mudah untuk dimakan pada sela-sela jeda berkuliah karena cepat saji dan praktis. Akan tetapi, jenis-jenis makanan seperti ini kebanyakan merupakan tergolong makanan yang berlemak.

Nantinya, meskipun anda sedang sibuk, tetaplah selalu mengusahakan diri untuk memakan jenis makanan yang sehat. Hal seperti ini akan dapat membantu anda untuk menjadi sehat dan jarang sakit.

Baca juga : Sangat Cerdas! Belum Lulus SD, Anak Ini Sudah Diterima di Perguruan Tinggi

3. Sempatkan berolahraga

Pada saat sudah menjadi seorang mahasiswa, anda biasanya akan menjadi malas meski hanya sekedar menggerakan badan anda saja untuk olahraga. Padahal dilain sisi, kampus-kampus ataupun perguruan tinggi yang ada di Indonesia kebanyakan telah memberikan kepada para mahasiswa mereka akses yang gratis untuk menikmati pusat kebugaran contohnya seperti tempat gym, aerobik ataupun senam. Anda bisa mempergunakan peluang seperti ini yang telah diberikan oleh pihak kampus itu dengan cara berkunjunglah ke tempat tersebut untuk berolahraga agar badan anda lebih bugar dan sehat.

4. Lebih perhatian terhadap diri

Apabila anda sedang merasa pilek ataupun flu ataupun merasa adanya gejala-gejala diri akan sakit, lebih baik anda tidak memaksakan diri untuk berangkat ke kampus terlebih dahulu. Istirahatlah dikos atau tempat tinggal anda diperantauan terlebih dahulu, kemudia kirimlah email kepada dosen anda untuk memberitahukan bahwa anda sedang tidak enak badan, sakit dan sekarang sedang beristirahat.

Dengan cara beristirahat, anda membantu badan anda dalam memberikan perlindungan diri terhadap gejala penyakit yang akan menyerang. Tetapi apabila diri anda tetap saja memaksakan pergi ke kampus untuk berkuliah, hal seperti ini dapat menjadikan diri anda sendiri lebih sakit lagi bahkan juga dapat menyebarkan virus dari gejalan penyakit yang anda alami kepada orang lain.

5. Teraturlah dalam tidur

Memang tak salah jika anda menjadi layaknya kebanyakan para mahasiswa yang ada, yang dimana kebanyakan dari mereka tidak bisa mendapatkan cukup waktu tidur oleh sebab kesibukan yang ada diantara kuliah dan kegiatan berorganisasi.

Tapi perlu anda perhatikan bahwa memperoleh waktu tidur yang cukup bisa memberikan efek besar dalam hal kesehatan dalam diri anda. Oleh karena itulah, sediakan paling tidak waktu untuk anda tidur 7-8 jam setiap harinya. Pandai-pandailah anda dalam mengatur waktu agar anda mempunyai waktu untuk tidur yang cukup.

Sekian dari artikel kali ini tentang 10 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Saat Kuliah
Previous
Next Post »
0 Komentar