Materi Juknis dan Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2018

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Materi Juknis dan Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2018 - OSN atau Olimpiade Sains Nasional adalah salah satu dari sekian banyak program yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam usaha untuk meningkatkan mutu dari pendidikan yang ada di Indonesia khusunya pada bidang sains.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) juga menjadi wadah untuk para siswa dan siswi dalam mengimplementasikan PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter melalui bidang sains dalam rangka mengembangkan aspek kompetisi untuk para siswa dan siswi SMP/MTS Negeri maupun Swasta sederajat di seluruh penjuru Republik Indonesia ini di berbagai bidang meliputi bidang IPA, IPS dan  Matematika.

Harapnya dengan adanya Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini mampu meningkatkan secara signifikan atmosfir suasana kompetisi yang jujur dan sehat antar sekolah yang ada, sehingga seluruh sekolah yang ada di negara ini berlomba-lomba untuk dapat menumbuh kembangkan program-program terbaiknya guna meningkatkan mutu berbagai pembelajaran tertutama dalam mata pelajaran yang dilombakan seperti IPA, IPS dan Matematika, IPA serta secara tidak sadar dapat mengantarkan para siswa dan siswi Indonesia menjadi mencintai sains.

Dengan adanya perlombaan seperti OSN ini harapnnya dapat terjadi lonjakan peningkatan dari berbagai minat dan pastinya juga prestasi yang didapat diraih para siswa dan siswi terutama dalam bidang IPA, IPS dan Matematika serta dengan adanya seleksi maka akan terpilih para siswa dan siswi pilihan yang dirasa layak dan mampu untuk bisa berprestasi pada perlombaan yang lebih tinggi yakni ditingkat nasional dan bahkan ditingkat internasional.

Baiklah untuk sedikit isi dari Materi Juknis dan Silabus Olimpiade Sains Nasional SMP 2018 akan dijabarkan dibawah ini.


Tujuan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018

Tujuan Umum
Tujuan umum OSN adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang Matematika, IPA, dan IPS yang berasaskan pendidikan karakter.
Tujuan Khusus
  • Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan prestasi belajar Matematika, IPA, dan IPS.
  • Membangkitkan minat dan kegemaran siswa terhadap bidang Matematika, IPA, dan IPS.
  • Menumbuhkembangkan kemampuan siswa untuk berfikir kritis, sistematis, kreatif, inovatif, dan produktif sebagai bekal dalam kehidupan.
  • Menanamkan kesadaran dan keberanian siswa untuk mencoba, belajar menerapkan secara langsung, dan dapat berprestasi secara optimal.
  • Menanamkan sifat kompetitif dan kerjasama yang sehat sejak dini.
  • Memetakan kemampuan siswa dalam bidang Matematika, IPA dan IPS sesuai standar mutu pendidikan secara nasional.
  • Mengidentifikasi siswa berprestasi di setiap sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.
  • Menyeleksi siswa terbaik tingkat nasional pada jenjang SMP, MTs atau yang sederajat untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat internasional.
  • Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi dalam bidang Matematika, IPA dan IPS.
Persyaratan Peserta OSN 2018 : Kegiatan OSN tahun 2018 terbuka untuk siswa SMP/MTs negeri dan swasta, atau yang sederajat, berkewarganegaraan Indonesia, dan memenuhi persyaratan sebagai berikut.
  • Bukan peraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN SMP Tingkat Nasional tahun sebelumnya.
  • Terdaftar sebagai siswa SMP, MTs, atau yang sederajat, kelas VII atau kelas VIII pada saat mengikuti seleksi OSN di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi.
  • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik yang diperoleh dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  • Sekurang-kurangnya telah mengikuti proses belajar mengajar selama satu semester di sekolah tersebut, dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  • Memiliki nilai rapor sejak semester pertama serendah-rendahnya 75 (tujuh puluh lima) dalam skala 100 (seratus) untuk bidang lomba yang akan diikuti.
  • Berkelakuan baik dan tidak terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan minuman keras, yang dibuktikan dengan surat keterangan kepala sekolah.
  • Dikirim oleh sekolah yang bersangkutan dibuktikan surat keterangan kepala sekolah.
  • Peserta hanya berhak mengikuti satu bidang lomba.
Bentuk Kegiatan dan Materi OSN 2018 : Kegiatan OSN dilaksanakan secara bertahap mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional dengan mekanisme sebagai berikut.
  • Tingkat sekolah: mekanisme seleksi ditentukan berdasarkan dua pilihan mekanisme seleksi yang telah diatur pada bab III buku petunjuk pelaksanaan OSN.
  • Tingkat kabupaten/kota dan provinsi: seleksi dilakukan melalui tes tertulis.
  • Tingkat nasional: seleksi dilakukan melalui tes teori untuk Matematika, tes teori dan tes eksperimen untuk IPA serta tes teori dan keterampilan untuk IPS.
Tahap Pelaksanaan Lomba OSN 2018 : Seleksi dilaksanakan dalam 4 (empat) tahap, yaitu sebagai berikut.
  • Tahap I : Seleksi tingkat sekolah
  • Tahap II : Seleksi tingkat kabupaten/kota
  • Tahap III : Seleksi tingkat provinsi
  • Tahap IV : Seleksi tingkat nasional
Hadiah dan Penghargaan OSN 2018 : Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta OSN SMP sebagai motivasi untuk meningkatkan prestasi, semangat belajar, dan penunjang pendidikan di sekolah. Pengaturan hadiah dan penghargaan untuk para pemenang sebagai berikut.
  • Di tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah.
  • Di tingkat nasional, medali yang diperebutkan untuk masing-masing bidang yaitu: 5 emas, 10 perak dan 15 perunggu. Khusus bidang IPA penghargaan tambahan untuk kategori best theory dan best experiment. Semua hadiah dan penghargaan diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Para peserta OSN SMP tingkat nasional yang memenuhi persyaratan yang ditentukan Direktorat Pembinaan SMP akan mendapatkan Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2018 sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah). 

