Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional Part 2

16.43

Baca Juga

Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional Part 2 - Artikel kali ini adalah pembahasan lebih lanjut dari Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional, apabila sebelumnya belum membaca maka
Baca Juga : Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional
Namun jika sudah maka berikut adalah Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional Part 2. Terus baca sampai bawah karena dibawah terdapat kisi-kisi SKL UN 2016 BNSP sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional

Inilah Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional Part 2
source : kejarpaket


6. Belajar Bukan Sekedar Menghapal Namun Memahami 

Benar, fungsi yang utama mengapa harus belajar adalah untuk dapat memahami hal-hal yang baru. Boleh saja menghapal hingga 100% semua detail dari pelajaran, akan tetapi yang jauh lebih penting adalah apakah sudah mengerti dan paham betul dengan setiap materi yang telah dihapal sebelumnya. Jadi sebelum mulai menghapal, selalu berusaha untuk memahami terlebuh dahulu gambaran besar dari materi pelajarannya.

7. Ingat dan Hapalkan Keyword atau Kata-Kata Kunci

Terkadang, mau tidak mau materi pelajaran yang lumayan banyak harus dihapal satu persatu. Sebenarnya hal seperti ini dapat disiasati. Buatlah keyword atau kata-kata kunci dari setiap hapalan tersebut, agar mudah untuk diingat pada saat otak mencoba memanggilnya. Contohnya, keyword untuk nama-nama dari warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, yang artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
Baca Juga : 10 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Tertinggi

8. Kembangkan Setiap Materi Yang Telah dipelajari

Jika sebelumnya telah mengulang setiap materi dan juga telah menjawab semua soal latihan, jangan terburu-tuburu untuk segera menutup buku. Cobalah untuk berpikir kritis ala ilmuwan terdahulu. Buatlah beberapa buah pertanyaan yang sebelumnya tidak disertakan didalam soal latihan tersebut. Kemudian minta bantuan kepada guru untuk membatu menjawab dan menyelesaikannya. Jika masih saja belum puas, cobalah cari jawabannya di buku referensi yang lain atau disitus-situs pendidikan di internet. Cara belajar yang seperti ini mampu mengajak untuk dapat selalu berpikir ke depan dan juga berpikir kritis.

9. Melatih Sendiri Kemampuan dan Potensi Diri

Sebenarnya kemampuan otak seseorang dapat melatih sendiri oleh orang tersebut. Cobalah lihat pada setiap akhir dari bab pelajaran, pasti biasanya selalu diberikan beberapa soal latihan. Tanpa perlu menunggu perintah dari guru, cobalah untuk menjawab setiap pertanyaan itu dan kemudian periksa seberapa jauh kemampuan diri. Jika kunci jawaban tidak ada didalam buku, maka cobalah untuk bertanya pada guru.
Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Perlu

10. Selalu Sediakan Waktu Jeda Untuk Beristirahat

Belajar boleh semangat dan kencang, namun ingat untuk selalu beristirahat. Jika sedang berada di kelas, setiap ada jeda pelajaran maka pergunakan sebisa mungkin untuk melemaskan tubuh dan pikiran. Sedangkansetiap 30-45 menit waktu belajar di rumah sebisa mungkin selalu selingi dengan istirahat. Jika pikiran sudah mmulai terasa suntuk, percuma saja jika memaksakan diri. Setelah beristirahat, tubuh akan menjadi segar dan otak pun siap kembali untuk menerima materi baru.

Dan satu lagi, tujuan dari adanya ulangan dan juga ujian terutama ujian nasional adalah untuk mengukur sejauh mana kemampuan untuk dapat memahami materi pelajaran yang terdapat di sekolah. Selain dengan cara menjawab soal-soal latihan yang ada, juga terdapat cara yang lain untuk dapat mengetes apakah sudah benar-benar paham dengan suatu materi pelajaran atau belum. Cobalah untuk jelaskan setiap materi pelajaran yang telah dipelajari dengan kata-kata diri sendiri. Kalau mampu untuk menerangkan dengan jelas dan juga teratur, tidak perlu terlalu detail, cukup mudah dimengerti oleh orang lain saja.

Baca Juga : Tempat Kursus Online (Internasional) Gratis Untuk dirimu!

Yang terakhir sebelum artikel kali ini selesai adalah mulai persiapkan psikis atau mental diri, jika setiap materi telah dikuasai, namun tanpa didukung dengan adanya psikis atau mental yang baik maka hal tersebut akan dapat mengurangi rasa kesiapan diri dalam menghadapi ujian. Tak sedikit yang telah mengalami demam panggung seperti grogi, dan kurang PD atau percaya diri pada saat ujian, hal tersebut akan mengakibatkan konsentrasi menjadi terpecah dan materi pelajaran yang sebelumnya telah kuasa mendadak lupa pada saat ujian berlangsung. Anggap saja ujian tersebut seperti halnya ulangan harian, tak perlu takut, optimislah jika diri anda bisa.

Mudah-mudahan dengan adanya sedikit penjelasan tentang Cara Belajar Efektif Menghadapi Ujian Nasional ini dapat bermanfaat untuk semuanya. Sukses untuk yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional. Dan berikut ini adalah kisi-kisi SKL UN 2016 BNSP sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional 
Baca Juga : Kisi-kisi SKL UN 2016 Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Indonesia
Previous
Next Post »
0 Komentar