Penjelasan RDF semantic web secara sederhana

09.10

Baca Juga ya

Penjelasan RDF semantic web secara sederhana - selamat pagi, ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yakni Penjelasan RDF semantic web secara sederhana

RDF dalam semantic web

RDF atau Resource Description Framework adalah suatu model data untuk mempresentasikan "seluruh pengetahuan dari manusia" dengan cara merepresentasikan segala detail tentang pengetahuan manusia kedalam relasi subjek-predikat-objek. RDF akan berhubungan dengan bagaimana cara memodelkan data yang dimiliki sebelumnya.

Resource

apa yang dimaksud dengan resource yang merupakan pusat dari konsep ini? segala model data dibuat untuk mempresentasikan resource ini, seluruh pengetahuan manusia yang ada masing-masing akan direpresentasikan dalam suatu resource.
lalu sebenarnya apakah itu resource? resource adalah segala sesuatu, segala sesuatu dapat disebut sebagai resource. contohnya komputer dapat disebut sebagai resource, hp, mobil, awal, siang, malam dan segala sesuatu yang ada dalam pikiran manusia

contoh resource :
presiden sby, istana negara (entitas fisik)
relasi diantara keduanya (entitas virtual) yang tidak dapat dipenggang, tidak dapat dilihat akan tetapi memiliki nama dan ini juga merupakan suatu resource.
entitas fisik dan virtual jika digabungkan akan menjadi seperti presiden sby ada di istana negara.

model atau framework yang menggambarkan resource berikut relasi antar resource disebut RDF (resource description framework)
untuk dapat menggambarkan apa yang ada diatas RDF menggunakan triple subjek objek predikat

presiden sby (subjek)
ada di (predikat)
istana negara (objek)



pada gambar terdapat dua node (entitas) terdapat garis yang mengarah dari subjek ke objek. garis yang ada digambar tidak sembarang dan arahnya tidak dapat dibalik karena logic ini tidak valid lagi. hubungan adanya subjek yang dihubungkan dengan relasi predikat kearah objek disebut denga triple atau directed graph. konsep yang ada ini serupa dengan logika atau ilmu dalam menyusun kalimat pada linguistik yang dimana suatu kalimat tersusun dalam subjek predikat objek dan atau keterangan namun disini tidak ada keterangan karena konsep ini harus dibuat sesederhana mungkin agar dapat diproses oleh komputer


sekarang bagaimana rdf dapat membuat suatu model yang dapat diproses oleh komputer, bagaimana data triple dapat dipahami oleh komputer, relasi-relasinya dapat dipahami oleh komputer.
apakah anda mengingat bahwa satu entitas dapat memiliki beberapa nama dan bagaimana cara agar kata-kata tersebut merefer kedalam makna yang sama? yakni dengan menggunakan identifier, contoh identifier dalam kehidupan nyata adalah nomor dalam KTP, dalam internet nomor ini disebut dengan URI (Uniform, Resource, Identifier)
URI merefer pada suatu halaman atau resource yang ada dalam internet.



RDF statement
berisi relasi dari URI yang menggambarkan relasi dalam suatu subjek, predikat dan objek.

FOAF
adalah salah satu vocabulary, menjelaskan tentang orang dan hubungannya dengan orang lain, menggambarkan bagaimana cara mendeskripsi tentang orang, mendeskripsikan tentang lokasi.


CURIE (Compact URI)
URL yang panjang dapat dibuat lebih compact

format standar penulisan RDF
#DRF/XML
ditulis menggunakan JENA

Lalu bagaimana memberitahu komputer bahwa resource tersebut memiliki label SBY dengan nama Susilo Bambang Yudhoyono adalah dengan menambahkan relasi yang merefer ke nama tersebut.


Relasi ini bukanlah suatu resources melainkan string biasa, relasi ini juga jika dibaca oleh manusia akan mengalami kesulitan karena memang ditujukan pada komputer. Dan untuk format yang dapat lebih dipahami oleh manusia adalah dengan format yang berikutnya yakni menggunakan N3 (Notation 3)

#N3 (Notation 3)
ditulis dengan menggunakan Protege


cara membacanya yang menyatakan bahwa sby memiliki nama susilo bambang yudhoyono. penulisan ini selain bisa dimengerti oleh komputer juga mudah untuk dipahami oleh manusia.

Directed labelled graph


elips menggambarkan resource, kotak berisi sting

subjek pri:sby dengan predikat:foaf:location memiliki objek gloc:istana-negara
subjek pri:sby dengan predikat:foaf:name memiliki objek berupa string "Susilo Bambang Yudhoyono"
Previous
Next Post »
0 Komentar