Fakta Menarik dan Unik dari Ular King Kobra

Print Friendly and PDF 0 Viewers

Fakta Menarik dan Unik dari Ular King Kobra

Semangat27.com. Ada orang yang mengatakan bahwa Ular Kobra merupakan raja dari seluruh jenis ular yang ada di dunia. Ular ini memiliki kecepatan dalam menyerang dan jenis bisa mematikan yang tidak dimiliki oleh jenis ular lain, oleh sebab itulah ular ini mendapat julukan King Kobra.

Rata-rata waktu dari setiap manusia yang mendapat gigitan dari ular king kobra ini hanya bertahan sekitar 15 menit saja, sebelum kematian mendatanginya. Oleh sebab itu bisa (racun) dari ular ini tergolong sangat mematikan.

Pajang tubuh dari ular king kobra ini bisa mencapai 3 hingga 5 meter. Kobra menyuntikan racun kepada mangsanya menggunakan taring tetap berongga yang memiliki ukuran 8 - 10 milimeter.

Daerah persebaran dari ular king kobra di Indonesia sendiri berada di wilayah pulau Bali, Bangka, Jawa, Kalimantan, Kepulauan Riau, Mentawai, Sulawesi dan Sumatera.

Dibawah ini kita akan membahas beberapa fakta mengenai salah satu jenis reptil yang mematikan ini dalam Fakta Menarik dan Unik dari Ular King Kobra

Ular king kobra suka tinggal di rumpun bambu

1. Suka Bertempat Tinggal di Rumpun Bambu

Biasanya ular king kobra itu sangat senang bersarang di rumpun bambu. Pada tempat itu, ular king kobra biasanya akan membuat sarang untuk bertelur hingga menunggu sampai telur-telurnya menetas.

Ular king kobra memiliki bisa racun yang mematikan

2. Bisa (Racun) yang Sangat Mematikan

Ular king kobra memiliki bisa (racun) yang menyerang sistem syaraf dengan cepat dan memberikan rasa sakit yang luar biasa. 

Bisa (racun) ular king kobra yang termasuk kedalam jenis racun haemotoxcin dan neurotoxcin ini akan memberikan gejala langsung sesaat setelah racun tersebut masuk kedalam tubuh seperti kelumpuhan otot, vertigo dan pandangan yang mulai mengabur. 

Korban yang terkena akan mengalami kegagalam pada sistem kardiovaskular yang berujung pada kematian.

Ular king kobra memiliki kebiasaan merentangkan kulit leher ketika terancam

3. Mempunyai Kebiasaan Merentangkan atau Melebarkan Kulit Leher

Ular king kobra memiliki salah satu kebiasaan unik untuk merentangkan atau melebarkan kulit lehernya membentuk semacam tudung saat dalam kondisi terancam.

Tudung khas yang dilebarkan inilah yang membuat kita dapat dengan mudah mengidentifikasi dan membedakannya dari jenis ular yang lainnya.

Ular king kobra memiliki kemampuan penglihatan hingga 100 meter jauhnya

4. Penglihatan hingga Jarak 100 Meter

Kemampuan penglihatan ular king kobra bisa mencapai jarak 100 meter jauhnya. Selain kepekaan merasakan getaran, kemampuan penglihatan tajam inilah yang ular ini gunakan untuk melacak mangsanya.

Ular king kobra memiliki lidah bercabang pendeteksi mangsa

5. Lidah Bercabang Pendeteksi Mangsa

Ular king kobra mendeteksi para mangsa dengan menggunakan lidahnya yang bercabang. Lidah bercabang ini memiliki fungsi mengambil aroma yang selanjutnya akan dihantarkan ke Jacobson yakni suatu reseptor sensorik khusus 

Itulah dia beberapa Fakta Menarik dan Unik dari Ular King Kobra. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.amongguru.com/15-fakta-unik-dan-menarik-tentang-ular-king-kobra 

Baca Juga ya


BAGIKAN
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar