Jenis-jenis Simpul Tali Pramuka dan Fungsinya dilengkapi dengan Gambar

00.27

Baca Juga ya

Jenis-jenis Simpul Tali Pramuka dan Fungsinya dilengkapi dengan Gambar - Simpul adalah hasil yang dibentuk dari dua buah tali atau lebih yang disatukan sedemikian rupa. Sedangkan untuk tali sendiri merupakan sebuah benda yang digunakan biasanya dalam membuat jerat maupun simpul. Tidak seperti simpul, definisi jerat sendiri adalah suatu ikatan diantara satu buah tali dengan satu buah benda, contohnya seperti ikatan diantara tali dengan satu buah tongkat, itulah yang disebut dengan jerat.

Sedangkan untuk jenis tali yang sering kali digunakan untuk kegiatan kepramukaan yang disebutkan dalam judul yakni jenis tali dengan bahan nylon. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis tali berbahan dasar nylon diantaranya adalah ringan, bertingkat elastis tinggi sehingga mudah untuk diatur, untuk itulah dapat dengan mudah dibuat suatu simpul, dan selain yang telah disebutkan tali berbahan dasar nylon juga sedikit menyerap air. Namun dilain sisi tali berbahan dasar nylon memiliki kekurangan yakni tidak tahan terhadap suhu panas sehingga mudah meleleh jika berada pada suhu yang tinggi, Oleh karena itu tali jenis ini harus disimpan pada ruang yang sebisa mungkin terhindar dari paparan sinar matahari.

Baiklah dari pada kita terlalu jauh membahas tentang talinya lebih baik kita kembali pada fokus kita yakni Jenis-jenis Simpul Tali Pramuka dan Fungsinya dilengkapi dengan Gambar  yang dijabarkan dibawah ini

Jenis-jenis Simpul Tali Pramuka dan Fungsinya dilengkapi dengan Gambar

Simpul Hidup

Simpul hidup adalah simpul yang biasa digunakan dalam mengikat suatu benda ataupun tiang. Simpul yang satu ini sangat mudah sekali untuk dilepaskan kembali. Sedangkan dikenyataan sehari-hari, simpul hidup seperti ini sering dipakai untuk mengikat hewan. Untuk gambar dari simpul hidup ada dibawah ini.

Simpul Mati

Tidak hanya simpul hidup, terdapat pula Simpul mati. Simpul mati merupakan simpul yang berfungi untuk menyambungkan dua buah tali satu sama lain dengan ukuran yang relatif sama besar (berbeda ukuran tetap bisa) agar sambungan tersebut kuat dan tidak licin (kering) alias tidak gampang lepas terpisah. Simpul mati memang pada kenyataannya sangat sulit untuk dilepaskan lagi karena memang simpul jenis ini digunakan untuk mengakhiri jenis simpul tali yang lainnya (sesuai dengan definisi dari katanya akni simpul mati sudah mati tidak bisa bergerak atau dilepaskan lagi).

Simpul Jangkar

Jenis simpul dengan nama simpul jangkar ini umumnya digunakan untuk tujuan mengikat jangkar darurat atau dapat juga digunakan untuk mengikat tali pada ember.

Simpul Pangkal


Simpul jenis ini umumnya seringkali digunakan menjadi awalan ataupun akhiran dari suatu simpul. Dikenyataan yang ada dalam kehidupan sehari-hari simpul pangkal seperti ini dapat memiliki fungsi  untuk mengikat tongkat ataupun kayu.

Simpul Tarik

Simpul tarik seperti ini seringkali dimanfaatkan sebagai pengikat leher pada binatang, akan tetapi simpul ini aman karena tidak sedikitpun mencekikleher hewan, sebab simpul tarik ini mampu menghasilkan suatu loop pada tali yang bisa diperbesar  maupun diperkecil kembali. Pada kenyataan kehidupan sehari-hari, umumnya simpul seperti ini sering digunakan sebagai simpul tali untuk turun dari atas pohon dan bahkan turun ke dalam jurang.


Simpul Ujung Tali

Simpul ujung tali seperti gambar dibawah ini berfungsi agar tali pintalan yang ada pada ujung tali tidak gampang lepas.

Simpul Anyam

Simpul anyam memiliki fungsi untuk menyambung dua buah tali yang memiliki ukuran berbeda atau tidak sama besar serta dalam keadaan yang kering.

Simpul Rantai

Sedang yang terakhir yakni simpu rantai memiliki fungsi untuk memperpende juga memperkuat tali.
Ya demikianlah bahasan tentang Jenis-jenis Simpul Tali Pramuka dan Fungsinya dilengkapi dengan Gambar yang semangat27.com tuliskan dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat, sehat selalu dan banyak rezeki para pengunjung semua. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya bye bye


Previous
Next Post »
0 Komentar