Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan Sejak Tahun Pertama Kuliah

Print Friendly and PDF 0 Viewers
Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan Sejak Tahun Pertama Kuliah

Gimana nih, anak-anak Mami yang tahun kemarin baru berkuliah udah bisa adaptasi belum di kampus? Belum terlambat kok buat menerapkan kebiasaan baik berikut ini supaya kuliahmu lancar jaya, Nakkk. Jangan sampai nyesel diakhir loh gara-gara tidak melakukan apa-apa dan mengenal siapa-siapa selama berkuliah, rugi dong.

Kebiasaan Baik yang Harus Dilakukan Sejak Tahun Pertama Kuliah

Rajin Masuk 

Baru juga kuliah tahun pertama masa malah rajin titip absen? Jangan sampai kamu harus ngulang banyak mata kuliah cuma gara-gara absensi, ya. Nitip absen memang nikmat tapi disemester tua pasti penyesalan akan datang karena kalian harus mengulang mata kuliah semester awal yang isinya maba semua. Kalian ngga mau kan pas masuk kelas para mahasiswa baru pada ngeliatin muka kalian yang sudah tidak muda lagi karena dulu sewaktu maba sering TA jadi ngga paham satu pun sedikit pun materinya.

Rajin Mencatat 

Berbeda dengan masa SMA, seringkali dosen membahas materi yang nggak bisa kamu temukan di buku. Jadi rajinlah mencatat poin penting yang disampaikan dosenmu, ya. Percayalah di dunia perkuliahan mata kuliah itu ibarat makanan yang para dosen sering kali secara tiba-tiba menunjukan ini loh makanan yang enak, sisanya kalian sendiri yang menentukan mau makan itu atau tidak. Jadi dengarkan baik-baik dan catat ya.

Hindari Ujian Susulan 

Kecuali kamu benar-benar sakit atau sedang terjadi musibah, jangan sampai kamu melewatkan ujian. Biasanya dosen malas membuat ujian susulan hanya untuk satu orang, apalagi kalau alasannya dianggap nggak penting. Lagian kamu bisa bayangkan ngga ujian didalam ruangan sendiri tanpa ada satu pun orang? Wkwk mending kalau bisa ngerjain, kalau ngga mau gimana hayo ngga ada temennya.

Membangun Networking dengan Kakak Tingkat 

Mengenal kakak tingkat alias senior itu banyak untungnya, lho. Siapa tau dari mereka kamu bisa dapet tips & trik menghadapi dosen tertentu, dipinjami catatan kuliah, sampe diberi rekomendasi saat mau magang atau kerja! Pliss jangan jadi mahasiswa ansos yang ngga mau kenal siapa-siapa. Relasi itu penting bro terutama untuk momen setelah kuliah, dijamin kamu bakal nyesel kalau sudah lulus tapi bingung mau lanjut kerja dimana terutama jika tidak akrab dengan alumni tahun sebelum-sebelumnya dari kampusmu karena biar bagaimanapun mereka bisa merekomendasikan kamu untuk bisa masuk ke tempat mereka bekerja.

Mengikuti Kegiatan Kampus 

Biasanya setiap kampus memiliki unit kegiatan mahasiswa. Jangankan kampus, jika tempat berkuliahmu besar maka tiap jurusan pasti memilikinya juga. Selain bisa menyalurkan hobi, kamu juga bisa menambah teman baru dan mendapat pengalaman. Asal kuliah jangan sampai keteteran yaa.

Baca juga : Tips Bahagia di Usia Muda

Komentar Menarik : 
  • inget nih maba yang nackal
Diatas cuma sedikit kebiasaan baik yang bro, mungkin dari kaka senior ada yang baca disini, Coba yang udah lebih senior, boleh dong kasih saran lainnya untuk dedek dedek gemes.

Baca Juga ya


BAGIKAN
Previous
Next Post »
0 Komentar