Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2018 Resmi dari Badan Kepegawaian Negara

09.23

Baca Juga ya

Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2018 Resmi dari Badan Kepegawaian Negara  - Assalamualaikum, selamat pagi para pengunjung blog semangat27.com, alhamdulillah penulis bisa melakukan update diblog ini kembali disela-sela rutinitas mengerjakan tugas akhir dibangku perkuliahan. Berbicara tentang tugas akhir berarti sebentar lagi akan lulus dan berbicara tentang kelulusan tidak jarang banyak diantara para mahasiswa yang setelah lulus berkeinginan untuk menjadi pegawai negeri, tanpa terkecuali penulis yang baru saja tadi malam disarankan untuk mendaftar CPNS 2018 oleh teman penulis yang berkerja sebagai PNS juga di dinas kependudukan dan pencacatan sipil.

CPNS Lulusan SMA

Sedikit banyak bercerita disarankan untuk mencoba mendaftar CPNS dengan menggunakan ijazah SMA karena memang penulis belum lulus sarjana untuk tahun ini. Mendengar hal tersebut penulis tidak percaya ada CPNS dengan hanya menggunakan ijazah SMA, namun percaya tidak percaya ternyata memang ada. Dengan mengetikan kata kunci SLTA di laman pendaftaran CPNS 2018 kita bisa menemukan ada formasi untuk CPNS yang memiliki ijazah SMA yakni kalau tidak salah ada beberapa jabatan seperti Penjaga Tahanan, Petugas Keamanan dan lain sebagainya sekitar 443 entrise yang didapat dari hasil pencarian tersebut, yang mungkin bisa para pengunjung cek langsung sendiri di situs resmi pendataran CPNS tahun 2018 https://sscn.bkn.go.id/lowongan.


Selain tentang jabatan apa saja yang dapat diambil oleh para pendaftar CPNS 2018 dengan ijasah SMA, penulis juga mau tidak mau harus bertanya juga tentang berapa gaji seorang CPNS dengan ijasah SMA. Menurut teman penulis sebesar untuk golongan CPNS dengan ijasah SMA akan mendapat gajih sekitar 1,6 - 1,8 juta pokoknya sekitar 2 juta kurang sedikit, pikir penulis ini kecil akan tetapi menurut teman penulis itu barulah gaji pokok, diluar gaji pokok tersebut ternyata ada tunjangan kinerja yang kata temen penulis minimal bisa mencapai 5 juta. Terlepas benar atau tidak akan tetapi teman penulis bekerja sebagai PNS jadi percaya-percaya saja, penulis merasa cukup lumayan dengan ijasah SMA menjadi seorang CPNS bisa memiliki gaji sekitar 7 jutaan.

Lalu untuk kuliah gimana? Menurutnya tetap bisa berjalan akan tetapi harus cuti terlebih dahulu kuliahnya karena ada aturan dimana setelah SK CPNS keluar maka para CPNS harus bekerja 1 tahun, lalu menjadi PNS setelahnya dan kemudian barulah bisa ijin studi kuliah, 2 tahun setelah menjadi PNS. sekitar 3 tahun cuti baru bisa lanjut dan setelah memperoleh ijasah S1 bisa mengajukan kenaikan golongan PNS yang setara dengan ijasah S1. Aahh penulis bingung setelah mendengar hal itu karena penulis sendiri belum mencari tahu kebenaran dari informasinya, akan tetapi jika ini benar maka lumayan untuk pengetahuan penulis didunia per PNS an untuk itulah penulis coba narasikan diblog ini, yang jika suatu saat penulis tertarik lagi untuk menjadi PNS bisa penulis baca lagi apa yang telah penulis dapatkan dari teman penulis yang bekerja sebagai PNS ini.

Terlepas dari keterkejutan penulis diatas, ternyata tidak lama lagi seleksi berkas dari pendaftaran CPNS 2018 akan segera berakhir yang artinya tidak akan lama para pendaftar CPNS 2018 akan melakukan serangkaian tahap lain dari CPNS 2018 ini seperti berbagaimacam tes. Nah berbicara tentang tes ada kabar gembira yang datangnya dari Badan Kepegawaian Negara yang secara resmi dalam akun twitter officialnya di @BKNgoid menginformasikan informasi terkait Kisi-kisi soal CPNS 2018 yang disaranakn untuk dipelajari oleh para pendaftar CPNS 2018, Kisi-kisi yang ada seperti materi soal seputar tes kisi-kisi soal TIU CPNS 2018, kisi-kisi soal TWK CPNS 2018, dan kisi-kisi soal TKP CPNS 2018 yang ada di peraturan.

Lalu bagaimaca caranya untuk memperoleh kisi-kisi soal tes CPNS 2018 resmi tersebut? BKN telah menyediakan lamas khusus dalam hal ini dimana para peserta bisa melakukan simulasi tes CPNS 2018, baik tes yang berisi kisi-kisi soal TIU CPNS 2018, kisi-kisi soal TWK CPNS 2018, hingga kisi-kisi soal TKP CPNS 2018 dengan mengunjungi laman Simulasi CAT BKN yang bahkan telah dilengkapi dengan scoring sehingga bisa mengetahui sejauh mana kemampuan dalam menjawab soal-soal tersebut.

Cara Mendaftar laman Simulasi Soal PNS CAT BKN

-Kunjungi http://cat.bkn.go.id/simulasi/index.php.
-Log in dengan memasukan email dan juga kata sandi.
-Lalu masukan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email yang dimasukan.
-Jika berhasil para peserta dapat langsung melakukan simulasi CAT BKN yang didalamnya berisi kisi-kisi soal TIU CPNS 2018, kisi-kisi soal TWK CPNS 2018, hingga kisi-kisi soal TKP CPNS 2018.

Nah untuk Tes yang berbasis CAT sendiri didalamnya meliputi SKD (seleksi kompetensi dasar) dan SKB (seleksi kompetensi bidang), yang mungkin bagi para peserta CPNS 2018 yang baru pertama kali mendaftar akan terdengar asing.

Sedikit akan penulis coba jabarkan dibawah ini
-Tes SKD (seleksi kompetensi dasar) dengan tahapan seleksi meliputi :
TWK (Tes Wawancara Kewarga Negaraan),
TIU (Tes Intelegensia Umum (TIU), 
serta TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

setelah lolos SKD maka akan melanjutkan ketahap berikutnya yakni
-tes SKB (seleksi kompetensi bidang) dengan tahapan seleksi meliputi
Tes kesamaptaan 
dan Tes FSK (pengamatan fisik dan keteramapilan)

Tes yang ada dalam tahap seleksi SKD antara lain, Tes Wawancara Kewarganegaraan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Contoh Soal Tes CPNS

Nah sedangkan untuk yang penasaran seperti apa kisi-kisi soal tes CPNS lainnya yang bisa teman-teman simpan sebagai gambaran saja, dengan mengunjungi link dibawah ini.


sumber :http://jogja.tribunnews.com/2018/10/12/download-contoh-kumpulan-soal-soal-cpns-2018-dan-cara-daftar-ke-laman-simulasi-cat-bkn?page=4
Previous
Next Post »
0 Komentar