Materi Juknis dan Silabus Olimpiade Sains Nasional SMP 2018


Pada masa persiapan diri dalam keikutsertaan para peserta didiknya dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP tahun 2018, berbagai pihak yang ada yang terkait dengan sekolah, juga dinas pendidikan DISPENDIK kabupaten/kota, dan bahan dinas pendidikan DISPENDIK provinsi bisa mempelajari dan berpacu pada rujukan materi tes 3 bidang yang diujikan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) yakni IPA, IPS dan Matematika melalui Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2018.

Ruang Lingkup bahasan yang ada dimateri silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) berdasarkan pada Kurikulum 2013 yang ada dan juga pastinya lingkup silabus olimpiade sains internasional karena Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang ada untuk persiapan mengikutinya. Dari lingkup bahasan tersebut didapatkan materi-materi inti soal harus dipelajari yang sesuai dengan kebutuhan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang ada, selanjutnya seluruh materi yang ada ini kemudian dituangkan kedalam silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Hal yang diharapkan dari para peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini tidak lain yakni para pesertanya mampu untuk menjadikan diri memiliki keterampilan-keterampilan dalam High Order Thinking Skills (HOTS) atau berpikir tingkat tinggi. Seluruh bahasan materi yang ada didalam silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini adalah bahan acuan pokok dimana digunakan untuk penyusunan kisi-kisi soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan pastinya juga naskah soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang pasti nantinya dan dapat diinterpretasikan melalui tingkat kesulitan setiap soal yang berbeda-beda.

Berbagai tingkat kesulitan yang ada akan dibuat berjenjang, soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) ditingkat provinsi tentunya akan relatif lebih sulit apabila dibandingkan dengan soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) ditingkat kabupten/kota, dan begitupun setelahnya yakni soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional akan relatif lebih sulit apabila dibandingkan dengan tingkat soal Olimpiade Sains Nasional (OSN) provinsi.

Silakan bagi adan yang ini menyimpan Materi Juknis dan Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2018 pada tautan berikut.

Silabus (Materi/Kisi-kisi) Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018
Petunjuk Teknis (Juknis) Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2018

Itulah yang bisa semangat27.com berikan pada artikel Materi Juknis dan Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP 2018 kali ini. Apabila ada pertanyaan silakan tulis pada komentar dibawah. Demikian, semoga sehat selalu dan banyak rejeki para pengunjung Semangat27.com. Akhir kata, semoga bermanfaat.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar