Pembahasan Soal OSN IPA SMP 2019 Tingkat Kabupaten Bagian Fisika

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Pembahasan Soal OSN IPA SMP 2019 Tingkat Kabupaten Bagian Fisika

Semangat27.com - selamat malam, kali ini kami dari tim OSN semangat27 berhasil menemukan sumber terpercaya yang membuat pembahasan secara rinci jawaban dari soal OSK IPA SMP tahun 2019 bagian fisika. Silakan teman-teman untuk bisa memanfaatkan dengan mempelajarinya dalam rangka untuk mempersiapkan diri menghadapi OSN IPA SMP 2020. Selamat belajar dan jadilah pemenang di OSN 2020.

OSN SMP sendiri selain mata pelajaran IPA juga berisi mata pelajaran lainnya yang dilombakan seperti OSN IPA SMP, OSN IPS SMP dan OSN Matematika SMP 
Yang terselenggara dalam beberapa jenjang tingkatan seperti Olimpiaden Sains Kabupaten, Provinsi dan Nasional

Baiklah langsung saja berikut adalah Pembahasan soal osn ipa fisika smp 2019 tingkat kabupaten/kota yang biasa disebut OSK IPA SMP bidang fisika oleh Siswo Eko Dwijakuncara dari www.fisikauntukjunior.blogspot.com


Pembahasan Soal OSN IPA SMP 2019 Tingkat Kabupaten Bagian Fisika

pembahasan soal dalam berkas dikerjakan secara cukup detail dan diserati bukti serta alasan mengapa jawaban tersebut dipilih, sang pembahasan membutuhkan 11 halaman untuk mengerjakan seluruh bagian mata pelajaran fisika yang ada dalam soal OSK IPA SMP 2019 dari nomor 27 hingga nomor 50. Bagi anda yang ingin bertanya silakan bisa langsung menuliskan pada kolom komentar.

Berikut ini isi dari beberapa pembahasan yang menggunakan kata-kata kami tuliskan juga dibawa ini
  • Pembahasan 27 : Massa jenis air adalah 1 gram tiap cm3, sehingga air dengan volume 1 liter (1000 cm3) massanya 1000 gram = 1 kg. Setengah ember air sungai dengan volume 5 liter setidaknya bermassa 5 kg. Jadi beban yang dibawa Ahmad lebih besar dari Budi.
  • Pembahasan 29 : Jika suatu benda diberikan kalor maka kemungkinan yang terjadi adalah suhunya bertambah dan seiring dengan pertambahan panjang, benda memuai. Jadi jika pada benda suhunya bertambah, panjangnya juga bertambah. Grafik A paling tepat menunjukkan perubahan panjang terhadap perubahan suhu. 
  • Pembahasan 33 : Pada gerak parabola benda yang dilempar dengan sudut elevasi tertentu akan bergerak pada dua arah secara bersamaan yaitu arah vertikal dan arah horisontal. Gerak arah vertikal bersifat GLBB sedang gerak horisontal bersifat GLB. 
  • Pembahasan 35 : Benda dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal tertentu maka saat bergerak ke atas kecepatan benda makin lama makin kecil sehingga saat mencapai tinggi maksimum benda berhenti (kecepatan nol), sesaat kemudian jatuh lagi dengan pertambahan kefepatan secara beraturan hingga mencapai tanah. Pada saat bergerak naik grafiknya turun sedang pada saat jatuh kembali grafiknya naik. 
  • Pembahasan 40 : Gelombang bunyi termasuk jenis gelombang mekanik yaitu gelombang yang memerlukan medium untuk merambat. Bunyi yang dikeluarkan oleh speaker dirambatkan oleh udara yang ada di dalam kaca. Jika udara yang ada dalam kaca dikeluarkan hingga habis maka tidak ada lagi medium untuk merambatkan bunyi sehingga bunyi tidak terdengar. 
  • Penyelesaian 45 : Pada warna pelangi, warna merah memiliki panjang gelombang terpanjang sedangkan warna ungu memiliki panjang gelombang terpendek. Urutan warna pelangai berdasarkan panjang gelombang terbesar ke terkecil adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. 
  • Pembahasan 46 : Sinar matahari termasuk jenis gelombang elekromagnetik yaitu gelombang yang dapat merambat tanpa memerlukan medium. Jadi walaupun ruang angkasa antara matahari dan bumi relative hampa maka sinar matahari tetap bisa mencapai bumi. 
  • Pembahasan 48 : Jika suatu batang magnet berada di dalam pembungkus maka jumlah garis gaya magnet yang menembus masuk sama dengan jumlah garis gaya magnet yang menembus keluar.
Baca juga : Soal dan Pembahasan OSN IPA SMP 2019
untuk memperoleh update terbaru seputar soal dan pembahasan osn.

dan untuk menyimpan file diatas silakan  pembahasan soal osn ipa smp 2019Berikut ini

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar